home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Memanfaatkan Minyak Kemiri untuk Menebalkan Alis, Bagaimana Caranya?

Memanfaatkan Minyak Kemiri untuk Menebalkan Alis, Bagaimana Caranya?

Sejak lama minyak kemiri dipercaya bermanfaat untuk kesehatan rambut. Dengan menggunakan minyak kemiri, Anda bisa menghitamkan dan menebalkan rambut secara alami. Nah, khasiat minyak dari salah satu jenis rempah ini ternyata juga bisa dipakai untuk perawatan mata, khususnya alis. Namun, untuk memperoleh manfaat minyak kemiri untuk alis, Anda perlu melakukan perawatan alis secara rutin. Simak caranya secara lebih lengkap dalam ulasan berikut.

Mengapa minyak kemiri bermanfaat untuk alis?

manfaat minyak kemiri untuk alis

Kemiri yang memiliki nama latin Aleurites moluccana adalah tanaman yang bijinya sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah.

Biji kemiri digunakan sebagai bumbu dan penyedap berbagai sajian makanan. Dalam satu biji kemiri mengandung minyak seberat 50-60 persen.

Itu sebabnya, biji kemiri juga sering diolah menjadi minyak nabati untuk berbagai keperluan, mulai dari bahan industri, kosmetik, obat alami, hingga perawatan kecantikan khususnya untuk rambut.

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut berasal dari kandungan lemak tak jenuh yaitu asam oleat yang tinggi. Zat aktif ini dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga dikenal juga sebagai tonik alami.

Menurut studi dari Journal of Food Science, asam oleat pada minyak kemiri memiliki sifat antioksidan.

Artinya, asam oleat dapat membantu memelihara fungsi sel serta dapat menangkal kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Salah satu studi pada tahun 2019 dari Universitas Gajah Mada menunjukkan sifat antioksidan pada minyak kemiri dapat memperlambat kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Meski begitu, penelitian ini masih dilakukan secara terbatas pada hewan di laboratorium.

Jika bisa menebalkan rambut di kepala, manfaat minyak kemiri ini tentunya berpengaruh untuk alis mata yang juga tersusun dari rambut.

Kenapa memilih cara alami untuk menebalkan alis?

menebalkan alis

Bagi sebagian orang, memiliki alis tebal dapat membuatnya terlihat lebih menawan sehingga meningkatkan kepercayaan diri.

Alis memang bisa menjadi fitur penting pada wajah seseorang, terutama dalam berkomunikasi. Dari alis, Anda bisa menunjukkan ekspresi dari perasaan kepada orang lain dengan jelas.

Namun, tidak semua orang terlahir memiliki alis yang tebal. Beberapa orang juga bisa mengalami kerontokan rambut alis akibat penyakit atau kondisi medis tertentu sehingga alisnya semakin menipis.

Banyak yang mencoba memperbaiki penampilan alis mata dengan menggunakan tato alis atau sulam alis.

Meskipun praktis, tidak semua orang menyukai hasil dari riasan permanen ini karena tampilannya yang kurang natural.

Terlebih lagi, tato alis dan sulam alis berisiko menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kulit.

Oleh karena itu, perawatan alis mata dengan bahan alami seperti dengan minyak kemiri bisa menjadi pilihan yang lebih aman.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan minyak kemiri untuk menebalkan alis?

Cara memakai minyak kemiri untuk menebalkan alis

ketombe di alis

Penggunaan minyak kemiri untuk menebalkan alis mata juga sangat praktis dan hemat di kantong. Sekarang ini tersedia banyak sekali produk minyak kemiri yang bisa Anda beli dengan harga murah.

Saat menentukan produk minyak kemiri untuk alis, sebaiknya pilih minyak yang diolah dari perasan bijinya secara langsung.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ikuti cara menebalkan alis dengan minyak kemiri berikut ini:

  1. Hindari langsung mengoleskan minyak kemiri pada alis. Cobas oleskan beberapa tetes minyak pada bagian kulit lain, misalnya bagian tangan atas, untuk mendeteksi reaksi alergi.
  2. Biarkan minyak mengering dan diamkan setidaknya satu hari. Jika tidak muncul reaksi alergi kulit apapun, seperti kemerahan atau gatal-gatal, Anda bisa mencoba tahap selanjutnya.
  3. Oleskan minyak kemiri pada mata secara rutin setiap hari. Anda bisa mengoleskannya di malam hari sebelum tidur sehingga minyak kemiri bisa meresap lebih lama selama Anda tidur.
  4. Sebelum mengoleskannya, pastikan Anda membersihkan mata dan bagian alis sehingga bersih dari kosmetik dan kotoran. Gunakan cotton bud untuk membersihkan alis agar lebih maksimal.
  5. Saat mengoleskan minyak, pijat-pijat lembut bagian alis Anda dan pastikan menggunakan minyak secukupnya.
  6. Hindari mengoleskan minyak terlalu banyak sehingga mengenai bagian mata dan kulit di sekitarnya untuk mencegah iritasi mata.
  7. Jika mengenai bagian dalam mata dan menyebabkan mata merah segera bersihkan dengan air, gunakan obat tetes mata bila perlu.
  8. Gunakan pemebersih wajah untuk menghapus minyak kemiri pada alis di pagi harinya.

Cara membuat minyak kemiri di rumah

Minyak kemiri

Anda juga bisa membuat minyak kemiri sendiri di rumah dari olahan bijinya untuk memperoleh manfaat alaminya secara langsung.

Cara membuat minyak kemiri untuk alis cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan biji kemiri secukupnya, lalu potong menjadi dua bagian agar menghasilkan minyak yang lebih banyak.
  2. Panaskan minyak kemiri di atas wajan dan sangrai sampai warnanya berubah kecoklatan.
  3. Gunakan api kecil selama memanaskan untuk memperoleh kematangan kemiri yang maksimal sehingga kemiri mengeluarkan lebih banyak minyak.

Sama halnya dengan menggunakan produk minyak kemiri, Anda juga perlu mengoleskan minyak kemiri buatan sendiri pada bagian kulit yang lain untuk memastikan reaksi alergi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Shoviantari, F., Liziarmezilia, Z., Bahing, A., & Agustina, L. (2019). Uji Aktivitas Tonik Rambut Nanoemulsi Minyak Kemiri (Aleurites moluccana L.). JURNAL FARMASI DAN ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, 6(2), 69. doi: 10.20473/jfiki.v6i22019.69-73

Ubeda, L. C. C., Araújo, A. C., Barbalho, S. M., dos Santos Bueno, P. C., Guiguer, É. L., de Sousa, M. D. S. S., … & Prando, M. (2017). Effects of the Seeds of Aleurites moluccana on the Metabolic Profile of Wistar Rats. The Pharma Innovation, 6(1, Part B), 98. https://www.thepharmajournal.com/archives/2017/vol6issue1/PartB/6-1-16-731.pdf

Siddique, B., Ahmad, A., Alkarkhi, A., Ibrahim, M., & Omar A.K, M. (2011). Chemical Composition and Antioxidant Properties of Candlenut Oil Extracted by Supercritical CO2. Journal Of Food Science, 76(4), C535-C542. https://doi.org/10.1111/j.1750-3841.2011.02146.x

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fidhia Kemala
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x