Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Ingin Menghilangkan Bulu Dengan Laser? Kenali Dulu Manfaat dan Risikonya

    Ingin Menghilangkan Bulu Dengan Laser? Kenali Dulu Manfaat dan Risikonya

    Kini sudah banyak pilihan metode menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh yang mengklaim proses cepat dan tanpa rasa sakit. Salah satunya adalah laser hair removal. Perawatan satu ini telah banyak tersedia di klinik kulit dan kecantikan, salon, ataupun spa. Cari tau manfaat dan risiko perawatan laser untuk menghilangkan bulu di bawah ini.

    Apa itu perawatan laser hair removal?

    Laser hair removal adalah metode perawatan menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh. Laser hair removal bisa dilakukan untuk bagian tubuh manapun, tapi tidak efektif jika digunakan pada bulu yang berwarna terang atau pirang.

    Biasanya bagian tubuh yang paling sering diminta untuk dihilangkan bulunya meliputi punggung, dada, perut, dan kaki.

    Perawatan ini menggunakan pancaran sinar yang kuat untuk menghancurkan akar bulu, tapi tidak mematikan folikel-folikel rambut pada kulit.

    Dengan begitu pertumbuhan rambut akan berhenti dan rambut pun rontok secara alami. Laser hair removal tidak bersifat permanen. Jadi, rambut Anda dapat tumbuh lagi setelah perawatan.

    Meski biasanya pertumbuhan rambut baru akan lebih halus dan dengan warna yang lebih pudar.

    Bagaimana proses menghilangkan bulu dengan metode laser?

    Sebelum melakukan perawatan, area kulit yang perlu dihilangkan bulunya akan dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian dioleskan gel mati rasa. Gel tersebut akan bekerja selama 30-60 menit, sehingga Anda tidak akan merasakan sakit selama prosedur dilakukan.

    Sesi perawatan laser akan berlangsung di dalam ruangan khusus. Anda dan perawat diharuskan untuk memakai kacamata pelindung agar pancaran sinar laser tidak merusak mata. Setelah itu, area kulit yang akan dihilangkan bulunya disinari laser.

    Anda mungkin akan merasakan sensasi kesemutan, hangat, atau seperti kulit dijepret oleh karet gelang. Teknik laser akan merontokkan bulu-bulu halus di kulit dengan cara penguapan sinar. Uap dari laser akan berbau hangus seperti belerang.

    Lama pengobatan laser tergantung pada ukuran target area tubuh. Membersihkan bulu di sekitar bibir hanya akan berlangsung selama beberapa menit. Jika bagian tubuh yang akan disinari laser lebih luas, seperti punggung atau kaki, maka pengobatan akan berlangsung lebih dari satu jam.

    Hasil yang akan didapatkan tiap orang berbeda-beda. Ada beberapa hal yang memengaruhi prosedur ini, yaitu warna serta ketebalan bulu, bagian tubuh, jenis laser, dan warna kulit.

    Biasanya, jumlah bulu yang berkurang sekitar 10-25 persen setelah Anda selesai melakukan pengobatan pertama. Untuk menghilangkan bulu secara keseluruhan, dibutuhkan 2 sampai 6 kali perawatan laser.

    Manfaat laser hair removal

    Setelah melakukan pengobatan laser, bulu-bulu tidak akan tumbuh dalam beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun.

    Ketika bulu mulai tumbuh kembali, jumlahnya akan cenderung berkurang, ketebalan bulu baru akan lebih tipis dan halus, tidak akan begitu terlihat. Untuk menjaga agar tubuh tetap bebas bulu, dianjurkan untuk rutin melakukan perawatan laser.

    Risiko laser hair removal

    Beberapa efek samping yang biasa terjadi dari laser hair removal di antaranya:

    • Iritasi kulit, rasa tidak nyaman, kemerahan, dan pembengkakan. Tanda-tanda dan gejala ini biasanya akan hilang dalam waktu beberapa jam setelah sesi usai
    • Pigmentasi kulit mengalami perubahan. Laser hair removal dapat membuat kulit menggelap atau lebih terang, walaupun biasanya hanya sementara. Efek pencerahan kulit sangat memengaruhi orang-orang yang memiliki kulit lebih gelap, terutama jika terjadi kesalahan penggunaan laser

    Meskipun jarang terjadi, laser hair removal juga dapat menyebabkan lecet, penebalan kulit, jaringan parut, atau adanya perubahan lain dalam tekstur kulit.

    Masalah lain yang mungkin terjadi, termasuk timbul uban dan bulu yang tumbuh kembali secara berlebihan pada area yang diobati. Laser hair removal tidak dianjurkan untuk daerah sekitar kelopak mata karena dapat menyebabkan luka parah pada mata.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui Jun 23, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri
    Next article: