3 Alasan untuk Rutin Minum Jus Buah Bit Sebelum Berolahraga (Bisa Menambah Stamina, Lho!)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Akhir-akhir ini, manfaat buah bit semakin banyak dikenal — terutama untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, bagi Anda yang gemar olahraga atau berprofesi sebagai atlet, bit ternyata menawarkan khasiat menakjubkan buat performa olahraga Anda. Inilah mengapa banyak atlet Olimpiade rutin minum jus buah bit sebelum bertanding.

Apa saja nutrisi yang terkandung dalam jus buah bit?

Dalam buah bit, Anda akan mendapatkan berbagai nutrisi penting seperti folat, kalium, vitamin C, serat, nitrat, magnesium, protein, dan antioksidan. Beragam nutrisi ini baik untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi harian Anda.

Secangkir jus buah bit mengandung kira-kira 100 kalori dan 25 gram karbohidrat. Bit memang termasuk jenis buah yang tinggi akan gula. Maka, Anda yang punya gula darah tinggi atau penyakit diabetes sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum mulai rutin minum jus buah bit.

Khasiat rutin minum jus buah bit untuk performa olahraga

Sudah saatnya Anda yang gemar berolahraga rutin minum jus buah bit, misalnya segelas per hari. Dengan minum segelas jus bit setiap hari, Anda bisa memetik berbagai manfaat berikut ini.

1. Menambah stamina

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari University of Exeter dan Peninsula Medical School di Inggris mengungkapkan bahwa jus buah bit mampu tingkatkan stamina dan ketahanan fisik. Para peserta penelitian ini diminta untuk rutin minum jus bit selama enam hari sebelum melakukan olahraga berat. Setelah itu, ternyata peserta bisa berolahraga kira-kira 16 persen lebih lama dari sebelum rutin minum jus bit.

Ini lantaran buah bit memang kaya akan kandungan nitrat yang bisa diubah menjadi nitrat oksida dalam tubuh. Senyawa ini berguna untuk memaksimalkan penggunaan oksigen selama Anda beraktivitas fisik. Karena itu, tubuh pun tak akan mudah kehilangan oksigen dan Anda jadi bisa berolahraga lebih lama.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Selain menambah stamina, jus bit juga baik untuk membentuk kekuatan otot. Sebuah penelitian oleh para pakar dari Washington University School of Medicine di Amerika Serikat berhasil membuktikan hal ini. Dua jam setelah minum jus bit, para peserta penelitian rupanya menunjukkan peningkatan kekuatan otot hingga 13 persen banyaknya.

Lagi-lagi, penyebabnya yaitu kandungan nitrat yang tinggi. Nitrat mampu melancarkan aliran darah pada pembuluh vena dan arteri. Darah yang penuh oksigen pun akan meningkatkan fungsi serta kekuatan otot Anda.  

3. Meningkatkan performa saat berolahraga

Dibuktikan dalam European Journal of Applied Physiology, minum jus buah bit sebelum berlari mampu meningkatkan kecepatan lari para atlet hingga 1,5 persen. Penelitian lain dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise juga mencatat bahwa para atlet yang minum segelas jus bit sebelum bersepeda rupanya mengalami peningkatan kecepatan sampai 3 persen. Tak hanya soal kecepatan, para atlet sepeda ini juga menunjukkan kayuhan pedal yang lebih kuat dari sebelumnya.

Khasiat ini bisa Anda dapatkan berkat kandungan nitrat, protein, vitamin, dan mineral yang kaya dalam bit. Namun, minum jus saja memang tidak cukup untuk membuat Anda mahir olahraga dalam sekejap. Anda masih harus berlatih seperti biasa dengan bantuan jus buah bit.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Muncul Rasa Nyeri pada Bahu dan Cara Mengatasinya

Nyeri pada bahu bisa menghambat kemampuan Anda untuk bergerak bebas jika tidak ditangani dengan baik. Begini cara yang benar untuk obati bahu yang sakit.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal 17 November 2020 . Waktu baca 10 menit

7 Obat Memar Paling Efektif Tanpa Harus ke Dokter

Mencegah terjadinya memar mungkin tidak selalu dapat dilakukan, tapi Anda dapat mempercepat penyembuhan luka memar di rumah dengan berbagai obat memar ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Penyakit Kelainan Darah, Kelainan Trombosit 16 November 2020 . Waktu baca 7 menit

7 Gerakan Plank yang Bisa Dilakukan untuk Membentuk Perut Rata

Untuk Anda yang suka mager berolahraga, plank bisa menjadi solusi untuk membakar banyak kalori tanpa harus banyak bergerak. Cek di sini untuk tahu caranya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebugaran, Hidup Sehat, Tips Sehat 16 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Bahaya Penggumpalan Darah di Kaki Akibat Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Salah satu dampak dari kelamaan duduk adalah penggumpalan darah yang bisa berakibat fatal.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 12 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bentuk anatomi vagina

Panduan Lengkap Seputar Anatomi Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit
kedutan mata kiri atas

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit
bahaya gurita bayi

Bayi Ternyata Tak Boleh Pakai Gurita. Apa Bahayanya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Hormon Estrogen Rendah Pada Wanita, Apa Tanda dan Gejalanya?

Ciri-ciri Hormon Estrogen Terlalu Rendah Pada Wanita

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 5 menit