4 Gerakan Yoga Supaya Anda Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada yang mengatakan bahwa segelas susu hangat dapat membantu untuk tidur lebih cepat, dan ada juga orang yang lebih cepat tertidur dengan cara meditasi. Memang terdapat banyak cara yang dapat membantu untuk tidur dan Anda harus menemukan cara yang paling sesuai dengan diri Anda sendiri.

Kekurangan tidur dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh kita. Selain merasa lelah dan tidak dapat berkonsentrasi, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti obesitas, depresi, demam, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Jika Anda merasa kesulitan untuk tidur, terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda tidur. Salah satu cara sehat yang dapat dilakukan, yaitu yoga. Terdapat beberapa teknik dan gerakan yoga yang dapat Anda lakukan setiap malam untuk membantu Anda tidur dengan nyenyak. Gerakan yoga ini dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit untuk memicu proses tidur alami tubuh.

Gerakan yoga untuk tidur lebih nyenyak

1. Functional squat

Mulai dengan posisi berdiri tegak. Lebarkan jarak antar kaki hingga sejajar dengan pinggul, rentangkan lengan hingga sejajar dengan bahu, kemudian mulai perlahan ke posisi jongkok. Pertahankan beban berat badan di tumit Anda.

Sumber: http://www.manaeducationcentre.org.nz/

Jika Anda mengalami kesulitan ke posisi jongkok tanpa mengangkat tumit atau merasa ingin terjatuh, Anda dapat berpegangan kepada sesuatu yang aman, seperti pinggir tempat tidur Anda agar posisi lebih stabil.

Ambil napas sebanyak tiga kali secara dalam pada posisi jongkok. Fokus pada relaksasi punggung bagian bawah setiap kali Anda menghembuskan napas. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau nyeri pada pergelangan kaki, lutut, atau tulang kering Anda, cobalah memperlebar jarak antar kaki Anda.

2. Warrior with one side bend

Mulai dengan posisi berdiri. Geser kaki kanan Anda ke belakang, bertumpu pada tumit dan posisi jari mengarah keluar. Tekuk lutut kiri hingga posisi lutut tegak lurus diatas tumit kiri Anda dan pertahankan kaki kanan Anda tetap dalam posisi lurus. Jika Anda kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh, Anda dapat meletakkan tangan kiri Anda di tempat tidur atau dinding, tetapi jangan di pinggul Anda.

Sumber: https://www.verywell.com/flow-sequence-of-8-classic-standing-poses-3567186

Angkat tangan kanan Anda hingga di atas kepala dan regangkan tubuh sisi kanan Anda, lalu tarik napas. Kemudian pertahankan posisi tersebut dan hembuskan napas Anda. Lalu tarik  napas kembali dan posisikan tangan kanan kembali seperti semula.  Anda dapat mengulangi gerakan yang sama pada sisi lainnya.

3. Supine bent-knee twist

Mulai pada posisi berbaring dengan kaki terentang dan lengan di samping tubuh. Letakkan bantal dibawah kepala Anda jika diinginkan. Angkat dan peluk lutut kiri Anda ke arah dada Anda lalu tarik napas.

Sumber: https://www.yogaasan.com/supta-matsyendrasana-supine-spinal-twist/

Kemudian hembuskan napas perlahan sambil Anda menarik dengan lembut lutut kiri ke arah sisi kanan tubuh Anda. Ambil dua napas panjang dan dalam, lalu Anda dapat mengulangi pada sisi lainnya.

4. Diaphragmatic breathing and backward-count meditation

Mulai dengan posisi berbaring dan letakkan satu bantal di atas kepala dan satu lagi di bawah lutut. Tutup mata Anda, tarik napas panjang dan perlahan melalui hidung. Anda harus dapat merasakan keseluruhan dinding dada Anda mengembang hingga bagian tulang rusuk terbawah. Buang napas secara perlahan dalam hitungan mundur dari 20 hingga 1 dan rasakan dinding dada Anda kembali ke posisi semula.

Sumber: http://breatheinlife-blog.com/sleep-better-with-six-minutes-of-bedtime-yoga/

Setelah Anda menghembuskan napas perlahan, coba kencangkan otot perut Anda  untuk melihat apakah masih terdapat sisa udara yang dapat dikeluarkan. Setelah itu berhenti sejenak sebelum mulai menghirup napas kembali. Cobalah untuk memperpanjang dan memperdalam pernapasan Anda pada setiap kali pernapasan. Anda dapat mengulangi nya hingga 30-40 kali napas.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Ada yang Butuh Tidur Lebih Lama Daripada Orang Lain?

Beberapa orang perlu tidur lebih lama agar tubuh bisa berfungsi normal di siang hari. Cari tahu berbagai penyebabnya karena mungkin Anda salah satunya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 14 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Terus-terusan Dipaksa Menghadapi Rasa Takut, Apakah Bisa Menghilangkan Fobia?

Terapi desensitasi adalah cara mengatasi fobia dengan sengaja terus-terusan mempertemukan Anda dengan pemicu fobia. Apakah cara ini aman dan efektif?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kesehatan Mental, Gangguan Kecemasan 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Ibu, Ini Bahanya Menggunakan Bantal Bayi Saat Si Kecil Tidur

Rata-rata, ada 3500 kematian bayi per tahun karena kematian mendadak akibat menggunakan bantal. Mengapa begitu? Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 10 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Tidur Berlebihan Bisa Meningkatkan Risiko Pikun?

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa kurang tidur berdampak buruk pada kesehatan. Tapi, tidur berlebihan meningkatkan risiko Anda terkena demensia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Otak dan Saraf, Alzheimer dan Demensia 8 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

akupresur untuk insomnia

Sering Insomnia? Ini 4 Titik Akupresur Agar Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
tips tidur nyenyak untuk penderita ppok

8 Tips Tidur Lebih Nyenyak Saat Anda Menderita PPOK

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
yoga untuk disfungsi ereksi

4 Gerakan Yoga untuk Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
posisi tidur baik dan buruk

Berbagai Posisi Tidur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit