5 Cara Mudah Merawat Alis Agar Tetap Sehat dan Tak Mudah Rontok

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tak hanya harus dibentuk dengan indah, rupanya merawat alis juga sama pentingnya dengan merawat bulu mata atau rambut. Pasalnya, alis juga bisa rontok dan mengalami kebotakan jika dibiarkan tanpa perawatan khusus. Agar alis tetap sehat dan tumbuh tebal dengan semestinya, yuk ikuti cara berikut ini.

Cara merawat alis agar tetap sehat dan tebal

Alis mata termasuk salah satu bagian wajah yang sangat penting. Bagaimana tidak, sekarang ini banyak orang bahkan tidak percaya diri keluar rumah tanpa membentuk alisnya dengan bantuan produk riasan. Penggunaan produk riasan yang terlalu sering ini perlu diimbangi dengan perawatan yang tepat agar alis tetap sehat dan tebal alami. Berikut cara merawat alis yang benar:

1. Biarkan tumbuh dengan sempurna

Banyak orang tak tahan untuk mencabut alisnya saat mulai tumbuh lebat tak beraturan. Melakukan cabut alis dengan tujuan untuk merapikannya memang tak salah.

Akan tetapi, coba usahakan untuk tidak terus-menerus mencabutinya. Setidaknya berilah jeda 2 sampai 3 bulan setelah cabut alis terakhir.

Hal ini bertujuan agar alis bisa tetap tumbuh normal dengan bentuk alaminya. Hibba Kapil, seorang ahli alis asal Amerika Serikat, menyatakan bahwa mencabut rambut alis terlalu sering akan menjadikannya terlalu tipis atau tumbuh dengan bentuk yang aneh.

2. Sisir alis dengan rutin

Jangan hanya menyisir alis ketika hendak membentuknya. Mulai sekarang, sikatlah alis Anda dengan kuas khusus untuk membantu kulit mati di bawah alis terkelupas dan meningkatkan aliran darah di sekitarnya.

Cara ini tak hanya merawat alis menjadi terlihat lebih rapi tetapi juga mendorong pergantian dan pertumbuhan rambut.

Anda juga bisa menyempurnakan perawatan alis dengan mengoleskan minyak kelapa atau jarak untuk menjaganya tetap lembut, mudah diatur, dan tak mudah rontok.

penyebab alis gatal

3. Makan makanan bernutrisi

Selain baik untuk kesehatan, makanan bernutrisi tinggi seperti biotin dan zinc mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Tak hanya itu, protein juga bisa membantu alis tumbuh lebih tebal.

Beberapa vitamin dan mineral lain yang membantu kesehatan serta pertumbuhan alis, yaitu vitamin E, B12, dan asam lemak omega 3.

Jika Anda merasa belakangan ini alis mengalami kerontokan, cobalah konsumsi berbagai nutrisi penting tersebut sebagai langkah perawatan alis secara alami.

4. Cabut alis setelah mandi

Cara mudah untuk merawat alis tetap rapi dan berbentuk bagus memang dengan mencabutnya. Namun, pastikan Anda mencabut alis setelah mandi. Sebab, saat mandi, terutama dengan air hangat, pori-pori tubuh akan terbuka.

Mandi air hangat juga membantu melembutkan folikel rambut alis dan membuat area kulit di sekitarnya terhindar dari kemerahan dan iritasi. Terlebih, cara ini juga dapat mengurangi rasa sakit akibat mencabut alis.

5. Tidak mengoleskan produk perawatan kulit wajah ke alis

Produk perawatan kulit wajah yang dioles ke alis ternyata bisa merusaknya secara perlahan. Cara yang dikira bisa merawat alis ini, justru menyebabkan rontok dan menghambat pertumbuhannya.

Berbagai produk seperti krim wajah, pelembap, dan tabir surya mengandung banyak sekali bahan kimia. Untuk itu, berhati-hatilah saat memakai produk perawatan kulit wajah.

Meski terkesan sepele dan sering dilupakan, menjaga kesehatan alis dengan perawatan yang tepat sebaiknya juga Anda lakukan mulai sekarang, ya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca