7 Makanan untuk Mengurangi Rambut Rontok dari Dalam

Oleh

Banyak wanita maupun pria mengalami rambut rontok. Saat keramas atau setelah rambutnya dirapikan dengan sisir, banyak orang menemukan bahwa rambutnya rontok. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa hal atau bahkan bisa menjadi tanda sedang ada gangguan pada tubuh Anda.

Rambut rontok dapat disebabkan karena faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kekurangan zat gizi tertentu, kehamilan, obat atau perawatan penyakit tertentu, seperti perawatan kanker, stres, dan sirkulasi darah yang tidak memadai di kulit kepala.

Untuk dapat mengurangi rambut rontok, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari memakai obat, laser, transplantasi rambut sampai dengan perawatan dengan bahan alami, seperti aloe vera, putih telur, bayam, santan, bawang, dan berbagai jenis bahan alami lainnya.

Namun, kali ini kita akan membahas cara mengurangi rambut rontok dengan memakan makanan yang bergizi. Makanan ternyata dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Zat-zat yang terdapat dalam makanan diperlukan sel-sel kulit kepala untuk menumbuhkan atau mengurangi rambut rontok. Nah, makanan apa saja itu?

Jenis nutrisi makanan yang dapat mengurangi rambut rontok

Rambut rontok dapat dikurangi dengan cara memakan makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Beberapa zat gizi dalam makanan yang dapat membantu mengurangi rambut rontok, yaitu:

1. Protein

Protein dikenal sebagai zat pembangun sehingga merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Protein berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Makanan tinggi protein sangat banyak dan mudah ditemukan, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

2. Asam lemak omega-3

Asam lemak esensial omega 3 dapat membantu menghentikan rambut rontok serta mendorong pertumbuhan rambut. Asam lemak juga membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut berkilau. Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond; ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden; alpukat; dan bayam merupakan sumber asam lemak omega-3.

3. MSM (Metil Sulfonyl Metana)

Metil Sulfonyl Metana dapat membantu memproduksi keratin (protein rambut). Keratin inilah yang membantu memperkuat rambut. Sebuah studi menemukan, orang yang memakai MSM mengalami pengurangan rambut rontok dan peningkatan pertumbuhan rambut hanya dalam waktu enam bulan. Susu, tomat dan jagung merupakan beberapa contoh bahan makanan yang mengandung MSM.

4. Vitamin B-kompleks

Vitamin B termasuk biotin (vitamin B7) dan vitamin B6 dapat mengurangi rambut rontok dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meremajakan folikel rambut. Vitamin B5 atau asam pantotenat juga dapat mencegah rambut rontok dan penipisan pada rambut. Vitamin B-kompleks dapat ditemukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayuran, seperti alpukat, pisang, apel, bayam, kubis, brokoli, asparagus, kembang kol, selain itu juga ditemukan pada daging, seafood, kacang-kacangan, telur, dan produk susu. Mengonsumsi 100 mg suplemen vitamin B-kompleks per hari dapat membantu pertumbuhan rambut. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen tersebut.

5. Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang merupakan elemen penting dari rambut. Vitamin C juga berguna untuk mencegah rambut patah. Makanan sumber vitamin C, antara lain buah jeruk, jambu biji, stroberi, bayam, dan paprika merah. Mengonsumsi 250 mg Vitamin C per hari dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

6. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan rambut. Vitamin E membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak keratin untuk menghentikan kerusakan rambut. Menambahkan 400 IU vitamin E dalam asupan Anda sehari-hari dapat membuat rambut Anda cepat panjang dan berkilau. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin E, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

7. Zat besi

Zat besi merupakan unsur penting untuk rambut. Rambut rontok dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi. Penelitian menunjukkan kadar feritin (protein yang menunjukkan jumlah total cadangan besi dalam tubuh) mungkin rendah pada wanita dengan rambut rontok. Zat besi terkandung dalam sayuran berdaun hijau, daun bawang, kacang mede, buah-buahan kering, daging, unggas, sereal dan pasta yang telah difortifikasi. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi jika memang sangat kekurangan, tetapi setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Beberapa tips tambahan untuk mengurangi rambut rontok

Rambut rontok dapat disebabkan oleh perlakuan Anda ke rambut dan juga karena faktor lingkungan. Sehingga, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi rambut rontok adalah:

1. Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut

Menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap bersih diperlukan untuk mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kulit kepala dan rambut yang tidak bersih dapat mengundang ketombe dan masalah kulit kepala lainnya yang dapat memperburuk rambut rontok. Bersihkan kulit kepala dan rambut Anda secara rutin untuk mencegah datangnya ketombe dan untuk mengurangi rambut rontok.

2. Jaga kebersihan benda-benda yang kontak dengan rambut Anda

Contohnya handuk, bantal, sisir, dan lainnya. Cuci juga benda-benda tersebut secara rutin. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah jangan sentuh rambut Anda dengan keadaan tangan yang kotor. Tangan juga bisa menjadi sumber kotoran atau infeksi bagi kulit kepala dan rambut.

3. Jangan biarkan kulit kepala atau rambut Anda berkeringat

Rambut yang sering berkeringat dapat menderita kerontokan. Rambut rontok sering meningkat selama musim panas karena rambut sering berkeringat. Untuk mengurangi keringat pada rambut dan mengurangi kerontokan rambut, Anda dapat menggunakan handuk untuk menyerap keringat pada rambut dan mencuci rambut setidaknya sekali dalam sehari.

4. Lindungi rambut dari sinar matahari

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari ke kulit kepala. Sinar matahari dapat membuat rambut kering dan rapuh sehingga mendorong kerontokan rambut. Cara terbaik untuk mencegah paparan sinar matahari ke kulit kepala adalah dengan menutupi rambut Anda ketika akan keluar ruangan. Anda dapat menggunakan topi atau payung untuk melindungi rambut dari sinar matahari.

5. Pilih sampo dan kondisioner yang cocok dengan rambut Anda

Penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak cocok untuk rambut Anda juga dapat menyebabkan rambut rontok. Penggunaan sampo dan kondisioner yang salah dapat membuat rambut Anda rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Pilihlah sampo dan kondisioner yang cocok dengan rambut Anda untuk mencegah kerontokan rambut.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca