4 Kandungan Nutrisi Susu Organik yang Penting untuk AnakIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Zaman sekarang, varian susu sudah sangat banyak dan orangtua dapat memilihnya berdasarkan selera dan kebutuhan. Nah, dari sekian banyak jenis susu, terdapat susu organik yang dihasilkan dari sapi yang organik pula. Dari segi rasa dan nutrisi, apakah susu organik memiliki manfaat yang lebih untuk anak?

Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak ulasan berikut ini.

Kandungan nutrisi pada susu organik

Susu Alternatif Bagi Anak Yang Alergi Susu Sapi

Susu organik dipercaya lebih menyehatkan dibandingkan susu biasa. Kenapa begitu? Sapi perah yang menghasilkan susu ini ternyata diberi makan dengan standar yang cukup tinggi di peternakan organik. Sapi-sapi di peternakan organik diberi makan dengan rumput organik yang tumbuh di padang rumput bebas pestisida. Susu dari peternakan organik juga diperah dari sapi yang tidak disuntik hormon pertumbuhan dan tidak diberikan antiobiotik.

Jika perawatannya sedemikian rinci, apakah nutrisi yang dihasilkan oleh susu organik memiliki keistimewaan?

Tentu saja. Sebuah penelitian dari beberapa universitas terkemuka di Eropa menjelaskan bahwa susu organik ternyata mengandung lebih banyak asam lemak omega-3. Hal tersebut membuat susu ini bisa meningkatkan kesehatan jantung. Berikut ini adalah hasil kandungan nutrisi pada susu organik yang ditemukan di dalam penelitian tersebut.

  • 56% lebih banyak asam lemak omega-3 daripada susu biasa
  • 69% lebih banyak asam alfa-linoleat
  • 41% lebih banyak asam linoleat yang telah terkonjugasi.

Selain itu, kadar vitamin E dan zat besi dari susu organik lebih banyak dari susu biasa. 

Susu organik bermanfaat bagi kesehatan anak

Nah, karena kandungan nutrisi pada susu organik ternyata mampu menyehatkan jantung Anda, bagaimana efek susu organik berlaku pada anak-anak?

Ternyata, berdasarkan kandungan nutrisinya, terdapat berbagai manfaat susu organik pada anak.

1. Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 yang seimbang

anak sendirian di rumah

Kandungan omega 3 pada susu organik 56% lebih banyak daripada susu biasa. Kabar baiknya, kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam susu ini seimbang, dengan persentase asam lemak omega 6 yang lebih rendah. Menurut para ahli, perbandingan kandungan asam lemak omega 3 dan 6 yang seimbang dapat memberikan manfaat yang paling optimal bagi kesehatan.

Kandungan asam lemak baik ini juga bisa melindungi anak Anda dari berbagai penyakit. Misalnya mengurangi risiko penyakit jantung, peradangan, kanker, hingga radang sendi.

Selain itu, omega 3 juga berpengaruh terhadap perkembangan otak anak. Seperti yang dilansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, asam lemak omega 3 membantu meningkatkan fungsi memori otak anak. 

Tentu saja manfaat susu organik pada anak ini tidak mau Anda lewatkan, bukan?

2. Konjugasi asam linoleat membantu pertumbuhan otot

susu kedelai untuk anak

Kandungan asam linoleat yang telah terkonjugasi pada susu organik membantu meningkatkan metabolisme tubuh, imunitas terhadap penyakit, dan pertumbuhan otot. Selain itu, zat ini juga bermanfaat untuk menurunkan lemak perut, kolesterol dan reaksi alergi.

Bagi anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan, asam linoleat ternyata dapat menurunkan massa lemak. Hal tersebut membuat berat badan mereka tetap terjaga dengan sehat. Perlu dicatat bahwa tubuh kita tidak menghasilkan zat ini, dan sebagian besar kandungan konjugasi asam linoleat ini berasal dari susu dan produk susu. 

3. Tinggi vitamin A

dampak negatif susu

Selain asam omega 3 dan asam linoleat, ternyata susu organik juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Fungsi dari vitamin A yang didapat dari susu organik ini ada banyak. Di antaranya yaitu menyehatkan mata dan kulit, baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta melindungi anak dari infeksi. 

4. Menawarkan lebih banyak vitamin E dan zat besi

gizi baik

Selain kaya akan vitamin A, ternyata susu organik juga berisi vitamin E dan zat besi yang cukup banyak. Nah, keduanya berperan sangat penting dalam pertumbuhan otak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka.

Oleh karena itu, kesehatan otak dan fisik anak tetap terjaga melalui susu organik. Anak cerdas dan sehat, orangtua pun senang.

Ternyata banyak sekali, ya, manfaat yang bisa didapat dari nutrisi susu organik bagi kesehatan anak? Nah, selain kandungan nutrisi susu organik yang baik, susu ini juga aman dikonsumsi oleh anak karena bebas kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca