Mulut Terasa Seperti Bersabun? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019
Bagikan sekarang

Beberapa orang mungkin pernah mengalami mulut terasa sabun. Apalagi jika sensasinya muncul saat Anda sedang tidak makan apa pun, tentu cukup menganggu. Meski umumnya hilang sendiri, rupanya munculnya rasa sabun di mulut bisa disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu.

Berbagai penyebab rasa sabun di mulut

Berikut adalah beberapa hal yang membuat Anda merasakan sensasi seperti sabun di mulut, yaitu:

1. Makanan dan minuman yang terkontaminasi

sabun cuci tangan antiseptik

Terkadang rasa sabun yang Anda kecap di mulut memang benar-benar berasal dari sabun itu sendiri. Hal ini bisa terjadi karena proses mencuci yang kurang bersih.

Misalnya saja Anda mencuci mencuci lalapan dengan sabun namun tidak bersih membilasnya. Akibatnya, rasa sabun yang jauh lebih kuat dibandingkan rasa sayur menjadi tertinggal.

Sama halnya dengan mencuci piring, gelas, dan peralatan makan lainnya. Ketika tidak bersih dan hendak menggunakannya lagi, sabun yang masih menempel akan dengan mudah tercampur.

Bahkan, hal ini bisa terjadi jika Anda mengolah makanan dengan tangan sehabis mencuci piring. Sisa sabun di tangan yang belum terbilas dengan sempurna akan dengan mudah tercampur ke dalam makanan yang sedang dibuat.

2. Makanan tertentu membuat mulut Anda terasa sabun

manfaat ketumbar adalah herbal

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang bisa mulut Anda terasa seperti memakan sabun. Wortel dan ketumbar adalah makanan yang paling sering menyebabkan sensasi rasa aneh di mulut. Wortel memiliki senyawa yang disebut dengan terpenoid. Akibatnya, rasa sabun di mulut kerap muncul setelah seseorang memakannya,

Sementara ketumbar membuat mulut terasa seperti sabun karena ada respons genetik yang memengaruhi otak untuk memproses bau. Dikutip dari Medical News Today, varian dalam gen OR6A2 membuat beberapa makanan terutama ketumbar memiliki rasa seperti sabun.

3. Masalah pada gigi dan mulut

operasi gigi geraham bungsu

Biasanya, penyakit gigi dan mulut termasuk gusi menyebabkan rasa sabun atau logam di mulut. Jika hal ini muncul berbarengan dengan masalah seperti sakit gigi, gusi bengkak, dan bau mulut tandanya Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Selain berbagai masalah gigi dan mulut, mulut terasa sabun juga bisa terjadi apabila Anda jarang menyikat gigi dan membersihkannya. Pasalnya, sisa makanan yang tertinggal lama di mulut bisa menimbulkan sensasi rasa yang aneh termasuk seperti sabun.

4. Obat-obatan tertentu

tubuh sudah kebal antibiotik

Jenis obat tertentu meninggalkan rasa yang menyerupai sabun di mulut. Untuk itu coba perhatikan, apakah sensasi tersebut muncul setelah Anda minum obat? Jika iya, tandanya obat yang barusan Anda minumlah penyebabnya. Salah satu obat yang membuat mulut Anda terasa sabun yaitu televancin.

Obat yang satu ini termasuk golongan antibiotik untuk mengatasi pneumonia akibat bakteri, infeksi kulit, dan infeksi bakteri Staphylococcus. Selama meminum obat ini, maka selama itu pula Anda akan merasakan sabun di mulut Anda.  Anda bisa menghilangkan sensasinya untuk sementara dengan makan makanan manis atau asam sebagai penawarnya.

5. Stroke atau cedera otak

gangguan otak dan sistem saraf

Orang yang mengalami stroke atau cedera otak tak jarang mengalami masalah pada indra pengecapannya. Pasalnya, otak merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam memproses informasi termasuk soal rasa yang dikirimkan oleh sel saraf di lidah.

Jika otak tidak bisa memproses atau memahami sinyal dengan benar, rasa makanan pun bisa berubah. Itu sebabnya, orang yang mengalami kerusakan otak mungkin saja merasakan sensasi rasa sabun di mulut.

Kondisi ini bisa bersifat sementara atau jangka panjang. Jika hal ini memengaruhi nafsu makan Anda, segera konsultasikan ke dokter untuk dicari solusinya.

6. Overdosis flouride

menelan pasta gigi

Sodium flouride merupakan salah satu bahan yang terdapat dalam pasta gigi. Flouride membantu mencegah kerusakan gigi dan membangun kembali enamel sebagai pelindung gigi. Selain itu, flouride juga banyak digunakan untuk kebutuhan air minum.

Dalam kondisi normal, bahan kimia yang satu ini aman digunakan. Sayangnya, jika digunakan secara berlebihan hal ini bisa berbahaya. Overdosis flouride bisa menimbulkan berbagai gejala salah satunya rasa sabun di mulut. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan muntah, diare, hingga iritasi pada kulit.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Cara Terbaik untuk Menjaga Kebersihan Lidah

Membersihkan lidah sama pentingnya dengan menggosok gigi. Jangan bingung, intip berbagai cara berikut ini untuk membersihkan lidah Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji

5 Penyebab Lidah Hitam, Mulai dari Merokok Hingga Kondisi Mulut Kering

Lidah yang sehat berwarna merah muda. Namun, warnanya dapat berubah menjadi hitam. Apa saja penyebab lidah hitam? Berikut ulasannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Minum Antibiotik Kok Malah Demam, Apakah Ini Bahaya?

Anda mungkin mengalami demam saat minum antibiotik. Apakah kondisi ini berbahaya? Apa saja penyebabnya? Cari tahu jawabannya di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

5 Penyebab Lidah Bengkak yang Paling Umum, dari Tergigit Sampai Tanda Kanker

Faktanya, ada banyak sekali penyebab lidah bengkak. Mulai dari hal-hal yang sepele, hingga tanda dari kondisi medis tertentu.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat daun ketumbar

Bukan Rempah Biasa, Ini 5 Manfaat Daun Ketumbar untuk Tubuh

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020
penyebab resistensi antibiotik

Resistensi Antibiotik: Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020
antibiotik untuk jerawat

Daftar Antibiotik yang Ampuh untuk Mengobati Jerawat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24/01/2020

Cepat-Tanggap Difteri, Ini Langkah Pengobatan Penyakit Difteri yang Tepat

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 18/12/2019