6 Penyebab Mulut Bisa Terasa Asam, Meski Anda Bukan Perokok

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Lidah yang ada dalam mulut merupakan salah satu dari lima indera yang berfungsi sebagai pengecap atau perasa. Melalui lidah, Anda bisa merasakan berbagai sensasi rasa, seperti rasa manis, asam, asin, pahit, dan gurih, yang didapatkan dari berbagai macam makanan atau hal lain. Terkadang, Anda mungkin pernah merasa mulut asam atau seperti logam padahal Anda bukan perokok. Mengapa bisa begitu?

Apa yang menyebabkan mulut asam?

Banyak faktor yang memengaruhi bagaimana rasa digambarkan, seperti bau, tekstur, dan suhu. Selain itu, kondisi atau ketidakseimbangan dalam tubuh pun bisa memengaruhi rasa. Contohnya, saat hidung tersumbat, Anda mungkin tidak bisa menikmati makanan yang Anda suka seperti saat Anda sedang sehat. Makanan yang Anda makan mungkin terasa berbeda saat Anda sakit.

Begitu juga saat Anda merasa mulut asam atau seperti terasa logam. Kondisi mulut asam dalam dunia medis disebut dengan dysgeusia. Dysgeusia adalah istilah medis untuk gangguan selera karena sensasi rasa di mulut tidak enak. Mulut bisa terasa pahit, asam, asin, hingga terasa seperti logam. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan Anda yang sedang terganggu atau hal lain yang lebih ringan. Waktu berlangsungnya pun bisa pendek atau panjang, tergantung dari penyebabnya

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini merupakan berbagai penyebab dari dysgeusia:

1. Kesehatan mulut sedang buruk

Mulut asam atau terasa seperti logam bisa Anda alami saat Anda mengalami radang gusi, periodontitis, atau infeksi gigi. Masalah mulut ini dapat menyebabkan gusi Anda berdarah setelah sikat gigi, sehingga Anda kemudian merasa seperti ada logam di mulut.

Radang gusi, periodontitis, atau infeksi gigi dapat menyebabkan infeksi yang serius pada gigi dan gusi jika Anda tidak segera mengobatinya. Rasa logam di mulut pun mungkin juga tidak akan hilang sebelum masalah gigi dan gusi  ini terobati. Anda mungkin harus segera ke dokter untuk mengobatinya. Selain itu, rutin menyikat gigi juga dapat membantu mencegah dah mengobati masalah ini.

2. Infeksi sinus

Adanya masalah pada sinus di hidung juga dapat menyebabkan hidung tersumbat sehingga mulut terasa asam. Hal ini karena indera perasa dan indera penciuman saling berkaitan erat. Selain masalah sinus, flu dan pilek serta alergi juga dapat menyebabkan mulut asam.

3. Obat dan suplemen yang sedang digunakan

Beberapa obat dapat menyebabkan mulut asam atau terasa logam saat Anda meminumnya ketika mulut kering. Beberapa obat yang biasanya dapat menyebabkan mulut terasa logam atau asam adalah antibiotik, antidepresan, obat tekanan darah, obat antijamur, steroid, obat diuretik, antihistamin, dan obat osteoporosis.

Selain obat, mengonsumsi suplemen vitamin juga dapat menyebabkan mulut terasa logam atau asam. Suplemen vitamin dengan kandungan logam berat, seperti tembaga, zink, atau kromium dapat menyebabkan mulut terasa logam setelah mengonsumsinya. Suplemen vitamin ibu hamil yang mengandung zat besi atau kalsium juga bisa menyebabkan hal tersebut. Rasa asam atau logam akan hilang setelah tubuh menyerap vitamin.

4. Kehamilan

Dysgeusia juga bisa Anda rasakan saat hamil. Hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh saat kehamilan. Ini normal terjadi di tahap awal kehamilan dan akan hilang seiring waktu. Perubahan pada rasa di lidah mungkin juga dapat menyebabkan perubahan pada nafsu makan.

5. Gagal ginjal dan diabetes

Gagal ginjal merupakan salah satu penyebab dysgeusia yang serius. Penumpukan sisa-sisa zat yang sudah tidak dipakai tubuh yang ada di ginjal bisa menyebabkan mulut menjadi bau dan terasa asam. Anda pun mungkin menjadi tidak nafsu makan karena hal ini. Selain gagal ginjal, orang dengan diabetes juga dapat merasakan dysgeusia. Di mana, diabetes kemudian bisa menyebabkan gagal ginjal.

6. Setelah kemoterapi

Setelah kemoterapi yang melibatkan radiasi pada kepala dan leher, Anda juga bisa merasakan dysgeusia. Kemoterapi pada daerah ini dapat menyebabkan kerusakan pada kuncup pengecap dan kelenjar ludah, sehingga kadang bisa menyebabkan mulut asam. Hal ini biasanya hanya terjadi sementara dan kemudian akan hilang dengan sendirinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Lidah Hitam, Mulai dari Merokok Hingga Kondisi Mulut Kering

Lidah yang sehat berwarna merah muda. Namun, warnanya dapat berubah menjadi hitam. Apa saja penyebab lidah hitam? Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 08/08/2019 . 4 menit baca

Mulut Terasa Seperti Bersabun? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

Selain pahit, manis, asam, dan asin, rasa sabun di mulut juga umum muncul. Meski bisa hilang sendiri, mulut terasa sabun bisa jadi tanda kondisi tertentu.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20/03/2019 . 4 menit baca

GOM (Borax Glycerine)

GOM adalah obat kumur. Cari tahu informasi tentang cara penggunaan, efek samping, keamanan, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 02/03/2019 . 1 menit baca

Timbul Bercak Putih Menonjol Dalam Mulut? Mungkin Anda Mengalami Leukoplakia

Leukoplakia adalah salah satu masalah yang menyerang kesehatan gigi dan mulut. Cari tahu selengkapnya melalui ulasan ini, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 14/02/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab vagina bau

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . 5 menit baca
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . 3 menit baca
cara membersihkan lidah

3 Cara Terbaik untuk Menjaga Kebersihan Lidah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 20/11/2019 . 4 menit baca
sariawan setelah cabut gigi

Alasan Kenapa Anda Sariawan Setelah Cabut Gigi Plus Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 26/09/2019 . 3 menit baca