home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Cara Terbaik Hilangkan Bulu di Wajah

5 Cara Terbaik Hilangkan Bulu di Wajah

Kebanyakan orang memiliki bulu-bulu halus yang kerap tumbuh di area yang kurang sedap dipandang mata, seperti di dagu, tepi pipi, atau bahkan di atas bibir seperti layaknya kumis. Setidaknya ada lima cara untuk Anda dapat menyingkirkan rambut halus di wajah tanpa perlu repot pergi ke salon.

1. Waxing

Waxing adalah pilihan yang efektif untuk menyingkirkan bulu-bulu halus di wajah. Produk waxing tersedia di pasaran dalam berbagai bentuk dan variasi harga. Dan, Anda bisa dapatkan tampilan kulit wajah dan tubuh mulus tanpa perlu merogoh kocek cukup dalam. Hasil waxing dapat bertahan hingga 4 – 8 minggu. Cukup pastikan untuk selalu rutin merawat kulit Anda, bahkan setelah melakukan waxing. Jangan menggunakan produk perawatan muka dan tubuh yang mengandung senyawa kimia kasar atau produk-produk exfoliant untuk sementara waktu setelah melakukan waxing. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan tabir surya, karena waxing akan mengangkat lapisan pelindung pertama kulit.

Tidak masalah apakah Anda melakukan waxing dengan bantuan ahli di salon kecantikan atau di rumah sendiri, yang penting pastikan Anda memilih produk wax yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Untuk area yang lebih sensitif, penting untuk selalu gunakan produk dengan bahan-bahan alami yang diaplikasikan langsung di permukaan kulit sesuai suhu tubuh. Lakukan hal ini, dan rasa sakit yang Anda rasakan akan jauh berkurang.

2. Threading

Prosedur threading mirip dengan waxing. Prinsipnya, kedua prosedur ini akan mencabut bulu-bulu halus untuk efek yang lebih tahan lama dibanding dengan hanya mencukur. Seorang tenaga kecantikan terlatih dapat membersihkan semua bulu-bulu halus, termasuk anak rambut yang membandel. Walaupun mirip, threading tidak akan sesakit waxing karena threading tidak akan mengangkat lapisan teratas kulit. Jika Anda kapok melakukan waxing, Anda mungkin bisa mempertimbangkan threading untuk sesi selanjutnya. Hasil threading akan bertahan hingga 4-8 minggu.

3. Cabut bulu

Di salon-salon kecantikan dan spa, jasa cabut bulu biasanya hanya digunakan saat touch-up. Jika masih ada bulu-bulu halus sisa waxing yang tidak terangkat, asisten salon akan mencabut bulu-bula halus tersebut secara manual daripada mengulangi tahapan waxing. Cabut bulu bisa dilakukan sendiri di rumah. Hasil cabut bulu akan bertahan lama seperti waxing, karena proses cabut bulu akan mengangkat rambut sampai ke akarnya.

4. Terapi laser

Terapi laser untuk menghilangkan rambut halus di wajah sedang populer saat ini. Area wajah yang menjadi langganan target laser adalah area di antara bibir atas dan hidung (kumis), jambang, dan dagu, akibat naik turunnya hormon tubuh. Manfaatnya? Tiap kali Anda melakukan sesi terapi laser selama 30 menit, tidak hanya rambut akan bertumbuh semakin halus dan tipis, namun akan memperlambat laju pertumbuhannya pula. Anda akan diharuskan kembali setiap 4-10 minggu sekali untuk melakukan touch-up, tergantung dari lokasi bulu-bulu halus dan sudah berapa kali melakukan terapi.

Terapi laser tidak direkomendasikan untuk menangani anak rambut yang tumbuh di sekitar garis rambut. Pada kebanyakan orang, terapi laser di dahi tidak memungkinkan untuk dilakukan karena anak rambut mereka terlalu tipis untuk dapat bereaksi terhadap laser. Risiko lainnya adalah kebutaan. Saat melakukan terapi laser, Anda akan diminta untuk memakai kacamata khusus anti radiasi.

5. Bercukur

Mencukur wajah adalah hal yang sangat lumrah dilakukan. Namun ingat, silet pisau cukur tidak akan mencabut rambut sampai ke akarnya. Saat bercukur, Anda akan hanya meratakan permukaan kulit. Bercukur juga akan mengelupas kulit, yang dapat membuat iritasi apabila Anda terlalu sering bercukur.

Bercukur hanya akan efektif untuk tampilan instan saat Anda terburu-buru, tetapi bukan langkah yang ideal untuk menyingkirkan rambut halus.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 08/01/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team