Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melakukan Fish Spa

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/09/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Fish spa adalah jenis perawatan yang biasa dilakukan untuk kaki, di mana Anda akan diminta untuk meletakkan kaki di akuarium yang penuh berisi ikan. Jenis ikan yang biasa dipakai adalah Garra rufa, spesies ikan tidak bergigi yang biasa ditemukan di wilayah Timur Tengah. Tujuan digunakannya ikan dalam metode fish spa adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Garra rufa akan memakan sel-sel kulit mati dan sebagai hasilnya, kaki Anda akan terasa halus dan lembut.

Tren fish spa dimulai di Timur Tengah, di mana ikan Garra rufa ditemukan di sungai-sungai wilayah Turki, Syria, Irak, dan Iran. Perawatan ini dengan cepat menyebar ke Asia, Inggris, dan Amerika. Tetapi, saat ini fish spa sudah dilarang di beberapa wilayah di Amerika Serikat karena alasan kesehatan dan keamanan.

Manfaat fish spa

Ikan untuk fish spa yaitu Garra rufa, biasa digunakan dalam ichthyotherapy, terapi untuk mengatasi masalah kulit terutama penyakit psoriasis, suatu kondisi permanen yang menyebabkan bagian kulit menebal, merah, dan bersisik. Sebuah penelitian dilakukan pada 67 orang penderita psoriasis, berupterapi berendam di kolam yang berisi sekitar 250-400 ikan Garra rufa. Air dalam bak senantiasa diperiksa kebersihannya, selalu disaring dan disterilisasi serta diganti 3-4 kali dalam sehari. Ikan yang digunakan juga rutin diberi pakan khusus ikan setiap sesi terapi berakhir. Masing-masing pasien diminta untuk berendam dalam durasi waktu tertentu selama tiga minggu, dan tidak ada pasien yang berbagi bak berendam yang sama.

Hasil penelitian ini menyatakan adanya kepuasan dari 67 orang yang mengikuti ichthyotherapy. Setelah 3 minggu, tampak perubahan signifikan pada kulit mereka. Namun ichthyotherapy ini dijalankan bersamaan dengan pemberian radiasi sinar UVA, sehingga tidak diketahui apakah dengan terapi ikan Garra rufa saja dapat memberikan hasil yang sama.

Selain itu fish spa diklaim dapat menstimulasi peredaran darah dan memperlancar sirkulasi darah, menghilangkan bakteri yang terdapat di kaki, dan mengurangi bau kaki. Fish spa juga disebut dapat bekerja pada titik-titik akupuntur yang terdapat di kaki sehingga dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf, merelaksasi tubuh, serta mengurangi kelelahan.

Sisi negatif fish spa

Namun, perawatan fish spa ini bukan tanpa efek negatif. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, fish spa dilarang oleh beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), beberapa negara bagian di Amerika Serikat melarang penggunaan perawatan fish spa karena:

  • Akuariumnya tidak dapat dibersihkan secara menyeluruh sebelum digunakan oleh pengguna berikutnya, sehingga memungkinkan terjadinya penularan penyakit tertentu dari satu pengguna ke pengguna selanjutnya.
  • Ikan yang digunakan untuk fish spa juga tidak bisa selalu diganti atau disterilkan, sehingga ikan yang sama akan digunakan terus menerus untuk konsumen yang berbeda.
  • Jenis ikan yang disebut Chinchin terkadang sering salah dianggap ikan untuk fish spa karena bentuknya yang mirip, padahal tidak seperti Garra rufa, Chinchin memiliki gigi sehingga dapat mengakibatkan perdarahan. Adanya darah dalam akuarium dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit infeksi.
  • Ikan Garra rufa yang digunakan untuk fish spa bisa jadi sengaja dibuat kelaparan terlebih dahulu agar memakan sel kulit mati. Hal ini termasuk kejahatan terhadap hewan.

Pada tahun 2000 ditemukan bahwa lebih dari 100 pelanggan salon di bagian utara California yang suka melakukan pedicure dan foot bath mengalami masalah kulit yang meninggalkan bekas luka setelahnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh California Department of Health Service dan CDC menemukan bahwa hal ini terjadi karena kebersihan air yang digunakan untuk foot bath di salon tersebut kurang baik.

Bagaimana agar tetap aman saat melakukan fish spa?

Jika Anda penasaran ingin mencoba fish spa, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Sebaiknya hindari fish spa jika Anda baru saja mencukur bulu kaki, karena jika ada luka kecil sekali pun, ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi.
  • Jika Anda menderita diabetes, memiliki sistem imun yang lemah, memiliki penyakit yang menular melalui cairan tubuh (seperti HIV dan hepatitis), atau jika Anda menderita infeksi pada kaki seperti penyakit athlete’s foot, psoriasis, eksim, dan dermatitis, maka sebaiknya Anda menghindari fish spa di tempat publik.
  • Pastikan tempat yang akan Anda kunjungi terjaga kebersihannya dan air di akuarium fish spa selalu diganti secara berkala.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

    Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

    Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

    Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    manfaat bersepeda

    Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
    kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

    Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
    anak disunat

    Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
    gejala penyakit yang diacuhkan

    8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit