Bahaya Onani Jika Dilakukan Sembarangan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/01/2018
Bagikan sekarang

Jika ada satu aktivitas yang paling dikuasai oleh pria, sepertinya sebagian besar mungkin akan menjawab onani alias masturbasi. Setelah bertahun-tahun, Anda kira Anda telah ahli mengenai aktivitas tersebut, tapi ternyata Anda masih mungkin berpotensi mengalami beberapa bahaya onani seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Apa itu onani?

Onani adalah cara yang dilakukan pria kepada dirinya sendiri untuk mencapai kenikmatan seksual alias titik klimaks, atau disebut juga dengan orgasme. Aktivitas yang dilakukan saat onani umumnya bervariasi, mulai dari menyentuh, mengelus, hingga memijat organ genital.

Dalam suatu studi di Amerika, 95 persen laki-laki mengungkapkan bahwa mereka pernah melakukan onani. Sejatinya, onani adalah pengalaman aktivitas seksual pertama yang dimiliki oleh sebagian besar pria. Onani juga sering kali dijadikan pelampiasan hasrat seksual, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pasangan untuk melakukan aktivitas seksual.

Apa bahaya onani jika tidak dilakukan dengan benar?

Onani sebenarnya merupakan hal yang positif. Dengan melakukan onani, Anda juga dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual Anda dengan pasangan karena Anda telah terlebih dahulu mengeksplorasi tubuh Anda. Namun dengan teknik yang salah, atau jika dilakukan berlebihan, onani ternyata bisa menjadi membahayakan. Apa saja bahaya onani yang mungkin terjadi?

1. Kanker prostat

Penelitian Polyxeni Dimitropoulou dilakukan kepada 431 pria pengidap kanker prostat, dan 409 pria tanpa kanker. Hasilnya mengungkapkan bahwa 34 persen pria yang positif kanker prostat mengaku telah melakukan onani secara aktif sejak usia 20-an. Bahkan, 39 persen dari para pria tersebut memiliki 6 hingga lebih pasangan wanita selama hidupnya.

Dimitro juga menambahkan bahwa hormon memegang peranan penting dalam perkembangan kanker prostat. Untungnya kanker prostat masih mungkin ditangani dengan pemberian terapi guna mengurangi kadar hormon tersebut.

2. Penis terluka

Meskipun onani tidak akan menimbulkan penyakit kelamin, namun onani yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit di bagian penis. Hal ini didukung oleh pernyataan dokter Barbara Bartlik, seorang sex therapist yang mengatakan bahwa banyak kliennya yang akhirnya harus buang air kecil dengan posisi duduk dikarenakan penisnya yang mengalami iritasi selama onani.

Penis patah jarang, namun juga mungkin terjadi saat penis yang tengah ereksi membentur obyek keras selama onani hingga menyebabkan iritasi pada kulit. Begitu pula dengan memaksakan membelokkan penis yang tengah ereksi saat onani, dapat menyebabkan luka yang berdarah dan berpotensi memicu patahnya penis.

3. Disfungsi seksual

Melakukan onani dengan posisi maupun gerakan yang berlebihan dapat memicu sulitnya mencapai klimaks saat berhubungan intim bersama pasangan. Dokter Michael A. Perelmen menyarankan untuk para pria yang mengalami ini mengevaluasi dirinya sendiri, apakah stimulasi yang ia lakukan saat onani sama dengan yang pasangannya lakukan, karena kemungkinan itulah penyebab mengapa ia mengalami ia mengalami disfungsi seksual dengan kesulitan mencapai klimaks.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

minyak esensial untuk meredakan stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020