Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Berapa Jumlah Langkah Kaki dalam Sehari yang Sehat?

Berapa Jumlah Langkah Kaki dalam Sehari yang Sehat?

Meskipun sering kali diabaikan sebagai bentuk olahraga, nyatanya berjalan kaki bisa membantu meningkatkan kebugaran jasmiani, membakar kalori berlebih, dan membuat jantung lebih sehat. Untuk memperoleh manfaat ini, berapa banyak langkah kaki yang dianjurkan dalam sehari? Simak jawabannya berikut ini.

Berapa langkah kaki yang dianjurkan dalam sehari?

Berjalan kaki adalah cara mudah sekaligus menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik harian. Hal ini bisa Anda lakukan tanpa memerlukan usaha dan energi berlebih.

Beberapa pakar kesehatan menyarankan 10.000 langkah per hari meski hal ini umumnya menjadi target yang kurang realistis bagi sebagian kalangan.

Dikutip dari National Institutes of Health, rata-rata orang Amerika mampu mendapatkan sekitar 4.000 hingga 5.000 langkah kaki per hari.

Sementara itu, orang yang kurang aktif mungkin hanya meraih 2.000 langkah sehari atau bahkan lebih sedikit dari itu.

Sebuah studi terbaru dalam JAMA Internal Medicine (2019) mencoba mengetahui berapa banyak langkah sehari yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Studi ini melibatkan hampir 17.000 wanita dengan usia rata-rata 72 tahun dengan mengukur jumlah langkah kaki per hari dan kecepatan dari langkah tersebut..

Hasilnya, wanita yang berjalan 4.400 langkah per hari memiliki risiko kematian 41% lebih rendah daripada wanita yang hanya meraih 2.700 langkah per hari atau kurang.

Menurunnya risiko kematian sebagai manfaat jalan kaki ini terus mengalami peningkatan hingga wanita mencapai rata-rata 7.500 langkah per hari.

Pada akhirnya, tidak ada rekomendasi pasti mengenai banyaknya atau minimal langkah kaki per hari yang dibutuhkan untuk memperoleh manfaat kesehatannya secara maksimal.

Jumlah langkah yang ideal perlu disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan Anda.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan jenis dan intensitas olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Cara mudah mengetahui langkah kaki per hari

Rekomendasi Smartwatch Fitness Terbaik

Untuk mengetahui berapa banyak jumlah langkah dalam sehari, Anda akan kesulitan jika menghitungnya secara manual.

Anda memerlukan perangkat atau alat yang memang digunakan untuk menghitung langkah kaki.

Lebih jelasnya, simak cara menghitung banyaknya langkah kaki dengan alat dan perangkat tersebut.

1. Menggunakan pedometer

Anda bisa mengandalkan alat khusus yang disebut pedometer.

Pedometer merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menghitung langkah orang yang berjalan ataupun berlari.

Alat ini biasanya dipakai di pinggang sepanjang hari, untuk mengetahui total jumlah langkah dalam sehari.

2. Memakai smartwatch

Selain itu, saat ini sudah tersedia smartwatch dapat Anda gunakan untuk menghitung langkah kaki harian.

Smartwatch atau jam tangan digital dapat membantu mengetahui berapa banyak langkah yang Anda lakukan dalam sehari.

Di samping itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur kesehatan, seperti memantau detak jantung.

3. Memasang aplikasi olahraga di ponsel

Cara terakhir terbilang cukup praktis karena cukup memasang aplikasi olahraga yang sebelumnya diunduh pada smartphone Anda.

Anda hanya perlu membawa ponsel kemana pun Anda pergi dan aplikasi di dalamnya secara otomatis dapat menghitung jumlah langkah dalam sehari.

Biasanya, aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur yang memberi tahu kecepatan dan kalori yang mungkin dibakar tubuh selama dalam menempuh langkah tersebut.

Meskipun begitu, mengetahui berapa banyak jumlah langkah kaki dalam sehari bukanlah ukuran kualitas latihan yang akurat dan tidak boleh Anda jadikan patokan dari keberhasilan olahraga.

Meski lebih dari 10.000 langkah per hari, jalan kaki dengan intensitas rendah tidak sebanding dengan jalan kaki sebagai olahraga kardio dengan intensitas sedang atau tinggi.

WHO merekomendasikan agar orang dewasa sehat melakukan 150 menit latihan aerobik intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik intensitas tinggi per minggunya.

Aktivitas ini perlu diimbangi dengan olahraga lainnya, seperti latihan kekuatan otot agar Anda mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan.

Jadi, gunakanlah alat pengukur langkah kaki ini untuk mengetahui target sehingga Anda lebih antusias dan bersemangat untuk lebih aktif bergerak.

Tentunya, dengan lebih aktif bergerak Anda dapat meningkatkan kebugaran, mengurangi berat badan, dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Tips memenuhi kebutuhan langkah kaki dalam sehari

postur jalan kaki, jalan kaki, jogging, olahraga pagi

Meski terdengar sulit dan berat, bukan berarti mustahil meraih target langkah kaki harian Anda.

Untuk menjadikan jalan kaki sebagai aktivitas yang menyehatkan, Anda bisa mencoba kiat-kiat berikut ini agar dapat melangkah lebih banyak.

  • Parkir lebih jauh ketika mengunjungi suatu tempat.
  • Memilih naik dan turun tangga ketimbang naik lift.
  • Jalan kaki setelah makan siang.
  • Memilih jalan kaki dibanding naik kendaraan.
  • Pilih wisata jalan-jalan mengisi waktu libur.
  • Ikuti acara jalan kaki di komunitas.
  • Jalan santai bersama orang yang disayangi.

Hal yang terpenting adalah jangan pernah bosan untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari dengan selalu aktif bergerak dan imbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Anda bisa melakukannya dengan berolahraga teratur, menjaga asupan makanan, menghindari stres, berhenti merokok, minuman beralkohol dan sebagainya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

NHS. (n.d.). NHS choices. Retrieved May 23, 2022, from https://www.nhs.uk/live-well/exercise/running-and-aerobic-exercises/walking-for-health/

10,000 steps a day: Too low? Too high?. Mayo Clinic. (2020). Retrieved May 23, 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/10000-steps/art-20317391

How many steps for better health?. National Institutes of Health. (2019). Retrieved May 23, 2022, from https://www.nih.gov/news-events/nih-research-matters/how-many-steps-better-health

Physical activity. WHO. (2020). Retrieved May 23, 2022, from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity

Lee, I., Shiroma, E., Kamada, M., Bassett, D., Matthews, C., & Buring, J. (2019). Association of Step Volume and Intensity With All-Cause Mortality in Older Women. JAMA Internal Medicine, 179(8), 1105. https://doi.org/10.1001/jamainternmed.2019.0899

Tudor-Locke, C., Craig, C. L., Brown, W. J., Clemes, S. A., De Cocker, K., Giles-Corti, B., Hatano, Y., Inoue, S., Matsudo, S. M., Mutrie, N., Oppert, J. M., Rowe, D. A., Schmidt, M. D., Schofield, G. M., Spence, J. C., Teixeira, P. J., Tully, M. A., & Blair, S. N. (2011). How many steps/day are enough? For adults. The international journal of behavioral nutrition and physical activity, 8, 79. https://doi.org/10.1186/1479-5868-8-79

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Jul 08
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Next article: