5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Selain Wortel

Oleh

Wortel mengandung beta karoten, jenis vitamin A yang membantu retina dan fungsi bagian mata lainnya. Beta karoten jugalah yang membuat warna sayuran ini jingga. Karena fungsinya untuk kesehatan mata, wortel adalah makanan penting bagi anak dan orang dewasa. Anda bisa menyajikannya sebagai sup atau dihaluskan seperti bubur untuk menggugah selera makan anak, sebab anak-anak terkadang sulit menyukai wortel. Bahkan tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun enggan mengonsumsinya tanpa didampingi makanan lain.

Apakah makanan yang baik untuk kesehatan mata hanya wortel saja? Tidak hanya dari beta karoten saja sebenarnya kita bisa mendapatkan asupan untuk kesehatan mata, namun ada beberapa vitamin dan mineral lain yang diperlukan. Anda bisa juga menjumpainya pada makanan selain wortel.

Apa saja makanan untuk mata sehat selain wortel?

Berikut ini makanan yang direkomendasikan:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan antioksidan, dan menurut penelitian, zat tersebut dapat menurunkan risiko pembentukan degenerasi makula dan katarak. Lutein dapat mengurangi kerusakan oksidatif induksi-cahaya yang menyebabkan degenerasi makula, selain itu juga mampu mengurangi risiko retinitis pigmentosa. Lutein dan zeaxanthin dapat diresap oleh lensa dan retina, mereka pun akan menyerap kerusakan yang berasal dari cahaya yang tertangkap.

Makula adalah tempat kecil pada retina di mana visi menjadi paling tajam. Sedangkan degenerasi makula merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan karena adanya pembuluh darah tumbuh di bawah retina.

2. Telur

Kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin, dengan tambahan zinc. Lutein dan zeaxanthin merupakan tipe karotenoid. Menurut Paul Dougherty, MD, direktur medis dari Dougherty Laser Vision di Los Angeles, yang dikutip Health.com, hal tersebut baik untuk mengurangi risiko degenerasi makula Anda.

3. Citrus dan berry

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali termasuk ke dalam kelompok citrus, dan buah ini kaya akan vitamin C. Anda juga bisa menemukan vitamin C pada strawberry. Vitamin ini adalah antioksidan kuat, yang membentuk dan mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen yang terdapat di kornea mata. Fungsinya pun sama untuk mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

4. Almond

Kandungan vitamin E ditemukan pada almond. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E mampu melindungi sel mata dari kerusakan. Radikal bebas dapat menyebabkan gangguan pada jaringan mata yang sehat. Ketika hal ini terjadi, risiko degenerasi makula pun meningkat. Selain itu, vitamin ini dapat memperlambat pembentukan katarak. Penelian baru-baru ini yang dikutip oleh AOA.org menyebutkan bahwa adanya hasil yang jelas dari penurunan risiko katarak pada partisipan yang memakan asupan vitamin E tinggi.

5. Ikan berlemak

Tuna, salmon, ikan makarel, dan ikan asin mengandung asam lemak yang tinggi. Asam lemak dapat ditemukan pada retina. Kekurangan level asam lemak  dapat memicu sindrom mata kering menurut Jimmy Lee, MD, direktur bedah refraktif di Montefiore Medical Center, New York City, yang dikutip Health.com.

Fungsi lutein dan zeaxanthin

Pada tanaman, lutein dan zeaxanthin untuk menyerap energi cahaya yang berlebihan sehingga kerusakan pada tanaman akibat paparan sinar matahari pun dapat dicegah. Dua zat ini dapat ditemukan pada sayuran yang berwarna kuning dan merah, selain itu juga ditemukan pada sayuran hijau. Berikut ini adalah bukti lutein dan zeaxanthin dapat mencegah degenerasi makula:

  • Penelitian yang yang dipublikasikan pada Nutrition & Metabolism menemukan bahwa suplemen yang mengandung meso-zeaxanthin, lutein dan zeaxanthin efektif meningkatkan ketajaman optik dan pigmen makula. Pigmen makula penting karena dapat memberikan perlindungan dari pembentukan degenerasi makula.
  • Studi yang dipublikasikan pada American Journal of Epidemiology, Ophthalmology and Archives of Ophthalmology, menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dan zeaxanthin yang ditemukan pada diet dapat mengurangi insiden degenerasi makula

Selain makanan di atas, Anda dapat menemukan kedua zat tersebut pada:

  • Kubis 23,8 mg
  • Bayam 20,4 mg
  • Jagung 2,2 mg
  • Brokoli 1,6 mg
  • Lobak 12,2 mg

Yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata

Tidak hanya makanan, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini agar mata Anda tetap sehat:

Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Perokok juga bisa terkena uveitis (pembengkakan pada lapisan bagian tengah mata)

Gunakan kacamata hitam

Kacamata hitam dapat melindungi mata Anda dari paparan sinar UV langsung. Terlalu banyak terkena UV dapat meningkatkan risiko katarak. Pilihlah kacamata yang dapat menghalangi UVA dan UVB 99% bahkan 100% kalau bisa. Jika Anda menggunakan lensa kontak, Anda bisa memilih yang menawarkan proteksi terhadap UV.

Batasi waktu di depan komputer

Sebaiknya Anda tidak terlalu lama ketika melihat layar komputer. Memandangi komputer dapat menyebabkan visi kabur, kesulitan untuk fokus pada jarak tertentu, mata kering, dan sakit kepala. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi melihat ke layar komputer:

  • Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda sudah diperbarui dan memenuhi syarat untuk pengguna komputer
  • Posisikan monitor sama dengan mata Anda
  • Sebaiknya hindari melihat komputer dalam keadaan silau dari jendela dan lampu.

Jika mata Anda kering, sering-seringlah berkedip

Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat dari jarak 20 kaki selama 20 detik. Setiap dua jam Anda harus mengambil istirahat dan bangkit selama 15 menit

BACA JUGA:

Share now :

Direview tanggal: November 4, 2016 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca