4 Vitamin untuk Menebalkan Rambut Dengan Cepat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sering kali rambut dianggap sebagai salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan. Tak jarang orang yang rela mengeluarkan kocek lebih untuk merawat rambutnya. Hmm, siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut tebal, berkilau, sehat, dan bebas dari ketombe? Tidak hanya perempuan, laki-laki juga merasa khawatir saat rambut mulai menipis. Lalu, adakah cara untuk mengatasi rambut yang rontok dan mulai tipis? Tentu saja ada, kuncinya adalah vitamin. Kalau begitu, apa saja vitamin untuk menebalkan rambut?

BACA JUGA: 4 Manfaat Vitamin E untuk Rambut

Berbagai vitamin untuk menebalkan rambut

Sebenarnya untuk menebalkan rambut, para ahli berpendapat bahwa Anda perlu 13 vitamin. Vitamin-vitamin tersebut dapat ditemukan pada makanan. Wah, banyak sekali ya?  Vitamin untuk kesehatan rambut adalah vitamin A, D, E, K, C, dan B kompleks (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotik, vitamin B-6, vitamin B-12, dan folat). Tapi kita tidak akan membahas semua vitamin tersebut, hanya sebagian saja. Simak lebih lanjut penjelasannya.

1. Vitamin D untuk menumbuhkan rambut

Anda tentu pernah mendengar bahwa fungsi vitamin D adalah untuk menjaga tulang tetap sehat. Ternyata tidak hanya tulang saja, mengonsumsi vitamin D juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit. Sebuah studi pada tahun 2012 pada jurnal Stem Cells Translational Medicine, yang dikutip oleh situs Healthline, mengungkapkan bahwa vitamin D dapat membantu untuk menciptakan folikel  (pori kecil untuk rambut tumbuh) baru. Kebotakan dapat terjadi saat folikel rambut menjadi tidak aktif. Terkadang folikel yang aktif pun, tidak memproduksi rambut.

BACA JUGA: 9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Untuk mendapatkan vitamin D yang alami, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, jamur, biji-bijian, jus jeruk, atau susu rendah lemak. Ada cara lain? Ya, cobalah untuk berjemur beberapa saat pada pagi hari, hanya sebentar saja. Ketika tubuh terkena sinar matahari, tubuh akan memproduksi vitamin D.

Apakah bisa mendapatkan vitamin D dari suplemen? Bisa, tapi Anda perlu berhati-hati, sebab vitamin D dapat membangun jaringan lemak pada level yang berbahaya saat dikonsumsi terlalu banyak. Penyerapan yang berlebihan dapat menyebabkan kalsium berlebih di dalam darah. Akibatnya, Anda akan merasa lemah dan memiliki masalah pada ginjal. Tips untuk mengonsumsi vitamin D adalah dengan dibarengi makanan berlemak, sehingga vitamin tersebut dapat diserap.

2. Vitamin B untuk menguatkan rambut

Sama dengan vitamin D, berdasarkan peneliti dari University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa vitamin B baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin B-12, biotin, dan niacin dapat menguatkan serta menjaga kondisi rambut. Tidak hanya untuk rambut saja, vitamin B kompleks diperlukan untuk mengatur metabolisme dan menjaga sistem saraf pusat.

BACA JUGA: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dari biji-bijan, kembang kol, wortel, sayuran dengan daun hijau dan gelap, hati sapi, telur, kedelai, kacang tanah, dan alpukat. Anda bisa memasukkan daging dan susu ke dalam menu makanan Anda untuk mendapatkan vitamin B kompleks. Bagaimana dengan suplemen? Tentu bisa. Jika Anda orang dewasa, maka asupan tersebut bisa sekitar 0,024 mg saja. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen, coba tanyakan terlebih dahulu pada dokter Anda.

Biotin juga tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa orang mengaku memiliki masalah pada kulit dan mengeluarkan hormon insulin terlalu banyak saat mengonsumsi berlebihan. Takaran yang direkomendasikan sekitar 0,03 mg saja untuk orang dewasa. Sedangkan untuk niacin, sebaiknya 16-17 mg saja untuk orang dewasa. Niacin yang terlalu banyak dapat menjadi racun di dalam tubuh.

3. Zat besi dan zinc

Anda membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen ke sel-sel tubuh Anda, termasuk ke folikel rambut. Sedangkan zinc juga membantu mengatasi kerusakan sel, termasuk sel rambut. Kelenjar minyak di sekitar folikel rambut akan distimulasi, sehingga dapat menumbuhkan rambut yang sehat dan indah. Jadi usahakan untuk makan makanan yang mengandung zinc secukupnya. Anda bisa menemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging. Jika Anda vegetarian, cobalah mendapatkannya dari bayam.

4. Vitamin C

Vitamin yang satu ini memang banyak sekali keunggulannya, seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, membuat kulit tampak sehat, serta membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. Vitamin C dibutuhkan untuk produksi kolagen rambut. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk dan nanas.

BACA JUGA: 6 Buah-buahan dengan Kandungan Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Rambut keriting rentan kering dan kusut hingga sulit diatur. Oleh karena itu, rambut keriting perlu perawatan khusus. Bagaimana merawat rambut keriting?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ternyata tidak semua orang dewasa cocok pakai sampo yang diformulasikan untuk bayi. Cari tahu alasan selengkapnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 22 Februari 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
bahan krim anti-aging

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit