Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Persiapan yang Perlu Dilakukan Pengantin Pria Sebelum Malam Pertama

    Persiapan yang Perlu Dilakukan Pengantin Pria Sebelum Malam Pertama

    Saat membahas malam pertama setelah menikah, persiapan untuk pengantin pria jarang dibahas. Padahal, mempelai pria juga perlu mempersiapkan kondisi fisik dan mental sebelum menjalani malam tak terlupakan tersebut. Yuk, simak apa saja yang harus dilakukan pria menghadapi malam pertama di bawah ini.

    Persiapan fisik dan mental pengantin pria sebelum malam pertama

    Bicara soal malam pertama setelah menjadi pasangan suami istri, Anda mungkin akan merasa tegang ataupun gugup.

    Namun, sebagai pengantin pria, Anda bisa mengatasi perasaan tersebut dengan melakukan serangkaian persiapan yang bisa dilakukan sejak jauh-jauh hari. Berikut persiapan yang bisa Anda pertimbangkan.

    1. Mengonsumsi makanan yang sehat

    makanan kaya serat untuk pencernaan

    Sebelum menghadapi malam pertama tak terlupakan, pengantin pria disarankan mengonsumsi makanan bergizi sejak jauh-jauh hari.

    Buah, sayuran, biji-bijian, dan ikan disebut dapat mengurangi kemungkinan disfungsi seksual. Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah serta biji-bijian olahan.

    Harvard Health Publishing pun menyebutkan bahwa pengantin pria perlu memenuhi asupan vitamin D mereka yang bisa ditemukan dalam susu atau yogurt, telur, keju, hingga tuna.

    2. Melakukan perawatan diri

    perawatan kulit untuk pria

    Pria yang biasanya acuh tak acuh soal kebersihan, sepertinya wajib menerapkan kebersihan diri sebelum menikah. Tak mau kan, pasangan tidak bergairah karena Anda tak membersihkan diri?

    Tak hanya itu, rasanya tidak adil jika pengantin wanita bersusah payah memberikan penampilan tubuhnya yang terbaik saat malam pertama, sedangkan pengantin pria hanya “seadanya”?

    Bila perlu, Anda lakukan lulur atau perawatan pranikah di salon untuk membersihkan bagian yang Anda rasa sekiranya kurang bersih selama ini.

    3. Melakukan olahraga rutin

    suplemen vitalitas pria

    Selain makan makanan bergizi, pengantin pria juga perlu melakukan olahraga rutin, jauh-jauh hari sebelum malam pertama tiba.

    Paling tidak lakukan jalan kaki selama 30 menit per hari. Pasalnya, kebiasaan baik tersebut bisa menurunkan risiko disfungsi ereksi hingga 41% persen.

    Dengan olahraga rutin, Anda juga bisa menurunkan berat badan hingga terhindar dari risiko gangguan ereksi di kemudian hari.

    Tak hanya itu, kekuatan pinggang dan panggul Anda juga harus terlatih. Oleh karena itu, lakukan olahraga ringan agar stamina terjaga, seperti bersepeda atau berenang.

    4. Membersihkan penis

    ereksi

    Berbeda dengan merawat diri, seperti poin yang telah disebutkan di atas. Penis pada dasarnya butuh perlakuan khusus agar bersih dan siap untuk menghadapi malam pertama.

    Dikutip dari situs layanan kesehatan masyarakat Britania Raya atau National Health Service, berikut ini adalah cara membersihkan penis dengan benar.

    • Cuci penis secara lembut dengan air hangat setiap hari ketika Anda mandi atau berendam.
    • Jika Anda memiliki kulup, tarik kulup Anda ke belakang dengan lembut dan cuci bagian bawahnya.
    • Jangan lupa membersihkan pangkal penis dan buah zakar untuk menyingkirkan bau tak sedap akibat rambut kemaluan.

    Pengantin pria juga bisa berdiskusi bersama pasangan, penampilan apa yang mereka inginkan saat malam pertama.

    Bercukurlah dengan cukuran manual, hindari cukuran elektrik karena area genital Anda memiliki kulit yang lebih tipis dan rawan terluka.

    5. Jangan terpengaruh film

    Seks di bath tub

    Turunkan ekspektasi malam pertama Anda menjadi lebih realistis. Ekspektasi yang dimaksud adalah harapan malam pertama berjalan mulus seperti di film-film.

    Mungkin anda berharap penetrasi penis Anda dengan vagina pasangan akan masuk dengan mulus pada saat pertama kali masuk.

    Ekspektasi Anda tersebut memang mungkin saja terjadi, tetapi jarang. Pengantin pria terkadang perlu mencoba penetrasi beberapa kali sampai merasa nyaman pada malam pertama.

    6. Ingatlah bahwa orgasme dan kepuasan bukan tujuan utama malam pertama

    Perubahan badan setelah berhubungan seksual

    Biasanya banyak orang memaknai tujuan malam pertama sebagai waktunya mencapai puncak kenikmatan orgasme dan rasa nikmat berhubungan seksual.

    Hal itu tidak sepenuhnya benar sebab aktivitas seks yang sehat dan ideal seharusnya membawa dampak psikis yang baik bagi pasangan.

    Dampak tersebut guna mencapai berbagai keuntungan psikis Anda dan pasangan, seperti:

    • ikatan batin,
    • rasa cinta dan sayang antar kedua insan manusia,
    • saling menghargai dan menghormati pasangan,
    • serta sebagai tanda bahwa pasangan saling memiliki baik secara jiwa maupun raga.

    Soal orgasme pada malam pertama, itu merupakan nilai tambah tersendiri saja bagi pengantin pria dan wanita yang berhasil melakukannya.


    Punya pertanyaan atau cerita kehamilan?

    Yuk, gabung komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan dapatkan info menarik seputar kehamilan.


    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Berapa lama siklus haid Anda?

    (hari)

    28

    Berapa lama Anda haid?

    (hari)

    7

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    How to keep a penis clean. (2018). Retrieved 17 June 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/sexual-health/how-to-keep-a-penis-clean/

    Oral Sex & You: What you need to know to prevent sexually transmitted infections (STIs) » Student Health Care Center » College of Medicine » University of Florida. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://shcc.ufl.edu/services/primary-care/sexual-health/oral-sex/

    Erectile dysfunction – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/erectile-dysfunction/diagnosis-treatment/drc-20355782

    7 Simple Ways for Men Over 50 to Improve Their Sex Life. (2019). Retrieved 17 June 2021, from https://health.clevelandclinic.org/7-simple-ways-to-improve-your-sex-life/

    All-natural tips to improve your sex life – Harvard Health. (2017). Retrieved 17 June 2021, from https://www.health.harvard.edu/mens-health/all-natural-tips-to-improve-your-sex-life

    Orgasms. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/sex-pleasure-and-sexual-dysfunction/sex-and-pleasure/orgasms

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui Jul 10, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
    Next article: