Apa Itu Concealer dan Apakah Kita Membutuhkannya?

Oleh

Apakah Anda memiliki kulit berjerawat atau noda hitam pada wajah? Atau Anda memiliki kantung mata yang mengganggu penampilan? Bagi perempuan, semua hal yang baru saja disebutkan dapat mengganggu penampilan, namun bukan berarti tidak bisa dimanipulasi. Makeup menjadi solusi bagi Anda yang ingin tampil segar.

Jerawat, kemerahan, dan noda hitam pada wajah serta mata panda dapat ditutupi dengan foundation atau BB cream. Jika masih terlihat, Anda bisa menggunakan concealer.  Ya, concealer bisa menjadi penyelamat di saat-saat kondisi wajah tidak prima. Memakainya pada wajah dapat menutupi jerawat, kemerahan, noda hitam, dan kantung mata dengan baik, dibandingkan hanya dengan alas bedak saja. Lalu, apa saja yang perlu Anda tahu tentang concealer?

Apa itu concealer?

Concealer adalah salah satu produk kecantikan yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah, sehingga membuat kulit seseorang terlihat lebih mulus. Concealer dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit; kulit kering, berminyak atau kombinasi, termasuk kulit berjerawat. Yang perlu diingat, Anda perlu mengetahui jenis kulit Anda, sehingga dapat memilih bahan-bahan yang terkandung di dalam concealer dengan benar.

Contohnya, untuk kulit berjerawat, Anda bisa menggunakan concealer yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. Benzoyl peroxide dipercaya dapat mengurangi jumlah jerawat yang disebabkan oleh bakteri serta yang disebabkan oleh kulit kering dan mengelupas. Selain itu, produk yang berbahan salicylic acid dapat digunakan pada kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan ini dipercaya dapat meringankan peradangan dan kemerahan.

Apa saja macam-macam concealer?

Sama seperti lipstik, concealer juga memiliki bermacam-macam bentuk, ada yang stick, krim, maupun cair. Lalu apa saja yang perlu diketahui:

1. Concealer berbentuk stick

Biasanya concealer  jenis ini diaplikasikan di bawah mata, caranya sama seperti ketika mengaplikasikan lipstik pada bibir. Anda bisa memakainya setelah atau sebelum menggunakan alas bedak. l.

Tips: hindari menggunakannya pada area mata dengan cara menarik atau menggores-goreskannya, hal ini dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kendur. Jika di bawah area mata Anda kering dan berkeriput, Anda dapat memberikan pelembap yang ringan terlebih dahulu. Pastikan pelembap tidak terlalu berminyak, sehingga tidak terlihat berat di wajah. Jika Anda merasa mengoleskan pelembap terlalu banyak, Anda bisa menepuk-nepuknya dengan tisu.

Kelebihan: concealer jenis ini dapat menutupi kekurangan dengan hampir sempurna.

Kekurangan: biasanya jenis ini lebih berminyak, jadi tidak perlu mengoleskannya tebal-tebal. Anda perlu memikirkannya kembali jika kulit Anda termasuk kulit berminyak.

2. Liquid concealer

Biasanya concealer ini memiliki wadah seperti tabung serta memiliki ‘tongkat’ aplikator untuk mengaplikasikannya.

Tips: Anda bisa mengoleskannya dengan jari atau dengan aplikator, dan bubuhkan berupa titik-titik kecil pada area di kulit yang ingin Anda tutupi.

Kelebihan: concealer ini biasanya lebih ringan dan tidak terlalu berminyak, sehingga Anda bisa menambahkan lapisannya lagi.

Kekurangan: karena berbentuk cair, concealer ini memiliki tekstur yang sulit untuk diatur sebab mudah ‘lari’ ke mana-mana.

3. Concealer berbentuk krim

Biasanya concealer tipe ini dituangkan pada sebuah wadah kecil, seperti wadah eyeshadow, teksturnya pun lembut dan creamy.

Tips: concealer jenis ini sangat mudah diaplikasikan pada wajah baik dengan menggunakan jari, kuas, atau spons.

Kelebihan: concealer ini cocok digunakan untuk kulit kering. Teksturnya creamy dan melembapkan, namun ada kalanya menjadi tebal dan berat. Kelebihan lainnya adalah mudah dibaurkan pada wajah.

Kekurangannya: terkadang konsistensinya menjadi terlalu tebal dan berminyak. Hal tersebut dapat memperlihatkan garis muka Anda.

Selain itu, Anda juga akan menemukan concealer  yang berjenis matte-finish liquid concealer, matte-finish cream-to-powder, dan ultra-matte liquid concealer. Kelebihan dari matte-finish liquid concealer adalah tidak membuat garis muka terlihat, dan menutupi jerawat dengan baik. Selain itu, bisa juga digunakan untuk alas eyeshadow Anda (diaplikasikan sebelum menggunakan eyeshadow), sedangkan kekurangannya adalah mudah kering dan terlihat tebal. Untuk kulit berjerawat dan kulit kering, Anda juga perlu menghindari matte-finish cream-to-powder, sebab hasil akhirnya dapat membuat kulit kering dan garis-garis wajah terlihat jelas.

Bagaimana cara memakai concealer?

Anda tidak perlu menggunakan concealer jika tidak memiliki noda hitam atau area di wajah yang ingin Anda “sembunyikan”. Anda juga tidak perlu menggunakannya, jika alas bedak yang Anda gunakan cukup menutupi kekurangan yang ada. Yang perlu Anda lakukan adalah oleskan tipis-tipis concealer, sekitar satu sampai dua lapis, lalu ratakan dengan jari atau spons sehingga menyatu dengan alas bedak Anda. Pastikan tangan atau spons yang Anda gunakan bersih.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca