Apa Manfaat BB Cream dan Apa Bedanya Dengan Pelembab Biasa?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 April 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

BB cream adalah jenis make up yang sedang digemari oleh seluruh wanita hampir di seluruh belahan dunia. Faktanya, sejak kemunculan BB cream pertama kali di tahun 2011, jenis make up ini semakin terkenal dan digunakan oleh banyak wanita.

Pada awalnya, fenomena BB cream ini muncul dari negeri ginseng, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Hampir mirip dengan pendahulunya, yaitu alas bedak (foundation), BB Cream hadir untuk membuat kulit wajah Anda lebih rata. Bahkan tidak hanya itu, banyak manfaat BB cream yang bisa Anda dapatkan. Sebenarnya, apa sih BB cream itu? Apa saja kandungan dan manfaat BB cream?

Manfaat BB cream, si krim yang multifungsi

Beauty balm cream atau BB cream adalah sebuah produk kecantikan yang berbentuk krim yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah dan menyempurnakan warna kulit wajah yang tidak merata. Walaupun hampir sama kegunaannya dengan alas bedak atau foundation, tapi BB cream hadir dalam bentuk yang lebih ringan dan praktis, sehingga memang krim ini tidak akan terasa berat saat dipakai.

Tidak hanya itu, jika menggunakan BB cream Anda tidak perlu lagi menggunakan primer base, pelembap, dan tabir surya khusus wajah  sebelumnya, maka tidak heran BB cream dianggap produk yang cukup lengkap dan efisien.

Lalu apalagi yang bisa dilakukan oleh BB cream ini? Banyak manfaat BB cream yang membuat sebagian besar wanita – mungkin termasuk juga Anda – yang lebih memilih BB cream sebagai pelengkap make up-nya sehari-hari. berikut adalah manfaat BB cream yang bisa Anda dapatkan:

  • Melindungi kulit wajah dari sinar matahari, karena sebagian besar produk BB cream sudah mengandung sun protection factor (SPF). Meskipun kadar SPF masing-masing merek akan berbeda, namun biasanya SPF yang ada di dalam BB cream berkisar antara SPF 15-30.
  • Dapat memperlambat penuaan. BB cream juga mengandung berbagai zat yang mampu membuat Anda awet muda, seperti antioksidan, peptides, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C.
  • Meratakan warna kulit. Biasanya BB cream hadir dalam beberapa pilihan warna kulit dan hal ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan warna kulit Anda yang dominan.
  • Menyamarkan sedikit noda hitam dan kemerahan di wajah. BB cream mampu menutupi noda bekas jerawat yang membuat penampilan Anda tidak sempurna.
  • Melembapkan dan melembutkan kulit, sebab BB cream mengandung berbagai zat yang dapat membuat kulit Anda tetap lembap dan lembut, seperti dimethicone – yang juga terdapat di primer make up.

Untuk sehari-hari, perlu pakai BB cream atau foundation?

Sebenarnya, hal ini tergantung dengan selera Anda. Tetapi, foundation memang lebih cocok digunakan bila Anda ingin menggunakan make up yang lengkap dan flawless, sementara BB cream bisa jadi pilihan jika Anda ingin terlihat lebih alami dan natural. Untuk menutupi noda dan ketidaksempurnaan wajah, foundation masih lebih unggul dibandingkan dengan BB cream. Namun, apabila Anda memiliki waktu yang sedikit untuk bersiap pergi ke kantor, maka BB cream adalah pilihan yang tepat untuk tampil praktis dan wajah tetap terlihat menarik.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Bikin Kulit Lebih Mulus?

Masker wajah dinilai menjanjikan untuk membuat kulit terasa lebih halus dan bersih. Namun, apa manfaatnya akan sama jika pakai masker wajah setiap hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit