Benarkah Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Begitu banyak upaya seseorang untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya mitos yang beredar tentang diet. Salah satunya, bahan makanan yang digadang-gadang dapat dengan instan menurunkan berat badan.

Makanan yang sering juga disebut sebagai makanan ‘pengurus’ badan adalah lemon. Berbagai campuran lemon kini dipahami banyak orang sebagai ramuan yang baik dikonsumsi untuk diet, sebut saja air lemon hangat, lemon madu, lemon sebagai campuran salad, infuse water, dan lain-lain.

Artikel ini akan menjabarkan bagaimana sebenarnya kebenaran mitos tersebut.

Kenapa ada anggapan bahwa minum lemon menurunkan berat badan?

1. Lebih baik dari minuman lain

Alissa Rumsey, R.D., juru bicara dari Academy of Nutritions and Dietetics, memberikan sedikit pandangan mengenai hal tersebut. “Lemon yang dilarutkan di air panas sebenarnya tidak menyebabkan turun berat badan,” ujarnya. Namun, jika air lemon adalah pilihan Anda untuk mengganti kopi, teh, dan minuman bersoda, maka air lemon jelas lebih baik dalam menurunkan berat badan.

Benar adanya bahwa lemon membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh kita. “Kualitas metabolisme tubuh membantu proses menurunkan berat badan,” tambah Alissa. Jadi, bagi Anda yang tidak suka air putih, menambahkan beberapa tetes lemon sebagai pemberi rasa merupakan hal yang baik karena bertambahnya rasa tidak diiringi penambahan kalori dalam minuman.

2. ‘Penguras perut’ yang efektif

Efek jangka pendek dalam meminum lemon adalah pencegahan kembung, diuretik alami. Maka di samping untuk menguruskan badan, lemon juga memiliki manfaat lainnya.

Sudut pandang yang satu ini mungkin bisa mengimbangi pertanyaan apakah lemon dapat menurunkan berat badan atau tidak. Faktanya, lemon ternyata membantu Anda dalam upaya membersihkan usus sebagai saluran pencernaan. Jadi, hal ini dapat mencegah penumpukan pada proses ekskresi. Logikanya, semakin banyak yang menumpuk, semakin bobot badan Anda bertambah. Namun, jangan selalu gunakan lemon guna terus menguras perut dan memperlancar pencernaan Anda, karena Anda malah akan mulas berlebihan.

Selain itu, air lemon juga dapat mengurangir risiko sembelit karena lemon sesungguhnya membuat kinerja cairan usus lebih baik dan hal tersebut baik untuk proses pencernaan dan pembuangan pada tubuh Anda.

3. Meredam rasa lapar

Logika lainnya yang dapat Anda jadikan faktor pendukung bahwa lemon membantu Anda menurunkan berat badan adalah fakta bahwa meminum lemon dapat meredam rasa lapar. Sebenarnya, kopi, teh, atau susu juga dapat meredam rasa lapar dalam diri Anda. Namun, lemon disarankan menjadi pilihan karena kadar kalori yang amat rendah tidak akan memicu naiknya berat badan Anda.

Hal ini didukung oleh Anna Z. Feldman,M.D., seorang ahli endokrinologi di Joslin Diabetes Center. Baginya, sebenarnya lemon tidak berpengaruh langsung dalam menurunkan berat badan, namun kandungannya baik untuk tubuh kita.

“Lemon memilki vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kolagen Anda, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, tidak ada yang menjelaskan bahwa lemon secara langsung menunurnkan berat badan,” ujarnya.

Minumlah lemon demi kesehatan, bukan untuk turun berat badan

Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N., pemilik Nutrition Starring You menyatakan bahwa memang benar air lemon dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Namun, jangan berpikir bahwa hal tersebut adalah karena lemonnya, tapi lebih kepada airnya. Metabolisme akan berjalan efektif saat tubuh Anda benar-benar terhidrasi, asupan cairan selalu memenuhi.

Intinya, jangan ragu untuk memulai hari Anda dengan meminum air lemon, karena benar adanya bahwa kebiasaan itu sehat untuk tubuh Anda. Beberapa manfaat seperti memperlancar pencernaan, meningkatkan metabloisme tubuh, dan meredam rasa lapar baik untuk kesehatan dan pola diet Anda.

Namun, janganlah berharap bahwa lemon dapat berperan seperti obat ajaib yang secara langsung dapat menurunkan berat badan. Karena, memang kenyataannya belum Ada studi medis dan pangan yang menyatakan bahwa lemon dapat menurunkan berat badan Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Apa yang membuat beras merah selalu diyakini lebih baik dari beras putih? Dan apakah benar beras merah dapat membantu menurunkan berat badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Salah satu diet yang dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan aman dan sehat adalah diet tinggi serat. Seperti apa aturannya? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

Apakah selama ini Anda asal menyendokkan makanan ke piring? Jangan salah. Begini cara tepat untuk menghitung porsi makan ideal untuk orang dewasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Sebagai perempuan, Anda memiliki rasa kekhawatiran akan penampilan Anda meski saat hamil. Namun, bolehkah ibu menjalani diet saat hamil?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
makanan untuk yang kurang tidur

Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
sumber karbohidrat paling sehat

Nasi, Mie, Pasta, dan Roti: Sumber Karbohidrat Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pengaruh alkohol untuk jantung

Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit