5 Khasiat Menakjubkan Echinacea untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Perubahan cuaca yang ekstrem dan tak menentu membuat tubuh mudah terserang penyakit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengambil manfaat echinacea, tanaman herbal yang bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh Anda.

Namun, sebelum mengetahui lebih jauh manfaat echinacea untuk kesehatan tubuh, ada baiknya Anda berkenalan dulu dengan tanaman herbal yang satu ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu echinacea?

Echinacea adalah sejenis tanaman berbunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Echinacea sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun spesies Echinacea angustifolia cenderung lebih cocok dimanfaatkan oleh manusia ketimbang jenis lainnya.

Hampir seluruh bagian tanaman echinacea bisa digunakan sebagai obat herbal, baik bagian bunga, daun, hingga akarnya. Umumnya, echinacea dimanfaatkan bentuk teh. Namun, ramuan bunga ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk herbal kering ataupun suplemen.

Berbagai manfaat echinacea untuk kesehatan

1. Mengobati flu

cara mencegah sakit flu saat puasa

Saat daya tahan tubuh menurun, Anda akan lebih mudah terserang flu. Namun jangan khawatir, masalah kesehatan yang satu ini bisa diatasi dengan minum ramuan herbal echinacea.

Salah satu manfaat echinacea yang paling utama adalah membantu menangkal flu dan pilek. Penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Connecticut School of Pharmacy mengungkapkan bahwa echinacea dapat menurunkan risiko flu dan pilek hingga 58 persen. Bahkan, echinacea juga dapat mengurangi durasi penyembuhan flu hingga satu setengah hari lebih cepat daripada tanaman obat lainnya. Kombinasi echinacea dan vitamin C diyakini dapat membantu menyembuhkan flu.

2. Memelihara daya tahan tubuh

Salah satu manfaat echinacea yang tak kalah penting adalah menjaga daya tahan tubuh tubuh tetap stabil.

Bunga echinacea mengandung campuran zat aktif yang dapat meningkatkan jumlah sel darah putih CD4. Banyaknya jumlah CD4 akan membuat tubuh lebih mudah melawan kuman dan infeksi penyakit. Selain itu, echinacea juga mengandung senyawa alkamida dan fenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengendalikan gula darah

baca hasil cek gula darah

Manfaat echinacea yang satu ini tak boleh dilewatkan oleh Anda yang memiliki masalah diabetes maupun prediabetes. Sebuah studi terbaru di tahun 2017 menunjukkan bahwa tanaman herbal echinacea dapat membantu mengendalikan gula darah.

Baik masalah gula darah tinggi maupun gula darah rendah, dua masalah tersebut sama-sama bisa dikendalikan oleh echinacea. Tapi ingat, hal ini tentu tidak bisa menggantikan terapi insulin atau pengobatan diabetes lainnya. Ramuan echinacea hanya bisa digunakan sebagai minuman herbal pendukung untuk membantu mengendalikan kadar gula darah.

4. Obat antiradang

penyakit rematik

Para ahli telah membuktikan secara klinis bahwa echinacea memiliki sifat antiradang yang baik untuk kesehatan. Karena itulah, echinacea dapat digunakan untuk mengobati rematik, bisul, penyakit Crohn, dan masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh peradangan.

Kalau Anda terkena radang tenggorokan, cobalah untuk minum vitamin yang mengandung echinacea secara rutin selama masa penyembuhan. Pasalnya, echinacea mengandung senyawa aktif biologis yang dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh akibat bakteri.

Hal ini dibuktikan oleh salah satu penelitian pada jurnal Phytomedicine tahun 2010 yang menemukan bahwa echinacea secara efektif dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pneumonia dan Steptococcus penyebab radang tenggorokan.

5. Mencegah penyebaran kanker

pemulihan kanker payudara setelah pengobatan kanker payudara

Seperti yang Anda ketahui, berbagai pengobatan kanker seperti kemoterapi biasanya menimbulkan efek samping yang cukup mengganggu pasien, seperti mual dan muntah. Kabar baiknya, efek samping kemoterapi tersebut bisa diredakan dengan echinacea.

Ini karena kandungan fitokimia pada echinacea berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel tumor jahat dan menghalangi penyebaran kanker dalam tubuh, seperti dilansir dari National Institutes of Health (NIH). Maka itu, echinacea termasuk suplemen yang baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita kanker.

Akan tetapi kembali lagi, tanaman herbal ini hanya bisa digunakan sebagai suplemen pendamping dan tidak bisa menggantikan pengobatan utama kanker.

Kini sudah banyak beredar di pasaran suplemen daya tahan tubuh yang mengandung kombinasi echinacea, vitamin C, dan ginseng yang baik untuk membantu memelihara daya tahan tubuh Anda. Untuk memberikan efek perlindungan ganda pada tubuh, pastikan bahwa Anda telah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting tubuh lainnya dengan asupan vitamin A, vitamin B, vitamin E, magnesium, mangan, dan zinc. Dengan demikian, Anda jadi tak mudah sakit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 20/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Cepat Meningkatkan Imunitas Anak Saat DBD

Orangtua perlu menerapkan beberapa cara untuk meningkatkan sistem imunitas anak saat DBD. Konsumsi jus buah ini membantu menguatkan daya tahan tubuh anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan Anak, Parenting 07/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Kapan Sakit Flu Harus Periksa ke Dokter?

Sakit flu bisa terjadi pada siapa saja. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, ada kalanya Anda harus segera ke dokter saat flu tidak kunjung sembuh.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Flu, Health Centers 04/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit kulit diabetes

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit
diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit
camilan untuk penderita diabetes

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . Waktu baca 3 menit