Rasa pisang yang lezat dan harganya yang terjangkau menjadikan buah ini favorit sejuta umat. Tak hanya bisa membuat Anda kenyang lebih lama, ternyata ada manfaat pisang yang tersembunyi untuk kesehatan jantung. Dirangkum dari berbagai penelitian mancanegara, rajin makan pisang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke di kemudian hari. Kenapa begitu?

Manfaat pisang untuk menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian asal University of Alabama di Birmingham (UAB) melaporkan bahwa terdapat penurunan terjadinya pembentukan kalsifikasi pembuluh darah dan pengerasan aorta pada tikus dengan diet rendah kalium. Pengerasan aorta merupakan salah satu gejala terjadinya penyakit jantung pada manusia.

Dr. Paul Sanders, spesialis kesehatan ginjal di UAB mengatakan bahwa penemuan ini penting di mana diet tinggi kalium dapat meningkatkan pencegahan kalsifikasi vaskular pada pembentukan aterosklerosis. Aterosklerosis pembuluh darah koroner dapat memicu serangan jantung.

Manfaat kalium lainnya adalah membantu dalam menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar natrium (garam) dalam darah. Tekanan darah juga memengaruhi kesehatan jantung apabila meningkat atau tidak terkontrol.

Pisang dapat mencegah stroke pada wanita yang rentan

Pada dasarnya, risiko seseorang untuk mengalami stroke dapat meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, wanita ternyata dilaporkan lebih rentan terkena stroke dibanding pria.

Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hal ini. Pertama, rata-rata-rata usia wanita yang lebih panjang daripada pria. Karena hal ini, risiko untuk terkena stroke pun bisa lebih tinggi pada wanita. Kedua, risiko stroke pada wanita dapat meningkat karena dipengaruhi oleh kondisi kesehatan yang dimilikinya. Wanita biasanya lebih rentan mengalami obesitas. Wanita yang obesitas juga memiliki risiko stroke yang lebih tinggi daripada pria obesitas.

Kandungan kalium pada pisang dapat membantu mencegah risiko stroke pada perempuan baik yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tidak memiliki tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari jurnal Stroke, wanita yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

makan pisang bisa atasi sembelit

Berapa banyak pisang yang harus dimakan untuk mencegah risiko stroke?

Tidak hanya untuk wanita, national Heart Service secara resmi menyarankan agar setiap orang mengonsumsi setidaknya 3.500 mg kalium setiap hari untuk mencegah stroke dan risiko penyakit jantung lainnya. Seperempat dari total kebutuhan kalium harian ini bisa dipenuhi dengan memakan dua buah pisang. Asupan kalium sisanya bisa Anda dapatkan dari makanan lain seperti kentang, brokoli, biji-bijian, ikan dan daging unggas.

Namun perhatikan juga untuk tidak kebanyakan makan makanan tinggi kalium. Konsumsi kalium yang berlebihan dapat menyebabkan sakit perut, mual dan diare.

Tentu saja, makan pisang untuk mencegah stroke dan risiko penyakit jantung lainnya akan lebih baik jika diimbangi dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak jenuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca