Yuk, Pakai Minyak Kelapa untuk Rambut Supaya Indah Berkilau

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25 Mei 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Minyak kelapa adalah minyak yang banyak digunakan untuk kesehatankecantikan, hingga keperluan lainnya. Mulai dari memasak, melembabkan kulit, hingga menghapus makeup,  Selain itu, minyak kelapa juga sering digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut. Berikut akan mengulas kelebihan dan kekurangan menggunakan minyak kelapa untuk rambut, serta tips menggunakannya.

Kandungan minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa dianggap sebagai minyak terbaik untuk rambut Anda, dengan mengurangi kehilangan protein dan membuatnya tetap sehat.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa minyak kelapa baik untuk mencegah kehilangan protein daripada minyak mineral dan bunga matahari ketika diaplikasikan baik sebelum atau setelah mencuci rambut.

Bahkan minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein pada rambut yang tidak rusak, memutih, dan terpapar sinar UV. Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat. Ini memberi minyak kelapa struktur panjang dan lurus, yang lebih mudah diserap jauh ke dalam batang rambut.

Minyak bunga matahari mengandung sebagian besar asam linoleat, yang memiliki struktur yang lebih besar, sehingga tidak mudah diserap ke dalam rambut. Ini berarti bahwa minyak seperti minyak mineral dan minyak bunga matahari dapat melapisi rambut, tetapi mereka tidak diserap ke dalam batang rambut.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

1. Membantu mencegah kerusakan rambut

Mengoleskan minyak kelapa pada rambut Anda sebelum atau setelah mencuci rambut dapat mencegah kerusakan pada rambut Anda. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan minyak kelapa pada rambut, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke rambut sebelum atau sesudah Anda keramas.

Menerapkan minyak kelapa ke rambut sebelum Anda keramas dapat mengurangi jumlah air yang diserap oleh batang rambut. Sehingga membuat rambut kurang rentan terhadap kerusakan saat basah.

Sementara, mengoleskan minyak kelapa setelah Anda keramas dapat membuat rambut Anda lebih lembut dan halus. Hal ini mengurangi jumlah gesekan yang disebabkan oleh styling, membuat rambut Anda tidak mudah tersangkut dan patah.

2. Membantu menumbuhkan rambut lebih panjang

Banyak orang ingin memiliki rambut panjang dan berkilau. Namun, perawatan, cuaca dan polutan yang berinteraksi sehari-hari dengan rambut Anda justru dapat merusak rambut. Ini bisa membuat rambut Anda tumbuh dengan tidak sehat dan terlihat lebih usang dan kering.

Minyak kelapa untuk rambut dapat membantu tumbuh lebih panjang dengan:

  • Melembabkan rambut dan mengurangi kerusakan.
  • Melindungi rambut Anda dari kehilangan protein dan kerusakan saat basah.
  • Melindungi rambut Anda dari kerusakan lingkungan seperti angin, matahari dan asap.

3. Manfaat untuk rambut lainnya

Tak cuma mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kilaunya, menggunakan minyak kelapa untuk rambut juga bisa membuat:

Adakah efek negatif minyak kelapa untuk rambut?

Minyak kelapa umumnya dianggap aman untuk diterapkan pada kulit dan rambut Anda. Namun, menggunakan terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala Anda.

Ini bisa membuat rambut Anda berminyak dan kusam, terutama jika Anda memiliki rambut yang sangat halus. Selain itu, meski tidak menyebabkan rambut rontok, tapi minyak kelapa dapat menyebabkan rambut yang sebelumnya terlepas menjadi lebih mudah jatuh dari kulit kepala Anda.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut yang indah

Berikut ini beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda.

  • Sebagai kondisioner. Sampo rambut Anda seperti biasa lalu sisir minyak kelapa melalui rambut Anda, dari bagian tengah hingga ujung rambut.
  • Sebagai detangler. Setelah keramas dan mengatur rambut Anda, oleskan sedikit minyak kelapa ke rambut Anda untuk melindunginya saat Anda menyisirnya.
  • Sebagai masker rambut. Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda dan biarkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman).
  • Sebagai pelindung rambut sebelum keramas. Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda sebelum keramas.
  • Sebagai perawatan kulit kepala. Sebelum tidur, pijat sedikit minyak kelapa ke kulit kepala Anda. Biarkan semalam dan bersihkan dengan sampo di pagi hari.

Untuk mendapatkan rambut yang indah, sehat dan berkilau, Anda dapat melakukan cara-cara tersebut secara teratur atau sesekali tergantung jenis rambut Anda.

Jumlah minyak kelapa yang Anda butuhkan tergantung pada panjang dan jenis rambut Anda. Kebanyakan orang menggunakan hanya untuk diaplikasikan dari bagian tengah ke ujung rambut untuk menghindari rambut menjadi berminyak.

Sebaiknya mulailah mengaplikasikan minyak kelapa dalam jumlah yang sedikit, lalu baru bertahap ke jumlah yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Jika Anda memiliki rambut pendek atau sangat halus, Anda mungkin membutuhkan sedikit minyak kelapa atau sekitar satu sendok teh. Namun, orang-orang dengan rambut panjang dan tebal mungkin ingin menggunakan sebanyak dua sendok makan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Minyak Kelapa Memengaruhi Hormon Testosteron Pria?

Hormon testosteron dibutuhkan pria untuk meningkatkan gairah seks. Minyak kelapa disebut dapat memengaruhi dan meningkatkan kadar testosteron. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Pria, Hidup Sehat 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Rambut keriting rentan kering dan kusut hingga sulit diatur. Oleh karena itu, rambut keriting perlu perawatan khusus. Bagaimana merawat rambut keriting?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk mangkir merawat rambut bagi wanita. Justru, rambut Anda perlu perhatian ekstra. Bagaimana cara merawatnya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 30 April 2020 . Waktu baca 6 menit

Seberapa Sering Harus Pakai Masker Rambut Jika Punya Rambut Kering?

Tidak cukup menggunakan sampo dan kondisioner saja, Anda juga disarankan pakai masker untuk rambut kering. Berapa kali aturan pemakaiannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 23 Februari 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
pengganti mentega

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
cara potong poni sendiri

Cara Potong Poni Sendiri di Rumah Tanpa Takut Gagal

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 12 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit