Pssst, Kebiasaan Jalan Cepat Bisa Jadi Rahasia Umur Panjang, Lho!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Katanya, jalan kaki merupakan olahraga yang paling ringan dan mudah dilakukan. Terlebih jika tidak punya banyak waktu untuk olahraga, maka jalan kaki bisa jadi pilihan yang tepat karena bisa dilakukan di mana saja. Kabar baiknya bagi Anda yang suka jalan kaki, terutama jalan cepat, kegiatan ini disinyalir bisa memperpanjang usia Anda, lho.

Ya, menurut sebuah penelitian bahwa semakin cepat tempo berjalan Anda, maka peluang untuk hidup lebih lama pun akan semakin terbuka lebar. Kok bisa, ya? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Penelitian membuktikan kalau jalan cepat bisa memperpanjang usia seseorang

Pernyataan tersebut muncul dari sebuah hasil penelitian. Penelitian yang dimuat dalam British Journal of Sports Medicine ini, melakukan survei pada 11 populasi dengan total 50.225 pejalan kaki dalam kurun waktu kurang lebih 14 tahun.

Para peneliti mengumpulkan beberapa data seperti kecepatan jalan kaki para peserta yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, meliputi gerakan dan tempo jalan kaki yang lambat, sedang, dan cepat.

Mereka sepakat bahwa kelompok orang yang jalan cepat memiliki kecepatan mencapai lima sampai tujuh kilometer per jam.

Mengapa jalan kaki cepat bisa bikin umur seseorang bisa lebih panjang?

Nah, untuk menghubungkan keduanya, kemudian para periset menyesuaikan hasil analisis mereka dengan berbagai faktor yang bisa memengaruhi harapan hidup seseorang, misalnya usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh (IMT), serta aktivitas fisik rutin.

Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa jalan kaki dengan tempo “sedang” diduga dapat memperpanjang usia hingga 20 persen lebih tinggi dibandingkan tempo jalan kaki yang lambat. Sementara untuk jalan cepat, kemungkinannya lebih tinggi lagi yakni hingga 25 persen dibandingkan kelompok orang yang jalannya lambat atau sedang.

Para ahli menyimpulkan bahwa kebiasaan jalan cepat ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler sebanyak 25 persen. Maka itu, tanpa disadari tempo jalan kaki yang selama ini Anda lakukan berpengaruh terhadap kesehatan.

cara membasakan diri jalan kaki agar tubuh bugar

Manfaat jalan kaki cepat juga bisa dirasakan oleh lansia

Uniknya, hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kebiasaan jalan kaki dengan cepat juga membawa efek yang sangat positif, terutama bagi kalangan lansia.

Ya, para peserta yang telah menginjak usia tua, sekitar 60 tahun atau lebih, berisiko 46 persen lebih rendah untuk terserang penyakit kardiovaskular jika mereka berjalan dalam tempo sedang. Bahkan, akan meningkat menjadi 53 persen lebih tinggi jika tempo jalan kaki dilakukan lebih cepat lagi.

Pernyataan ini pun diperkuat oleh penelitian dari University of Pittsburgh yang membuktikan bahwa para lansia yang mampu berjalan lebih cepat selama kurang lebih satu tahun, biasanya memiliki peluang untuk dapat bertahan hidup lebih lama, bahkan hingga delapan tahun ke depan.

Maka itu, tidak ada salahnya untuk mencoba lebih sering berjalan kaki demi meningkatkan tubuh sekaligus memperpanjang harapan hidup Anda. Terlebih, jalan kaki bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Jika ingin hasil yang lebih optimal, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan melakukan serangkaian olahraga lain yang bisa melatih kelenturan, keseimbangan, serta daya tahan tubuh, entah di rumah atau di pusat kebugaran.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca