Berapa Banyak Tubuh Membakar Kalori Saat Tidur?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda jika tubuh juga membakar kalori saat tidur? Ya, kabar baik untuk Anda, tubuh membakar kalori tidak hanya ketika Anda melakukan olahraga atau melakukan aktivitas di luar ruangan saja, tidur juga termasuk aktivitas yang membutuhkan tenaga atau kalori. Lalu seberapa banyak kalori yang dibakar saat Anda tertidur? Apakah cukup membakar kalori hanya dengan tidur? Berikut jawabannya.

Tubuh membakar kalori saat tidur, tapi berapa banyak yang dibakar?

Durasi tidur di malam hari yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sekitar 8-9 jam per malam. Anjuran ini harus dipatuhi karena tubuh Anda juga butuh waktu untuk beristirahat, mengembalikan fungsi tubuh kembali ke normal, dan melakukan perbaikan di semua bagian. Tentu saja semua kegiatan yang dilakukan tubuh memerlukan energi, sehingga akan ada kalori yang terbakar selama Anda tertidur pulas.

Tapi jangan berharap terlalu banyak dengan kalori yang terbakar saat tidur. Jumlah pembakaran kalori saat tidur akan sangat rendah, hal ini juga bergantung dengan berat badan masing-masing individu. Apabila berat Anda sekitar 72 kg, maka total kalori yang terbakar berkisar 69 kalori per jam. Sehingga dalam 8 jam Anda tidur, Anda dapat membakar kalori sebesar 552 kalori. Sedangkan bagi orang yang memiliki berat badan kira-kira 54 kg, pembakaran kalori saat tidur bisa mencapai 51 kalori per jam tidur, atau setara dengan 408 kalori selama 8 jam.

Bagaimana cara meningkatkan pembakaran kalori saat tidur?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal yang bernama Annals of Internal Medicine, meneliti jam tidur pada kelompok orang yang cukup waktu tidurnya dengan kelompok orang yang kekurangan waktu untuk tidur. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa menambah waktu tidur sekitar 3 jam per malam – jadi sekitar 11 jam – dapat membuat kalori yang terbakar lebih banyak yaitu sekitar 400 kalori.

Ketika Anda kurang tidur, sekitar 60% massa otot akan berkurang. Pengurangan massa otot akan membuat Anda susah untuk membakar kalori, karena hanya di otot-otot saja semua kalori tubuh Anda bisa dibakar.

Tetapi, jangan berharap Anda bisa tidur seharian untuk membakar kalori yang lebih banyak

Walaupun memang tubuh membakar kalori saat tidur, bukan berarti Anda bisa menghabiskan seluruh waktu Anda untuk tidur dan berharap Anda tidak akan kelebihan kalori di dalam tubuh. Sebenarnya saat Anda tidur, metabolisme tubuh akan sangat lambat, itu sebabnya Anda tidak dapat mengandalkan tidur sebagai kegiatan untuk membakar kalori.

Tetap saja, yang tubuh Anda butuhkan adalah kegiatan fisik seperti olahraga. Sebab, makanan dengan porsi kecil saja mengandung cukup banyak kalori dan pasti Anda tidak menyadarinya. Sementara itu, menghabiskan kalori yang Anda dapat dari makanan dengan porsi kecil tersebut, tidak cukup hanya dengan tidur selama seharian. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan olahraga rutin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Minum obat terus minum madu? Boleh atau tidak? Baiknya Anda simak penjelasan di sini mengenai bahaya dan anjuran saat minum madu.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi rambut kering

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit