Tips Memilih Sampo Terbaik untuk Penderita Psoriasis, Berdasarkan Kandungan Bahan Aktifnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Gejala kulit kering gatal kemerahan yang terasa sakit khas psoriasis biasanya timbul pada bagian luar siku dan lutut, namun juga sering terjadi pada kulit kepala. Ruam psoriasis juga bisa disertai sisik keperakan yang terasa panas dan bisa terkelupas bahkan hingga berdarah. Psoriasis tidak bisa disembuhkan, namun Anda bisa mengendalikan gejalanya dengan berbagai pengobatan. Salah satunya dengan memakai sampo untuk psoriasis yang khusus terjadi di kulit kepala. Namun Anda juga harus memperhatikan kandungannya. 

Tips memilih sampo untuk psoriasis berdasarkan kandungannya

Umumnya, ada tiga bahan aktif yang umum terkandung pada sampo untuk psoriasis, antara lain:

1. Asam salisilat

Sampo untuk psoriasis yang mengandung asam salisilat dapat membantu mangobati psoriasis di kulit kepala dengan mengurangi penebalan sel kulit mati. Asam salisilat bekerja melunakkan plak psoriasis sehingga kulit mati mudah lepas dari kulit kepala.

Cara penggunaan sampo asam salisilat ini sama dengan menggunakan sampo biasa, tapi gunakan setidaknya dua kali seminggu atau ikuti saran dari dokter Anda. Jangan terlalu sering dan terlalu lama memakai sampo jenis ini karena berisiko mengiritasi kulit, menyebabkan mual, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin menggunakan sampo asam salisilat untuk mengobati psoriasis.

Hindari sampo ini masuk ke mulut, mata, atau hidung Anda. Serta jangan menggunakannya jika Anda memiliki luka basah di kulit kepala.

Beberapa sampo asam salisilat juga mengandung belerang, yang bisa menghentikan pertumbuhan jamur. Jika Anda juga memiliki infeksi jamur di kulit kepala Anda, sampo jenis ini mungkin tepat untuk Anda. Anda mungkin perlu menggunakannya sekali atau dua kali seminggu setelah infeksi hilang untuk menjaga kulit kepala tetap sehat.

2. Tar batubara

Tar batubara atau coal tar telah digunakan untuk mengobati psoriasis selama lebih dari 100 tahun. Sampo untuk psoriasis yang mengandung tar batubara ini berisi senyawa yang membantu mengurangi perkembangan sel-sel kulit yang berlebihan.

Sampo tar batubara juga dapat mengurangi gejala psoriasis di kulit kepala, seperti penebalan di kulit kepala yang gatal dan nyeri. Serta membuat kulit kepala Anda terlihat baik secara keseluruhan.

Untuk menggunakan sampo jenis ini, pijat ke kulit kepala Anda, biarkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas.

Sampo dengan tar batubara dapat membuat kulit kepala Anda lebih peka terhadap sinar matahari. Oleh karena itu lindungi kepala Anda dengan topi atau tetap di tempat teduh jika Anda berada di luar. Karena tar dapat bertahan di kulit Anda selama 24 jam atau lebih.

Jika Anda memiliki rambut pirang atau berwarna terang lainnya, sampo dengan tar batubara bisa membuat rambut Anda berwarna gelap. Perawatan dengan tar batubara juga bisa menyisakan noda di pakaian atau kulit Anda.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai aroma dari sampo tar batubara. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner biasa setelah mencuci rambut dengan sampo tar batubara, agar rambut Anda harum dan tetap berkilau.

3. Sampo steroid

Sampo untuk psoriasis yang mengandung steroid hanya bisa didapat lewat resep dokter. Sampo dengan steroid biasanya hanya digunakan beberapa minggu untuk kondisi psoriasis yang radang dan kemerahan. Setelah itu, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda beralih ke sampo tar batubara.

Sampo dengan steroid digunakan dengan menuangkan sampo pada rambut tanpa dibasahi terlebih dulu. Biarkan rambut Anda tetap kering saat menggunakannya. Kemudian diamkan selama 15 menit, dan basahi rambut Anda lalu bilas.

Pastikan untuk menjauhkannya dari wajah dan telinga Anda, karena kulit pada area itu lebih tipis. Penting juga untuk mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan sampo ini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca