8 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes

Oleh

Tubuh penderita diabetes tidak mampu mencerna karbohidrat dengan sempurna. Insulin merupakan hormon yang berfungsi memproses glukosa dalam tubuh. Pada penderita diabetes, insulin tidak diproduksi  dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, gula dalam darah pada penderita diabetes selalu tinggi. Hal ini menimbulkan berbagai kesulitan bagi para penderita diabetes, terutama dalam memilah-milah makanan yang harus dikonsumsi.

Karbohidrat biasanya menjadi porsi terbesar dalam menu makanan sehari-hari kita, terutama bagi orang Indonesia yang terbiasa makan nasi. Namun jika Anda menderita diabetes, makan nasi dan karbohidrat lain bisa menjadi kekhawatiran tersendiri karena jika tidak dilakukan dengan benar, ada kemungkinan gula darah Anda malah akan meningkat.

Apa saja jenis karbohidrat?

Karbohidrat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Zat tepung. Makanan yang mengandung zat tepung tinggi antara lain adalah kacang polong, jagung, kentang, gandum, nasi dan kacang merah.
  • Gula. Terdapat dua jenis gula: gula yang secara alami sudah terdapat pada suatu makanan contohnya gula yang ditemukan pada buah-buahan. Satu lagi adalah gula yang didapat dari proses pembuatan makanan, contohnya gula yang ditemukan pada kue kering. Sirup dan madu merupakan minuman yang mengandung gula juga.
  • Serat. Serat biasanya ditemukan pada buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Biasanya makanan yang mengandung serat. Serat sangat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Serat juga sangat disarankan untuk diet.

Makanan apa saja yang memiliki karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes?

Untuk penderita diabetes, Anda tidak perlu khawatir karena ada karbohidrat yang ramah untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan tersebut adalah:

1. Gandum

Gandum adalah karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan yang termasuk ke dalam jenis gandum adalah oatmeal. Mengonsumsi oatmeal yang baik untuk penderita diabetes adalah dengan tidak menambahkan gula dan menghindari oatmeal yang mengandung gula. Berdasarkan ulasan kajian yang dilakukan oleh ilmuan Beijing yang diulas oleh Reader’s Digest, mengonsumsi oatmeal dapat membuat level gula darah rendah.

2. Nasi merah

Nasi merah juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Serat yang terkandung dalam nasi merah ini mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Ini juga yang menjadi alasan nasi merah disarankan untuk dikonsumsi bukan hanya oleh penderita diabetes, tetapi juga untuk yang sedang melakukan program diet.

3. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Jika Anda mengonsumsi biji-bijian kalengan, jangan lupa mencucinya terlebih dahulu, karena dengan mencucinya terlebih dahulu dapat menghilangkan garam sebesar 40%. Selain kadar gula, yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes adalah kadar garam.

4. Apel

Seperti yang kita tahu, apel adalah buah yang manus. Anda tidak perlu khawatir karena rasa manis itu merupakan gula yang terbentuk secara alami. Jika Anda ingin mengonsumsi apel dalam bentuk jus atau smoothie, hindari membuat jus apel dengan menambahkan gula.

5. Ubi jalar

Mengonsumsi ubi jalar tidak akan menaikkan level gula darah Anda dengan tiba-tiba. Ubi jalar baik untuk dikonsumsi karena mengandung beta carotene yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit.

6. Pasta gandum utuh

Jika penderita diabetes menyukai makanan Italia ini, jangan khawatir. Namun, pastikan pasta tersebut adalah pasta dari gandum utuh atau whole wheat. Tips untuk mengkonsumsi pasta bagi penderita diabetes adalah dengan menambahkan sayuran yang tidak mengandung zat tepung. Salah satu sayuran yang tidak mengandung zat tepung adalah brokoli.

7. Berries

Buah-buahan seperti strawberry, blueberry, dan raspberry juga baik untuk dikonsumsi. Berries memiliki kalori yang rendah namun kaya akan serat. Menurut European Journal of Nutrition yang diulas Everyday Health, buah berry baik untuk mengontrol gula darah penderita diabetes.

8. Roti gandum

Jika Anda suka sarapan dengan roti, Anda dapat mengganti roti biasa dengan roti gandum. Menurut Annals of Epidemiology yang ditulis oleh Everyday Health, jika mengganti karbohidrat Anda dengan gandum utuh akan mengurangi risiko diabetes, dan mengurangi perkembangannya.

Apa saja yang harus Anda hindari?

Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari karena memiliki level gula yang tinggi. Berikut adalah daftarnya:

  • Susu cokelat
  • Susu yang memiliki rasa, termasuk susu kedelai
  • Sirup
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Permen

Nah, bagaimana? Apakah Anda masih khawatir dengan karbohidrat yang Anda konsumsi? Tidak perlu khawatir, Anda bisa beralih ke pilihan makanan karbohidrat yang lebih sehat di atas.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca