Manfaat Olahraga Barre Ini Bisa Bikin Anda Rajin Latihan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/03/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda mendengar apa itu olahraga barre? Nah, jika Anda sedang mencari olahraga baru yang menyenangkan, Anda bisa mencoba olahraga barre ini. Apalagi jika Anda ingin membentuk tubuh Anda agar terlihat lebih kencang. Olahraga ini juga asyik dilakukan bersama teman-teman, lho! Belum yakin betul apa itu olahraga barre? Simak ulasannya di bawah ini sebelum memulainya.

Apa itu olahraga barre?

Olahraga barre adalah olahraga yang pergerakannya ini terinspirasi dari gerakan balet, dan digabungkan dengan kombinasi gerakan pilates dan yoga.

Olahraga barre ini fokus pada peningkatan kekuatan otot inti, mengembangkan kestabilan bahu dan pinggul, serta meningkatkan kelenturan.

Olahraga ini cocok dipadukan dengan olahraga lain seperti lari atau bersepeda. Sebab, olahraga barre sendiri bukan jenis olahraga untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru secara keseluruhan. Melakukan olahraga barre secara rutin 2-3 kali seminggu dapat membantu Anda membentuk postur dan otot inti yang lebih baik.

Apa saja manfaat olahraga barre?

Karena olahraga ini mengutamakan kekuatan otot inti, kestabilan posisi bahu dan pinggul, serta meningkatkan kelenturan, olahraga ini bermanfaat lebih ke arah pembentukan tubuh.

Olahraga ini tepatnya bermanfaat untuk membentuk dan mengencangkan beberapa bagian tubuh wanita, yakni pinggul, bokong, dan paha. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh, yang lantas dapat meningkatkan kepercayaan diri wanita.

Kelenturan tubuh juga akan meningkat ketika melakukan olahraga ini. Dengan kelenturan yang meningkat, tentunya ruang gerak Anda saat beraktivitas dan melakukan olahraga jenis lainnya akan lebih mudah, dan lebih kecil risikonya mengalami cedera otot.

Dengan otot inti yang lebih kuat selama melakukan olahraga barre, ini juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

Siapa saja yang cocok melakukan olahraga barre?

Pada dasarnya, olahraga low-impact ini cocok untuk segala umur. Apalagi untuk:

  • Orang yang ingin memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot inti, meningkatkan kelenturan, dan mengencangkan otot-otot di area pinggul dan paha.
  • Orang yang melakukan pemulihan setelah mengalami cedera, contohnya cedera pada punggung. Barre akan membantu membangun otot inti di sekitar punggung Anda lebih kuat.
  • Ibu hamil. Tentunya dengan gerakan-gerakan aman yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Bicarakan dulu dengan instruktur Anda kalau Anda sedang hamil.
  • Ibu yang habis melahirkan.
  • Orang yang mengalami artritis atau permasalahan sendi lainnya.

Olahraga barre bukan dirancang sebagai jenis olahraga kardio. Olahraga kardio adalah olahraga yang meningkatkan kerja jantung sehingga berdetak lebih kencang. Dengan olahraga kardio, ini akan efektif membakar kalori dalam tubuh lebih banyak. Berat badan pun akan turun lebih cepat.

Nah, bagi Anda yang memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan atau menurunkan komposisi lemak tubuh yang signifikan, olahraga barre saja bukanlah pilihan yang tepat. Sebab, tidak begitu banyak pembakaran yang akan terjadi dibandingkan melakukan olahraga kardio.

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan olahraga barre

Tidak seperti olahraga lainnya yang menimbulkan pergerakan yang lincah, olahraga ini pergerakannya lebih tenang. Pelatih olahraga barre Anda akan memberikan instruksi untuk melakukan perpindahan gerakan yang kecil, hanya beberapa inci dari tiap gerakan ke gerakan berikutnya.

Gerakan kecil ini membuat tubuh Anda secara langsung menggunakan otot di area yang ingin dikencangkan. Hal ini disampaikan oleh Hollis Morris, pelatih senam di Pure Barre New York dalam laman Everyday Health.

Pertama kali Anda mengikuti kelas olahraga barre, jangan heran jika kaki Anda juga akan bergetar tak terkendali. Ini adalah tanda tubuh Anda beradaptasi.

Kaki yang bergetar ini menandakan bahwa Anda telah benar menggunakan otot yang diinstruksikan oleh pelatih dalam tiap gerakannya. Ini pasti terasa berat saat pertama, tapi selanjutnya jika sudah melakukan gerakan-gerakan olahraga barre lebih dari tiga kali Anda sudah terbiasa, papar Morris.

Untuk melihat gerakan Anda terlihat sudah benar atau belum saat melakukan olahraga barre, dalam ruang latihan, sebaiknya gunakan pakaian yang tepat. Gunakan celana legging dan tank top atau baju olahraga yang pas di badan tapi tetap nyaman. Setiap perpindahan gerakan Anda akan terlihat jelas dan bisa diperbaiki langsung jika ada yang salah sehingga latihan Anda lebih tepat dan efektif.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pijat Prostat, Benarkah Bisa Atasi Masalah Prostat dan Seksual?

Dewasa ini, pijat prostat mulai banyak dicari. Banyak yang yakin pijat ini bisa jadi solusi berbagai keluhan di area prostat. Apa memang benar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nafsu Seks Siapa yang Lebih Besar? Pria atau Wanita?

Semua orang punya nafsu seks yang berbeda. Namun apakah benar nafsu seks pria lebih besar dari wanita? Simak apa kata hasil penelitian.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Tahukah Anda bahwa lemak paha adalah lemak yang sulit dihilangkan dibandingkan dengan lemak yang ada di bagian tubuh lain? Lalu apa penyebabnya?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
kesehatan kandung kemih

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit