Apa yang Anda siapkan sebelum berhubungan seks? Tak cuma, teknik foreplay yang harus Anda siapkan, tapi juga makanan sebelum berhubungan. Lho, kok makanan? Ya, faktanya ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan performa Anda dan pasangan di ranjang. Tentu saja, hal ini akan membuat bercinta makin ‘panas’. Jadi, makanan apa saja yang termasuk ke dalam persiapan sebelum bercinta?

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum bercinta

Salah satu persiapan sebelum bercinta yang sebaiknya Anda perhatikan adalah makanan. Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum bercinta dengan pasangan. Apa saja?

1. Flax seed

Biji rami

Flax seed atau biji rami merupaka salah satu makanan super yang kaya antioksidan. Selain itu, biji rami juga mampu meningkatkan aliran darah ke organ seksual karena mengandung L-arginin sehingga menjaga sperma tetap sehat.

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan  juga meningkatkan libido Anda. Untuk itu, sebelum bercinta ada baiknya untuk mengonsumsi biji rami yang bisa dikombinasikan baik dengan oatmeal, smoothie, maupun salad.

2. Tiram

Sumber: Men’s Health

Makanan laut yang satu ini kaya akan zink, yakni mineral utama yang berperan dalam proses pematangan seksual. Zink membantu tubuh untuk menghasilkan testosteron yang sangat berguna untuk meningkatkan hasrat seksual.

Selain itu, zink juga membantu mengubah hormon tiroid untuk dijadikan sebagai energi. Zink juga sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sperma dan memperlancar aliran darah, sehingga memungkinkan Anda untuk orgasme hebat saat berhubungan.

Cobalah untuk mencukupi kebutuhan zink harian Anda dengan mengonsumsi tiram sebelum bercinta dengan pasangan.

3. Biji labu

Sumber: Healthline

Biji labu dikenal akan kandungan antioksidan dan antihipertensi yang sangat baik untuk kesehatan organ seksual Anda.

Selain itu, biji labu juga kaya akan zat besi untuk membuat Anda jauh lebih bersemangat, zink yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita dan prostat. Tambahkan biji labu dalam sajian favorit Anda seperti yoghurt atau smoothie.

4. Alpukat

manfaat minyak alpukat untuk kulit

Alpukat termasuk salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan buah zakar. Buah ini kaya akan vitamin E yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan di dalam vitamin E mampu memperlebar pembuluh darah dan berpotensi menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kandungan vitamin E di dalam alpukat juga membantu mengurangi kerusakan DNA pada sperma sehingga menunjang produksi sperma yang sehat dan sempurna.

Alpukat juga mengandung kalium yang dapat meningkatkan gairah dan energi Anda saat berhubungan seksual. Usahakan untuk mengonsumsi alpukat dalam keadaan mentah seperti dibuat es alpukat dengan tambahan dark chocolate yang dicairkan.

5. Biji delima

biji delima
Sumber: Longevitylive

Biji delima kaya akan polifenol, yaitu senyawa yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan juga stroke. Selain itu, polifenol membantu meningkatkan suasana hati Anda sebelum bercinta yang akan membuat seks menjadi lebih menyenangkan.

Kandungan flavon di dalam biji delima juga sangat baik untuk kesehatan ereksi pada pria. Sebelum memulai kegiatan seksual bersama pasangan, cobalah untuk membuat jus delima sebagai minuman persiapan sebelum bercinta.

Pasalnya, dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan jus delima juga dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi.

Sebaliknya, hindari makanan ini sebelum bercinta

1. Daging merah

penyebab pria tidak subur

Meskipun daging merah mengandung protein dan zink, tetapi kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya jauh lebih tinggi.  Lemak jenuh yang terdapat di dalam daging merah dapat menaikkan kadar kolesterol buruk, yang bisa menurunkan gairah seksual baik pada pria maupun wanita.

Selain itu, tingginya kolesterol buruk pada darah lama-lama dapat menghambat sirkulasi darah hingga menurunkan fungsi seksual seseorang. Apalagi, seseorang yang mengonsumsi daging merah biasanya tubuhnya lebih mudah mengeluarkan bau tidak sedap dibandingkan dengan mereka yang tidak.

2. Makanan kalengan

minuman kaleng

Makanan kalengan dikemas dalam wadah yang mengandung BPA. BPA merupakan bahan kimia yang  biasanya terdapat di dalam kaleng atau botol plastik dan bisa ikut masuk ke dalam tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam Human Reproduction, laki-laki yang terpapar BPA mengalami dorongan seksual yang lebih rendah. Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan segar yang dimasak langsung sehingga tidak terpapar BPA.

3. Produk susu

berhenti minum susu

Produk susu umumnya mengandung xenoestrogen, yakni sejenis estrogen yang dapat mengacaukan produksi hormon alami tubuh Anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives, efek dari xenoestrogen tambahan yang didapat dari susu dapat menurunkan kesuburan dan juga gairah seksual Anda. Untuk itu jika ingin tetap mengonsumsinya, carilah produk susu organik yang berasal dari sapi yang tidak disuntikkan hormon.

 4. Kacang kedelai

kacang kedelai

Meskipun secara garis besar kacang kedelai merupakan salah satu makanan yang menyehatkan, tetapi sebaiknya tidak Anda konsumsi sebelum berhubungan seksual.

Hal ini dikarenakan para peneliti di University Hospital of Wales menemukan fakta bahwa mengonsumsi kedelai dapat menurunkan kadar testosteron yang bisa mengurangi gairah seksual baik pada pria maupun wanita.

 5. Soda dan alkohol

remaja minum soda

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Urology menyatakan bahwa sirup jagung fruktosa tinggi yang terdapat di dalam soda meningkatkan risiko disfungsi ereksi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol hingga bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam the Indian Journal of Psychological Medicine juga menyatakan bahwa konsumsi alkohol berlebih bisa mengurangi hasrat dan kepekaan seksual.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca