Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

American Academy of Dermatology menyebutkan keramas dengan sampo dapat membantu mempertahankan kondisi rambut yang bersih, halus, dan berkilau. Namun, manfaat ini akan Anda dapatkan jika cara keramas Anda benar dan sesuai jenis samponya dengan kondisi rambut. Di sisi lain, Anda akan menemukan berbagai jenis sampo di pasaran yang mungkin membuat bingung. Ketimbang salah menjatuhkan pilihan, akhirnya Anda memutuskan pakai sampo bayi meski usia sudah dewasa. Namun, bolehkah orang dewasa pakai sampo bayi? Yuk, cari tahu kebenarannya berikut ini.

Bedanya sampo bayi dan sampo dewasa

Bayi memiliki kulit yang lebih sensitif dibanding orang dewasa. Maka itu, produk-produk perawatan tubuh, seperti sampo, diformulasikan seaman mungkin untuk kulitnya.

Secara umum, kandungan senyawa kimia dalam sampo bayi ditakar seminimal mungkin ketimbang sampo milik orang dewasa. Nah, salah satu bahan kimia yang menjadi sorotan adalah agen pembersih bernama surfaktan amfoter.

Kadar kandungan surfaktan amfoter pada sampo bayi diketahui lebih rendah sehingga efeknya tidak terlalu keras pada kulit kepala bayi. Agen pembersih ini tetap ampuh untuk membersihkan rambut dan kulit kepala tanpa membuatnya kering.

Bolehkah orang dewasa pakai sampo bayi?

Pakai sampo bayi sebenarnya tidak masalah bagi orang dewasa, jika kondisi kulit kepala dan rambutnya normal. Keuntungan lain dari sampo bayi ini adalah sedikit menimbulkan busa sehingga tidak membuat mata perih.

Orang yang memiliki rambut kering tanpa masalah kulit kepala biasanya juga cocok memakai sampo bayi. Pasalnya, rambut kering sering kali disebabkan oleh paparan bahan kimia pada rambut yang berlebihan. Dengan menggunakan sampo bayi yang lebih lembut, rambut tidak akan semakin rusak.

Tidak semua orang dewasa cocok pakai sampo bayi

memilih sampo

Walaupun aman, tidak semua orang dewasa cocok menggunakan sampo yang diformulasikan untuk anak-anak. Terutama pada orang dewasa yang memiliki masalah kulit kepala.

Orang yang kulit kepalanya berminyak, kering, dan/atau berketombe tidak akan efektif jika dibersihkan dengan sampo bayi. Pasalnya, surfaktan amfoter pada bayi kurang bekerja optimal untuk menghilangkan minyak atau penumpukan kotoran di kulit kepala.

Mereka lebih cocok menggunakan sampo yang mengandung natrium lauryl sulfate, yakni agen pembersih yang sifatnya lebih kuat dan bahan lain yang bisa meredakan ketombe.

Selain itu, orang yang cenderung berkeringat dan melakukan aktivitas di luar rumah juga cocoknya menggunakan sampo dengan agen pembersih yang lebih kuat. Jika tidak, rambut berketombe akan rentan terjadi.

Cara efektif pakai sampo bayi untuk keramas hari-hari

Sebenarnya, orang dewasa yang memiliki kulit kepala berminyak atau mudah kotor tetap bisa menggunakan sampo bayi dengan mengakalinya. Anda mungkin perlu keramas lebih dari sekali untuk mendapatkan hasil yang ideal.

Sebelum dibilas, pastikan sampo menyentuh kulit kepala dan didiamkan beberapa menit. Sayangnya, cara ini bisa membuat sampo cepat habis.

Meskipun kandungan natrium lauryl sulfate cukup efektif membersihkan rambut orang dewasa, zat ini bisa menimbulkan banyak busa dan membuat mata perih. Jadi, hati-hati dalam menggunakan sampo dan bilas hingga bersih.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Selain lebih murah, waxing di rumah dengan bahan alami ternyata lebih aman karena memiliki kemungkinan infeksi lebih kecil daripada waxing di salon.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Hirsutisme

Hirsutisme adalah kondisi penyebab wanita berkumis dan berbulu lebat di badannya. Cari tahu penyebab dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 13 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Inilah Ragam Penyebab Rambut Rontok yang Tak Anda Duga

Sudah merawat rambut baik-baik, tapi kok rambut masih saja rontok? Simak penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 10 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perawatan rambut pria

6 Tips Perawatan Rambut Pria Agar Tetap Sehat dan Kuat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan mencegah uban

Tak Ingin Rambut Cepat Beruban? Yuk, Konsumsi 3 Makanan Super Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak kemiri

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kulit dan Rambut

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
hypertrichosis, hipertrikosi, werewolf syndrom

Hipertrikosis, Kelainan Langka yang Membuat Sekujur Tubuh Ditumbuhi Bulu Lebat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit