Ternyata Orang yang Indra Penciumannya Peka Seksnya Lebih Memuaskan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/08/2018 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Memiliki indra penciuman atau hidung yang peka tentu sangat menguntungkan. Anda bisa mencium berbagai aroma masakan, wangi bunga, dan segala macam jenis wewangian lainnya. Nah, penelitian membuktikan bahwa orang dengan indra penciuman yang baik juga ternyata punya kehidupan seks yang lebih panas dan tentu saja lebih nikmat.

Apa hubungannya indra penciuman dan seks?

manfaat bercinta

Penelitian dalam Archives of Sexual Behavior menyatakan bahwa orang yang memiliki indra penciuman yang tajam lebih menikmati seks ketimbang mereka yang indra penciumannya bermasalah. Hal ini terutama berlaku bagi wanita. Penelitian ini menemukan bahwa wanita dengan indra penciuman yang baik rupanya lebih sering orgasme selama berhubungan seksual.

Para ahli memberikan Sniffin’ Sticks (alat untuk mengecek kepekaan hidung dalam membau) kepada 42 wanita dan 28 pria berusia 18-36 tahun. Alat ini diberikan untuk menilai indra penciuman 70 orang tersebut. Setelah diuji, peneliti mengajukan berbagai pertanyaan tentang kehidupan seks mereka seperti gairah, seberapa sering berhubungan intim dan mencapai orgasme, serta kepuasan mereka ketika berhubungan intim.

Dari hasil survei, peneliti menemukan fakta bahwa orang dengan hidung yang peka punya tingkat kepuasan seks yang lebih tinggi. Kemudian para peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan untuk mencium aroma tubuh, cairan vagina, air mani, dan juga keringat mampu memengaruhi hasrat seksual seseorang.

Ya, Anda tidak hanya terangsang lewat sentuhan saja. Indra selain peraba, misalnya indra penciuman dan penglihatan ternyata juga bisa menentukan seberapa memuaskan dan nikmat seks Anda.

petting adalah seks tanpa buka baju

Melalui hormon, aroma tubuh pasangan dapat membangkitkan gairah seksual. Oleh karena itulah para peneliti berkesimpulan bahwa orang yang hidungnya peka menerima rangsangan tambahan melalui bau yang khas, sehingga seks jadi terasa lebih panas dan enak.

Sayangnya, penelitian ini hanya melibatkan sedikit orang dan terlalu mengesampingkan faktor-faktor lain seperti adanya gangguan pernapasan, kecemasan, dan kondisi medis lainnya. Karena itu, masih diperlukan penelitian lebih dalam dengan cakupan yang lebih luas untuk membuktikan bahwa orang yang hidungnya peka punya kehidupan seks yang lebih memuaskan.

Bagaimana caranya agar seks lebih menggairahkan?

Terlepas dari seberapa peka hiduna Anda dalam membaui, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat kehidupan seks lebih menyenangkan dan menggairahkan.

1. Coba posisi seks yang berbeda

lumpuh layu dan seks

Jika Anda dan pasangan bercinta dengan posisi yang itu-itu saja, tandanya sekarang Anda perlu keluar dari zona nyaman tersebut. Anda bisa mencoba berbagai posisi seks baru yang lebih menantang. Selain menambah nafsu, cara ini juga mampu mengatasi berbagai masalah yang biasanya Anda hadapi seperti sulit mencapai orgasme karena kurang terstimulasi.

2. Berbagi fantasi seks

jenis fantasi seksual

Jangan takut dan malu untuk saling menceritakan fantasi seks masing-masing. Anda dan pasangan justru bisa saling mewujudkan fantasi yang selama ini hanya dibayangkan dalam angan-angan. Dengan begitu, seks bukan menjadi hal yang monoton. Mewujudkan fantasi seks dengan bermain peran, misalnya, akan memberikan angin segar untuk kehidupan seks Anda.

3. Cari tahu keinginan masing-masing

berhubungan seks

Terkadang, Anda hanya melakukan apa yang Anda inginkan tanpa membicarakannya terlebih dahulu pada pasangan; apakah ia menyukainya atau tidak. Padahal, penting untuk menanyakan pada pasangan apa yang ia sukai dan paling membuatnya mengerang nikmat.

Dengan begitu, tak hanya Anda yang menikmatinya tetapi pasangan Anda juga menikmati hal yang sama. Mulai sekarang, cobalah saling berdiskusi apa saja yang diinginkan saat bercinta.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Penelitian menemukan bahwa ubungan seks secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga membantu mencegah pikun. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 15/04/2020 . 5 menit baca

Rahasia Agar Bercinta Semakin Panas dengan Memakai Kondom

Bercinta dengan menggunakan kondom bersama pasangan dapat lebih bergairah. Selain pemilihan kondom, posisi seks juga membangun suasana lebih bergairah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Seks & Asmara 20/03/2020 . 4 menit baca

Jenis Pekerjaan Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Anda tidak lagi bergairah saat melakukan hubungan seksual? Mungkin pekerjaan jadi faktornya. Berikut ini pekerjaan yang bisa menurunkan gairah seksual.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 10/03/2020 . 3 menit baca

Posisi Seks di Kamar Mandi yang Aman Tanpa Takut Terpeleset

Berhubungan seksual tidak hanya di atas ranjang, tapi bisa juga di kamar mandi. Ini posisi seks di kamar mandi yang aman tanpa takut terpeleset.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21/02/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

Perubahan gairah seksual pasangan paruh baya

4 Perubahan Gairah Seksual yang Terjadi di Usia Paruh Baya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . 4 menit baca
air mani keluar saat puasa

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020 . 5 menit baca
pria mendeteksi wanita terangsang

Studi: Pria Dapat Mendeteksi Wanita yang Sedang Terangsang Lewat Bau

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/05/2020 . 4 menit baca
efek samping pakai vibrator terlalu sering

Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . 4 menit baca