7 Manfaat Biotin untuk Tubuh, dari Mengatasi Rambut Rontok Hingga Kuku Rapuh

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Biotin adalah vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks, yang dikenal sebagai vitamin H atau B7. Vitamin ini larut dalam air sehingga tidak bisa disimpan di tubuh dalam waktu yang lama. Jadi, Anda butuh asupan biotin yang cukup agar tak kekurangan. Ada banyak manfaat biotin untuk kesehatan. Bagi Anda yang belum tahu betul apa itu biotin dan manfaatnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Berbagai manfaat biotin untuk kesehatan

Tubuh membutuhkan biotin untuk mencerna dan memecah lemak, karbohidrat, serta protein. Ketika masuk di dalam tubuh, maka biotin akan:

  • Memproduksi asam lemak
  • Membantu memecah protein jadi asam amino, termasuk isoleusin dan valin
  • Membantu tubuh menghasilkan gula ketika cadangan gula habis.

Selain itu, biotin juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat biotin lainnya:

1. Menjaga kehamilan tetap sehat dan vitamin yang baik saat menyusui

Biotin sangat penting untuk wanita hamil. Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa saat hamil tubuh kekurangan biotin maka bayi berisiko cacat ketika dilahirkan.

Meski memang percobaan tersebut dilakukan pada hewan, para ahli menyatakan bahwa memang kebutuhan biotin saat hamil dan menyusui meningkat. Oleh karena itu dokter akan menganjurkan wanita hamil untuk mengonsumsi makanan yang tinggi biotin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

2. Pertumbuhan rambut

Manfaat biotin lainnya adalah membuat pertumbuhan rambut jadi lebih cepat. Sebuah penelitian melaporkan bahwa mengonsumsi biotin dalam jumlah yang lebih dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen biotin mengalami pertumbuhan rambut yang cukup banyak di daerah yang mengalami kerontokan.

Maka itu, banyak yang mengandalkan biotin sebagai obat dari rambut rontok.

3. Mengatasi kuku rapuh

Biotin ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi kuku yang rapuh. Manfaat biotin ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada delapan orang dengan kuku rapuh. Mereka diberikan suplemen biotin 2,5 miligram per hari selama 6-15 bulan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan ketebalan kuku sebesar 25 persen di semua peserta. Kuku yang pecah-pecah juga berkurang. Namun penelitian ini masih dalam lingkup yang kecil sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

4. Mengatasi beberapa kerusakan kulit

Beberapa penelitian melaporkan bahwa kekurangan biotin dapat menyebabkan kelainan kulit yang disebut dengan dermatitis seboroik. Beberapa sumber menyebutkan jika kekurangan biotin berpengaruh terhadap proses pemecahan lemak yang penting untuk kesehatan kulit.

Namun sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa biotin dapat meningkatkan kesehatan kulit pada orang yang tidak mengalami kekurangan biotin.

5. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat biotin yang utama adalah membantu mencerna zat gizi di dalam tubuh, maka itu vitamin ini juga dapat memengaruhi kadar gula darah. Sebuah penelitian telah melaporkan bahwa biotin bantu mengendalikan kadar glukosa darah pada diabetesi.

Biotin bekerja dengan cara mengoptimalkan pencernaan asam lemak sehingga meningkatkan penyimpanan glukosa. Selain itu, pada penelitian hewan, telah ditemukan untuk merangsang produksi insulin dari pankreas dan kemudian menurunkan gula darah.

6. Mengatasi kerusakan saraf

Biotin juga mampu membantu mengurangi kerusakan saraf pada orang yang memiliki diabetes, atau yang sedang menjalani cuci darah untuk penyakit ginjal. Meski begitu, manfaat biotin yang satu ini harus diteliti lebih lanjut lagi.

7. Mengobati multiple sclerosis

Penelitian telah menemukan bahwa terapi biotin dosis tinggi dapat membantu memperbaiki gejala multiple sclerosis. Ini adalah penyakit autoimun yang memengaruhi sistem saraf, yang menyebabkan kelemahan otot dan berbagai masalah lainnya.

Dalam penelitian tersebut, gejala multiple sclerosis dapat berkurang dengan melakukan terapi biotin dosis tinggi, yang diminum tiga kali sehari.

Dari mana saya bisa mendapatkan biotin?

Meski saat ini banyak suplemen yang mengandung biotin, zat ini sebenarnya ada di dalam beberapa jenis makanan kok. Berikut adalah makanan yang mengandung biotin yang tinggi:

  • hati dan daging sapi
  • kuning telur
  • kacang-kacangan, seperti kacang almond
  • alpukat
  • ikan salmon
  • susu dan produk olahannya
  • ubi

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 25, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 24, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca