8 Makanan Pendukung untuk Mengecilkan Perut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Perut buncit pasti mengganggu penampilan Anda. Bahkan, Anda jadi minder untuk mencoba pakaian yang sedang tren saat ini. Jangan khawatir, jika Anda sedang menjalani program diet, ada beberapa makanan yang bsia membantu mengecilkan perut. Penasaran makanan apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Makanan yang membantu mengecilkan perut buncit

Pilihan makanan memainkan peran besar untuk merampingkan perut. Selain minum air putih cukup, memilih makanan yang segar, menghindari soda, alkohol, dan gula tambahan bisa membantu mengurangi perut kembung sekaligus mengecilkan usus Anda.

Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa memilih beragam makanan ini sebagai menu diet, antara lain:

1. Timun

timun cina adalah

Timun sangat segar jika dimakan dan mengandung 96% air. Selain mencegah dehidrasi, kandungan air bisa membuat perut mudah kenyang. Itu artinya, Anda bisa makan lebih sedikit.

Terlebih, timun juga kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, dan antioksidan flavonoid yang tentunya menyehatkan tubuh. Buah ini sangat mudah dinikmati, baik itu dimakan makan langsung, dibuat salad, diacar, atau dijus.

2. Kacang-kacangan dan gandum

meningkatkan kesuburan pria

Salah satu cara untuk menghilangkan lemak perut adalah meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat larut. Contohnya gandum, berbagai jenis kacang, dan buah beri.

Jessica Crandal, seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan pada Reader’s Digest bahwa serat larut dapat mengendalikan gula darah lebih baik daripada karbohidrat. Untuk itu, pastikan setiap hari Anda mendapatkan 25-35 gram serat larut per hari.

3. Pisang

manfaat pisang

Pisang adalah camilan aman untuk Anda yang sedang berjuang mengecilkan perut. Buah ini mengandung karbohidrat sehat yang dicerna tubuh secara perlahan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium.

Mengonsumsi makanan asin, misalnya. Jenis makanan ini dapat menahan air sehingga membuat tubuh Anda lebih berat. Untuk itu, Anda perlu kalium untuk menyingkirkan ekstra air tersebut dan mengatur kadar natrium kembali normal.

4. Pepaya

manfaat daun pepaya

Meski baunya kadang tidak disukai, buah ini rasanya cukup memanjakan lidah Anda. Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sehat untuk tubuh Anda.

Selain itu, buah ini juga kaya akan serat dan mengandung enzim proteolitik yang mencegah perut kembung, peradangan, dan masalah pencernaan. Anda bisa menikmati buah ini secara langsung, dibuat salada, atau dipanggang dengan dilumuri minyak zaitun.

5. Cabai

manfaat cabe

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika cabai masuk dalam menu diet Anda. Kenapa? Menurut penelitain, cabai mengandung capcaisin, yaitu bahan aktif yang membuat cabai terasa pedas ketika dimakan atau menyentuh kulit tubuh Anda. Nah, rasa pedas dari cabai ternyata bisa mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan yang berlemak, asin, dan manis.

Tenang, Anda tidak perlu mengonsumsinya mentah-mentah, kok. Cukup tambahkan irisan cabai pada telur dadar, salad, atau tumis sayur kesukaan Anda.

6. Yogurt

maag tidak boleh makan yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang menyehatkan pencernaan. Bahkan, mencegah perut kembung dan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Ini mencegah Anda, ngemil makanan snack asin atau kue yang manis. Anda bisa menikmati yogurt di sore hari dengan potongan buah segar.

7. Alpukat

Sumber: Tastemade.com

Satu buah alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Studi menunjukkan orang uang rutin makan alpukat memiliki lingkar pinggang lebih kecil daripada yang tidak.

Selain mengenyangkan, lemak sehat dari buah ini juga melapisi usus dan membantu meningkatkan penyerapan nutisi dari makanan lainnya.

8. Dark Chocolate

coklat hitam menurunkan darah tinggi hipertensi

Makan cokelat tidak selalu membuat gendut, kok. Jika pilihannya adalah dark chocolate yang mengandung 65% buah kakao. Sama seperti alpukat, cokelat jenis ini juga mengandung asam lemak jenuh tunggal yang dapat membantu mempercepat metabolisme.

Namun, mengonsumsinya juga tidak boleh berlebihan, apalagi jika Anda ingin mengecilkan perut. Menikmati dark chocolate sebagai camilan bisa meningkatkan mood dan menekan keinginan Anda ngemil tidak sehat.

Ingat, semua makanan di atas hanya bisa membantu Anda mengecilkan perut bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Anda juga tetap harus melakukan upaya lain seperti olahraga kalau mau sukses mendapatkan perut yang rata dan sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

Sudah saatnya kita meluruskan isu-isu seputar pangan rekayasa genetika (PRG) atau genetically modified foods yang penuh kontroversi ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Kata siapa seorang vegan tak bisa menikmati berbagai pencuci mulut yang menggugah selera? Tiga dessert vegan yang mudah dibuat ini nikmatnya berani diadu!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Doyan camilan dingin yang manis, tapi takut gemuk kalau keseringan makan es krim? Sudahkah Anda mencoba sorbet? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Hampir serupa dengan diet Atkins, diet south beach menekankan pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 05/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet eliminasi

Mengenal Diet Eliminasi (Elimination Diet) untuk Tahu Intoleransi Makanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit
frozen yogurt vs es krim sehat mana

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit