Whey vs Soy: Sumber Protein Mana yang Lebih Ampuh untuk Membentuk Otot?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Makanan berprotein tinggi sering menjadi rekomendasi asupan utama bagi orang-orang yang ingin membentuk otot, bahkan hingga disarankan menggunakan suplemen protein. Kebanyakan suplemen protein diperkaya oleh dua jenis protein, yaitu soy dan whey. Keduanya sama-sama dibutuhkan tubuh, tapi manakah yang lebih baik untuk membentuk otot: protein whey atau soy?

Apa bedanya protein whey dan protein soy?

Sebenarnya, kedua jenis protein ini memiliki fungsi yang sama di dalam tubuh: untuk membangun dan membentuk jaringan, termasuk jaringan otot. Namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda di dalam tubuh.

Protein whey adalah protein yang didapatkan dari sumber makanan hewani dan banyak ditemukan pada susu serta produknya. Sementara protein soy ditemukan di dalam makanan nabati, seperti kacang-kacangan.

Karena didapatkan dari sumber yang berbeda, tentu bentuk protein whey dengan protein soy akan berbeda. Hal ini juga menyebabkan keduanya diserap dengan cara yang berbeda pula. Whey cenderung lebih mudah diserap dengan baik oleh tubuh ketimbang soy.

Protein whey atau protein soy, mana yang lebih baik untuk membentuk otot?

Sampai saat ini banyak yang menyatakan bahwa protein whey jauh lebih ampuh untuk membuat otot Anda terbentuk. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Journal of the American College of Nutrition menyatakan bahwa whey memiliki rangkaian asam amino yang lengkap dan baik untuk membentuk otot.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga diketahui jika whey dapat menurunkan kadar kortisol yang dapat menurunkan massa otot. Sehingga sangat tepat jika Anda mengonsumsi protein jenis ini jika sedang berencana membesarkan otot.

Namun beberapa penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyatakan bahwa manfaat protein soy terhadap pembentukkan otot tidak bisa diremehkan. Meski protein soy tidak memiliki rantai asam amino yang sempurna seperti protein whey, tetapi di dalam protein soy terdapat asam amino arginin dan glutamine.

Arginin merupakan asam amino yang berperan penting dalam membentuk jaringan otot. Begitu juga dengan glutamine yang dapat menurunkan kadar stres pada otot ketika melakukan olahraga – sehingga otot yang terbentuk lebih maksimal.

steroid untuk membesarkan otot

Apa yang harus saya pilih, protein whey ataukah soy?

Walau memang whey lebih terbukti lebih efektif untuk membuat otot Anda besar dan terbentuk, tetapi bukan berarti Anda bisa menghiraukan manfaat dari protein soy. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda dapat menggabungkan keduanya, yaitu mengonsumsi protein soy maupun whey.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen protein, Anda dapat memilih suplemen yang mengandung whey lebih banyak. Sementara, protein soy bisa Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi.

Tetapi ingat, mengonsumsi protein dalam jumlah banyak bukan lah kunci untuk mendapatkan bentuk otot yang Anda inginkan. Hal ini harus diiringi dengan latihan fisik yang rutin dan keras. Bila latihan fisik yang Anda lakukan tidak sebanding dengan protein yang Anda konsumsi, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan bentuk otot yang ideal.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Flat Foot (Telapak Kaki Datar)

Normalnya, bagian tengah telapak kaki akan berlekuk. Namun, orang-orang penderita flat feet memiliki telapak kaki datar. Apa efeknya pada kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Fakta Menarik Seputar Sarapan Bubur Ayam

Sarapan bubur ayam ternyata rendah kalori, namun bikin Anda cepat lapar lagi. Yuk, perhatikan beragam fakta lainnya soal bubur bagi kesehatan berikut ini.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Sebentar marah, sebentar bahagia. Wanita mana yang tidak familiar dengan gejala PMS yang satu ini. Simak cara mengatasi mood swing saat menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Hidup Sehat, Tips Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cepat turun berat badan pagi hari

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Turun Berat Badan

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
berapa banyak makan nasi saat sarapan

Seberapa Banyak Harusnya Porsi Makan Nasi Saat Sarapan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
krim perontok bulu

Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
tekanan darah normal berdasarkan usiaasarkan usia

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit