Kuis: Seberapa Banyak Anda Tahu Tentang Fitness dan Kebugaran Tubuh?

Oleh

Banyak orang merasa tahu bagaimana cara menyehatkan badan dan membakar lemak, sehingga tersebar banyak informasi yang tidak benar. Cobalah kuis ini dan lihat apakah Anda tahu fakta-fakta seputar olahraga, gizi, dan mengoptimalkan kesehatan Anda.

Bagaimana nilai Anda? Beri tahu kami pada bagian komentar di bawah.

  1. Otot lebih berat dibanding lemak = Benar | Salah
  2. Untuk menjadi fit secara fisik memerlukan perubahan gaya hidup yang besar = Benar | Salah
  3. Banyak berkeringat saat berolahraga berarti banyak lemak yang dibakar oleh tubuh = Benar | Salah
  4. “Kuning telur menyebabkan kolesterol tinggi” hanya mitos = Benar | Salah
  5. Tingkat kebugaran yang ideal dapat diraih melalui setidaknya berapa kali olahraga per minggu?
  6. Crunch dan sit up adalah cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut = Benar | Salah
  7. Strength training, seperti angkat beban akan menyebabkan badan terlihat berotot = Benar | Salah
  8. Olahraga memiliki peran yang signifikan dalam menurunkan berat badan = Benar | Salah
  9. Olahraga menjaga berat badan ideal = Benar | Salah
  10. Aktivitas kecil hingga sedang seperti berjalan (yang hanya membutuhkan 60% dari kapasitas maksimal) berakibat pada menurunnya asupan makanan = Benar | Salah

Jawaban

  1. Salah. Satu kilo tetap satu kilo meskipun itu berbentuk lemak atau otot. Saat Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, faktanya memang otot lebih padat dari lemak dan mengisi ruang yang lebih kecil di dalam tubuh. Para ilmuwan memperkirakan bahwa 0,5 kg otot mengisi 22% lebih sedikit ruang dari 0,5 kg lemak. Inilah mengapa saat berat badan seseorang turun secara tidak benar, mereka tidak terlihat berubah atau menjadi lebih kencang karena mereka kehilangan massa otot. Banyak dari klien saya menjaga berat badan mereka namun kehilangan banyak lemak, berat badannya tidak berubah pada timbangan namun ukuran celana atau gaunnya mengecil.
  2. Salah. Kebugaran dapat diraih melalui perubahan kecil pada apa yang Anda makan dan tingkat aktivitas Anda. Orang-orang cenderung berlebihan dalam memulai dan akhirnya kewalahan mengikutinya. Mulailah perlahan, lalu tingkatkan aktivitas, dan diiringi dengan perubahan pola makan. Jangan mencoba untuk melakukan sesuatu yang berlebihan dan tiba-tiba. Konsisten dan sabar dalam memberikan tubuh Anda waktu untuk berubah dan berkembang.
  3. Salah. Banyaknya Anda berkeringat adalah indikasi dari kemampuan tubuh untuk menjaga temperatur normal tubuh. Anda berkeringat saat tubuh mulai menyimpan panas jadi Anda dapat mendinginkan melalui penguapan keringat itu. Jadi tidak ada hubungannya dengan banyaknya energi atau kalori yang dibakar.
  4. Benar. Di samping semua keburukannya, kuning telur yang berkualitas baik sangat menyehatkan. Putih telur mengandung hanya sedikit gizi bila dibandingkan dengan kuning telur, nutrisi pada kuning telur tersimpan di dalam komponen yang disebut lesitin. Lesitin mengemulsi kandungan lemak dan kolesterol pada telur dan membuat telur utuh menjadi sumber makanan yang sangat sehat dan seimbang. Telur ayam kampung dapat dinikmati dalam jumlah yang lebih besar. Dr. Bernard Jensen, penulis Food That Heal menjelaskan kuning telur sebagai “memiliki nutrisi yang tepat untuk otak, syaraf, dan kelenjar”.
  5. Tidak ada angka tepat. Pengalaman selama 21 tahun, saya telah melihat hasil terbaik dari perbaikan gizi. Namun demikian, minimal 4 kali sesi olahraga per minggu juga telah dibuktikan menghasilkan perbaikan kebugaran dan bentuk tubuh terbaik. Meskipun begitu, frekuensi, durasi, intensitas, dan jenis olahraga yang Anda harus lakukan seharusnya ditentukan dengan tujuan Anda. Tujuan Anda, tingkat kebugaran Anda sekarang, usia, kesehatan, kemampuan, ketertarikan, serta kenyamanan adalah faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan. Namun tetap saja, Anda dapat mencapai tujuan kebugaran Anda hanya dengan berolahraga sebanyak 3 kali seminggu.
  6. Salah. Oot perut ditentukan oleh apa yang Anda makan. Tidak perlu melakukan banyak crunch dan sit up dalam usaha untuk menghilangkan lemak perut. Ini yang dapat berpengaruh: diet yang baik, rutinitas olahraga seluruh tubuh yang membangun otot, tidur yang cukup, dan membatasi alkohol dan gula.
  7. Salah. Ini adalah mitos yang menjauhkan banyak wanita dari strength training, walaupun ternyata hal yang menentukan kepadatan otot seseorang adalah persentase lemak dan faktor genetik.
  8. Salah. Olahraga memiliki efek yang tidak terlalu signifikan dalam pengurangan berat badan. Program diet memiliki efek yang lebih besar.
  9. Benar. Olahraga penting dalam manajemen berat badan jangka panjang.
  10. Benar. Penelitian telah membuktikan bahwa peningkatan aktivitas pada intensitas rendah ke sedang (50%-60% maksimal HR) menormalkan nafsu makan, mengurangi asupan makan, dan mengurangi berat badan.

Yang juga perlu Anda baca