5 Cara Mudah Merawat Alis Agar Tetap Sehat dan Tak Mudah Rontok

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18 Maret 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tak hanya harus dibentuk dengan indah, rupanya merawat alis juga sama pentingnya dengan merawat bulu mata atau rambut. Pasalnya, alis juga bisa rontok dan mengalami kebotakan jika dibiarkan tanpa perawatan khusus. Agar alis tetap sehat dan tumbuh tebal dengan semestinya, yuk ikuti cara berikut ini.

Cara merawat alis agar tetap sehat dan tebal

Alis mata termasuk salah satu bagian wajah yang sangat penting. Bagaimana tidak, sekarang ini banyak orang bahkan tidak percaya diri keluar rumah tanpa membentuk alisnya dengan bantuan produk riasan. Penggunaan produk riasan yang terlalu sering ini perlu diimbangi dengan perawatan yang tepat agar alis tetap sehat dan tebal alami. Berikut cara merawat alis yang benar:

1. Biarkan tumbuh dengan sempurna

Banyak orang tak tahan untuk mencabut alisnya saat mulai tumbuh lebat tak beraturan. Melakukan cabut alis dengan tujuan untuk merapikannya memang tak salah.

Akan tetapi, coba usahakan untuk tidak terus-menerus mencabutinya. Setidaknya berilah jeda 2 sampai 3 bulan setelah cabut alis terakhir.

Hal ini bertujuan agar alis bisa tetap tumbuh normal dengan bentuk alaminya. Hibba Kapil, seorang ahli alis asal Amerika Serikat, menyatakan bahwa mencabut rambut alis terlalu sering akan menjadikannya terlalu tipis atau tumbuh dengan bentuk yang aneh.

2. Sisir alis dengan rutin

Jangan hanya menyisir alis ketika hendak membentuknya. Mulai sekarang, sikatlah alis Anda dengan kuas khusus untuk membantu kulit mati di bawah alis terkelupas dan meningkatkan aliran darah di sekitarnya.

Cara ini tak hanya merawat alis menjadi terlihat lebih rapi tetapi juga mendorong pergantian dan pertumbuhan rambut.

Anda juga bisa menyempurnakan perawatan alis dengan mengoleskan minyak kelapa atau jarak untuk menjaganya tetap lembut, mudah diatur, dan tak mudah rontok.

penyebab alis gatal

3. Makan makanan bernutrisi

Selain baik untuk kesehatan, makanan bernutrisi tinggi seperti biotin dan zinc mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Tak hanya itu, protein juga bisa membantu alis tumbuh lebih tebal.

Beberapa vitamin dan mineral lain yang membantu kesehatan serta pertumbuhan alis, yaitu vitamin E, B12, dan asam lemak omega 3.

Jika Anda merasa belakangan ini alis mengalami kerontokan, cobalah konsumsi berbagai nutrisi penting tersebut sebagai langkah perawatan alis secara alami.

4. Cabut alis setelah mandi

Cara mudah untuk merawat alis tetap rapi dan berbentuk bagus memang dengan mencabutnya. Namun, pastikan Anda mencabut alis setelah mandi. Sebab, saat mandi, terutama dengan air hangat, pori-pori tubuh akan terbuka.

Mandi air hangat juga membantu melembutkan folikel rambut alis dan membuat area kulit di sekitarnya terhindar dari kemerahan dan iritasi. Terlebih, cara ini juga dapat mengurangi rasa sakit akibat mencabut alis.

5. Tidak mengoleskan produk perawatan kulit wajah ke alis

Produk perawatan kulit wajah yang dioles ke alis ternyata bisa merusaknya secara perlahan. Cara yang dikira bisa merawat alis ini, justru menyebabkan rontok dan menghambat pertumbuhannya.

Berbagai produk seperti krim wajah, pelembap, dan tabir surya mengandung banyak sekali bahan kimia. Untuk itu, berhati-hatilah saat memakai produk perawatan kulit wajah.

Meski terkesan sepele dan sering dilupakan, menjaga kesehatan alis dengan perawatan yang tepat sebaiknya juga Anda lakukan mulai sekarang, ya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yang Terjadi Pada Otak Setelah Anda Kebanyakan Makan Junk Food

Junk food sering menjadi pilihan saat lapar namun tidak punya banyak waktu. Tapi awas. Makan berlebihan malah bisa bikin Anda kecanduan junk food.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21 April 2018 . Waktu baca 3 menit

5 Manfaat Jamur Maitake untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

Mungkin Anda sudah sering makan jamur kancing dan jamur tiram. Bagaimana dengan jamur maitake? Apa saja manfaat jamur maitake?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 15 April 2018 . Waktu baca 5 menit

5 Cara Mencabut Alis Sendiri Dengan Benar dan Aman

Cabut alis adalah salah satu bentuk perawatan merapikan alis yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Tapi apakah ini aman? Ketahui risikonya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Kecantikan 11 Agustus 2017 . Waktu baca 4 menit

Mana yang Lebih Baik untuk Membentuk Alis: Threading, Waxing, atau Cabut Alis?

Bentuk alis yang simetris dan rapi berawal dari cara membentuk alis yang dilakukan secara tepat. Lantas, bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Kecantikan 11 Agustus 2017 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat penambah darah

Berbagai Jenis Obat Penambah Darah yang Umum Diresepkan Dokter

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
Cendo lyteers

Cendo Lyteers

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2019 . Waktu baca 7 menit
mengatasi alis gatal

Lakukan Beberapa Cara Ini Jika Rasa Gatal di Alis Tak Kunjung Hilang

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit
penyebab alis gatal

6 Penyebab Alis Gatal yang Bisa Menjadi Gejala Penyakit Tertentu

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit