8 Fakta Menarik Tentang Rambut di Kepala Kita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rambut adalah “mahkota” yang berperan dalam memperindah penampilan pria maupun wanita. Rambut yang terawat akan membuat seseorang tampak lebih menarik, sehingga tidak jarang banyak pria ataupun wanita yang melakukan perawatan rambut untuk menjaga keindahannya. Sayangnya, tidak semua orang tahu berbagai fakta tentang rambut; termasuk tentang mengapa banyak variasi warna dan bentuk pada rambut manusia, jumlah helai rambut, sejak kapan manusia memiliki rambut, dan sebagainya.

Fakta tentang rambut yang perlu Anda tahu

Berikut adalah beberapa fakta rambut yang perlu Anda ketahui:

1. Kenapa bayi lahir sudah memiliki rambut?

Anda tidak perlu heran jika melihat bayi yang baru lahir sudah memiliki rambut. Karena faktanya, pertumbuhan rambut sudah dimulai saat bayi berada di dalam kandungan. Di minggu ke-22, janin yang sedang berkembang di dalam kandungan telah memiliki kurang lebih 5 juta folikel rambut, yang merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh.

2. Kenapa setiap orang memiliki rambut yang berbeda?

Anda mungkin heran, kenapa ada orang yang memiliki rambut lurus, bergelombang, keriting, tebal, tipis, halus, atau kasar. Penentunya adalah bentuk folikel rambut Anda; yang dipengaruhi oleh gen yang didapatkan dari orang tua.

3. Kenapa warna rambut manusia berbeda-beda?

Warna rambut di dunia berbeda-beda, ada yang hitam, pirang, coklat, merah, dan lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh jumlah melanin atau pigmen dalam rambut. Karena, semakin banyak melanin pada rambut Anda, maka, warna rambut Anda semakin gelap. Namun, jumlah melanin tersebut bisa berkurang seiring pertambahan usia; sehingga Anda tidak perlu heran jika banyak orang yang beranjak tua memiliki uban di rambutnya.

4. Berapa helai rambut tumbuh setiap tahunnya?

Rambut adalah bagian tubuh kedua yang tumbuh sangat cepat setelah sumsum tulang belakang, yaitu sekitar 15 cm per tahun. Sebenarnya, pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda, dipengaruhi oleh faktor genetik dan fase anagen. Fase anagen adalah fase di mana protein masuk ke dalam akar rambut dan mengumpulkan sel-sel yang membentuk struktur berbentuk tali yang dikenal sebagai rambut. Semakin panjang fase anagen, maka akan semakin panjag rambut yang tumbuh setiap tahunnya.

5. Kenapa rambut bisa berminyak?

Alasannya adalah karena saat tumbuh, rambut melewati kelenjar minyak sepanjang fase perjalanan. Kelenjar minyak tersebut akan menambahkan minyak ke rambut dan membuatnya tetap berkilau dan lembut. Hal tersebut jugalah yang mejadi alasan kenapa Anda perlu mencuci rambut atau keramas setidaknya dua hari sekali, karena jika tidak, jangan heran jika rambut Anda menjadi lepek atau sangat berminyak.

6. Kenapa rambut bisa rontok?

Di antara 100.000 helai rambut yang dimiliki manusia, 100 helai rambut akan rontok setiap harinya. Kerontokan tersebut disebabkan oleh folikel rambut yang sedang beristirahat sejenak, sehingga rambut di folikel akan rontok. Oleh karena folikel beristirahat pada waktu yang berbeda dan rambut lainnya terus tumbuh, maka, Anda cenderung tidak menyadari kerontokan tersebut. Anda juga tidak perlu khawatir, karena rambut yang rontok akan tumbuh kembali.

Namun, jika rambut yang rontok sangat banyak, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Kenapa bisa terjadi kebotakan?

Untuk beberapa orang, folikel akan berhenti menumbuhkan rambut saat bertambah tua; sehingga mereka cenderung memiliki rambut yang lebih tipis atau mengalami kebotakan.

8. Kenapa rambut di bagian tubuh lainnya lebih pendek dari rambut di kepala?

Alasannya adalah karena fase anagen di tangan dan bagian tubuh lainnya hanya berlangsung dalam hitungan minggu, sementara di kepala berlangsung selama bertahun-tahun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Anda merasa ada yang janggal di sekitar Anda, ternyata Anda sedang mimpi. Lalu kenapa bisa sadar? Yuk, kenali lucid dream atau mimpi sadar dan penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Pola Tidur Sehat, Gangguan Tidur 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Orangtua perlu mewaspadai mata anak yang seperti mata kucing. Ada kemungkinan hal ini tanda kanker mata atau retinoblastoma.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Penyakit Kanker Lainnya 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Misophonia, Alasan Mengapa Anda Benci Suara Tertentu

Misophonia merupakan suatu keadaan dimana Anda merasa tidak nyaman ketika mendengar suara tertentu. Cari tahu lebih jauh terkait misophonia disini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Gangguan Kecemasan 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

9 Manfaat Pisang yang Jadi Buah Favorit Banyak Orang

Tak banyak yang tahu bahwa kandungan kalium dalam pisang berkhasiat menurunkan risiko stroke. Apa lagi manfaat pisang untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

asam lambung naik sebabkan kanker

Benarkah Asam Lambung Naik Bisa Sebabkan Kanker Kerongkongan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
mitos varises

Meluruskan 6 Mitos Seputar Varises yang Banyak Dipercaya Masyarakat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
menjaga bakteri baik dalam usus

8 Tips Menjaga Bakteri Baik dalam Usus

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit