4 Posisi Berhubungan Intim Bagi Anda yang Gugup Berhubungan Seks

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Entah itu karena kalut dihantui stres rutinitas harian atau gugup karena ini malam pertama Anda, seks bisa bikin gugup dan cemas — apakah performa ranjang saya cukup baik untuk memuaskan pasangan? Apakah saya akan bisa orgasme nanti? Apakah akan terasa sakit? Apakah ia menyukai bentuk tubuh saya? Apa jemuran sudah diangkat? Dan seterusnya.

Kecemasan adalah hal yang wajar, dan rasa cemas untuk berhubungan seks bisa menghampiri siapa saja — tak peduli usia dan riwayat pengalaman seksual Anda. Untungnya, ada banyak pilihan untuk mengatasi kecemasan seksual. Misalnya dengan mencoba variasi posisi berhubungan intim yang paling nyaman untuk Anda dan pasangan, guna membantu mengurangi kegugupan yang Anda alami saat berhubungan seks.

Posisi berhubungan intim yang ampuh menghilangkan stres dan rasa cemas

1. Masturbasi bersama

Masturbasi bersama adalah posisi berhubungan intim bebas stres yang mudah dan menyenangkan. Masturbasi sering kali dinomorsekiankan sebagai posisi berhubungan intim, mungkin karena banyak orang tidak menganggap aktivitas tersebut sebagai seks ‘nyata’ kecuali ada penetrasi yang terlibat. Padahal, masturbasi bersama adalah cara yang bagus untuk belajar tentang hasrat dan kesenangan masing-masing sekaligus menikmati orgasme yang memuaskan.

Karena Anda masing-masing “mengurus” diri Anda sendiri, tidak akan ada tekanan untuk tampil sempurna. “Masturbasi bersama dapat digunakan sebagai foreplay maupun menu utama,” kata dr. Martha Tara Lee, seksologis klinis yang praktek di Eros Coaching.

“Posisi ini bisa sangat membantu dalam situasi di mana para kedua belah pihak tidak merasa siap, mampu secara fisik, bebas secara sosial, atau bersedia terlibat dalam tindakan seks penetratif vaginal atau seks penetratif lainnya tertentu, namun tetap ingin terlibat dalam kegiatan seksual bersama-sama.”

2. Misionaris

Misionaris adalah posisi berhubungan intim yang paling umum dan klasik. Posisi ini memungkinkan Anda dan pasangan saling bertatapan sehingga membantu Anda lebih menikmati momen, yang bisa membantu meluruhkan kecemasan seputar seks itu sendiri.

3. Spooning

Bayak orang yang merasa kontak mata saat seks, terutama untuk pertama kalinya, sebagai hal yang membebani pikiran. Jika Anda merasa demikian, posisi spooning adalah pilihan posisi berhubungan intim paling pas bagi mereka yang menikmati seks yang santai, lambat, dan lebih intim. Spooning adalah posisi seks yang mengharuskan Anda dan pasangan berbaring berdampingan menghadap ke arah yang sama. Pada umumnya pria akan “masuk dari belakang” sambil mendekap pasangannya ketika melakukan penetrasi.

4. Woman on Top

Jika pasangan perempuan Anda merasa cemas karena ia memiliki kontrol yang terbatas di atas ranjang, cobalah untuk bertukar posisi sehingga ia berada di atas dan Anda (pria) yang di bawah. Dengan cara ini, pasangan Anda dapat mengatur kecepatan dan ritme sesuai keinginannya sendiri tanpa takut diburu waktu.

Tips mengatasi kecemasan saat berhubungan intim

Selain bereksperimen dengan posisi berhubungan intim, cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa cemas saat berhubungan seks adalah dengan menyingkirkan apa yang menjadi sebab musabab dari kekalutan Anda. Tapi cara ini tak selalu efektif untuk semua orang di setiap waktu. Untungnya, Anda masih bisa memiliki pengalaman seksual yang menyenangkan ketika dihantui stres. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

1. Tarik dan buang napas dalam-dalam

Sebelum masuk ke dalam posisi berhubungan intim, ada baiknya untuk Anda mempraktekkan teknik pernapasan khusus untuk membantu Anda supaya lebih santai. Rebahan telentang dengan kedua lutut menekuk dan telapak kaki mantap menapak permukaan. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung, dan buang lewat mulut sambil Anda berusaha membuang jauh-jauh semua pemikiran negatif. Kemudian taruh satu tangan di atas perut dan fokuskan perhatian pada naik-turunnya perut saat bernapas. Dan jika pikiran Anda terganggu selama seks, kembalikan fokus pada momen saat itu dengan bernapas dalam-dalam lewat diafragma.

Teknik pernapasan yang tepat dapat sangat membantu Anda menuju orgasme yang memuaskan, ungkap edukator seks Yvonne Fulbright PhD, dikutip dari Women’s Health. Pernapasan yang baik memperlancar sirkulasi darah yang mendorong peningkatan respon dan sendasi seksual.

2. Habiskan waktu babak pertama dengan foreplay

Seks cepat menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk berhubungan intim saat sedang stres, tapi ini mungkin tidak akan berujung pada pengalaman seks yang memuaskan. Sebaliknya, kepuasan seksual saat sedang stres bisa Anda raih dengan mengutamakan sesi bercumbu (foreplay), misalnya berpelukan dan berciuman, mandi bersama, atau pijat romantis sebelum berlanjut ke seks penetratif. Mengutamakan foreplay sebagai hidangan utama dari aktivitas seksual Anda juga bisa menjadi gerbang melepas stres yang sangat efektif untuk Anda berdua.

3. Jangan mengejar orgasme

Adalah hal yang mustahil untuk benar-benar mengosongkan pikiran selama berhubungan intim, tapi Anda dapat melatih diri sendiri untuk memusatkan perhatian pada sensasi yang Anda rasakan dari seluruh panca indera Anda daripada mengisi pikiran dengan bagaimana caranya untuk berorgasme atau memikirkan daftar belanja bulanan besok. Penelitian menunjukkan bahwa memusatkan perhatian pada apa yang Anda nikmati di momen itu bisa membangkitkan dan menjaga gairah seksual Anda.

4. Gunakan pelumas seks

Rasa cemas berlebihan di ranjang bisa berakibat pada vagina kering, bahkan jika pikiran Anda sedang benar-benar bergairah. Ini karena otak kesulitan mengirimkan sinyal yang tepat ke daerah intim Anda. Tapi Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pelumas seks begitu Anda akan mulai beraksi, supaya Anda tidak keburu ilfeel dengan sensasi kesat yang tidak nyaman di bawah sana.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca