Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengenal Bagian Lidah dan Berbagai Fungsinya

Mengenal Bagian Lidah dan Berbagai Fungsinya

Fungsi lidah yang utama adalah sebagai indera pengecap untuk membedakan macam-macam rasa makanan. Namun tahukah Anda kalau ternyata lidah menyimpan beragam fungsi lainnya? Yuk cari tahu lebih lanjut seputar organ otot yang bersemayam di dalam mulut ini.

Berkenalan dengan lidah

Lidah merupakan organ berupa sekumpulan otot yang bergerak. Letaknya ada di dalam mulut dan sebagian meluas ke tenggorokan bagian atas. Lidah dilapisi oleh selaput lendir yang tampak kasar. Tekstur permukaan lidah yang kasar ini datang dari tonjolan-tonjolan kecil papila.

Papila adalah ujung dari saraf pengecap yang terhubung dengan saraf di otak, agar Anda bisa merasakan berbagai macam rasa pada makanan—pahit, asam, asin, manis, dan gurih.

Jumlah papilla pada setiap orang belum tentu sama. Orang yang mempunyai banyak papilla akan lebih peka terhadap kedalaman dan variasi rasa. Permukaan lidah bisa memiliki lapisan kerak putih. Ini adalah hal yang umum, meski lebih sering terjadi pada orang tua.

Bagian-bagian lidah

fungsi dan bagian lidah
Sumber: ResearchGate

Secara garis besar, lidah terdiri dari beberapa bagian yang meliputi akar, tubuh, apex, dorsum, dan permukaan inferior.

Akar lidah atau juga disebut dasar lidah terletak di sisi bawah lidah dan dekat dengan tenggorokan, sehingga tidak bisa dilihat dari luar mulut. Akar melekat pada tulang hyoid yang ada di antara leher dan dagu bagian dalam serta tulang mandibula (tulang rahang bawah). Posisinya menetap dan tidak berubah.

Tubuh lidah sendiri merupakan bagian lidah yang terbesar, bagian ini memakan dua pertiga lidah dan letaknya di depan sulkus. Sifatnya fleksibel dan dapat bergerak. Bagian inilah yang melayani banyak fungsi dalam kehidupan manusia seperti berbicara dan makan.

Lalu ada apex yang merupakan ujung lidah. Ini adalah bagian runcing yang letaknya paling depan. Apex meliputi lidah bagian depan serta kanan dan kiri (tepi). Ujung dan tepi lidah bisa bergerak dengan bebas ke depan, belakang, kanan, maupun ke kiri.

Ada pula dorsum yang merupakan permukaan lidah atas yang melengkung ke arah belakang. Bagian ini memiliki alur berbentuk V di atasnya yang disebut sulkus terminal. Sedangkan, bagian bawahnya adalah permukaan inferior.

Lidah juga memiliki sejumlah otot dan saraf yang membantu mendeteksi dan mengirimkan sinyal rasa ke otak. Keberadaan otot-otot inilah yang membuat lidah bisa bergerak bebas ke segala arah di dalam rongga mulut.

Bagian lidah yang tak kalah penting adalah frenulum. Bagian ini menghubungkan lidah dengan rongga mulut sekaligus berfungsi sebagai penyangga lidah.

Apa saja fungsi lidah?

Utamanya, lidah bekerja sebagai indera pengecap yang membuat manusia bisa merasakan makanan, minuman, atau apapun yang masuk ke dalam mulut. Namun tak hanya itu, lidah juga memiliki fungsi lainnya yang tak kalah penting.

1. Membantu proses makan, mengunyah, menggiling, menelan dan mengeluarkan air liur

Lidah bisa bergerak bebas di dalam mulut sehingga lidah dapat membantu mengolah makanan dan minuman dari padat menjadi lembek agar mudah untuk ditelan.

Saat mengunyah, lidah dan pipi bekerja sama untuk menggerakkan makanan antara gigi sehingga bisa dikunyah. Lidah menekan makanan yang hancur (bolus) ke langit-langit dan menggerakkan bolus ke tenggorokan, memulai proses menelan.

2. Membantu menyentuh

Ujung lidah adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Ujung lidah berfungsi merasakan atau mengenali makanan yang masuk serta membersihkan sisa makanan di dalam mulut.

3. Membantu berkomunikasi

Kemampuan gerakan lidah digunakan juga untuk berbicara. Lidah bekerja sama dengan bibir dan gigi untuk membuat suara yang keluar dari dalam tenggorokan menjadi jelas dan dipahami oleh lawan bicara.

4. Melindungi mulut dari kuman

Di dasar lidah, terdapat kumpulan sel-sel pelindung bernama tonsil lingual. Sel-sel ini berada di belakang rongga mulut dan bersamaan dengan tonsil palatina (amandel) dan tonsil faringeal (adenoid).

Amandel terletak di kiri dan kanan rongga mulut, sedangkan adenoid terletak di dinding belakang nasofaring. Keduanya bertugas melindungi tubuh dari gangguan kuman-kuman yang bisa masuk melalui mulut.

Jaga kesehatan lidah itu penting

Setelah mengenali bagian lidah dan berbagai fungsinya, Anda tentu menyadari bagaimana pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut secara keseluruhan.

Terlebih lagi, lidah juga bisa terkena masalah layaknya organ tubuh lain. Beberapa penyakit seperti sindrom lidah berbulu, lidah geografis, cedera saraf hipoglosus lidah, atau bahkan kanker juga bisa menghantui.

Sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan lidah demi menjaga kesehatan mulut, karena sikat gigi saja tidak cukup. Kebersihan dan kesehatan lidah akan membantu Anda menghindari diri dari ancaman berbagai macam penyakit.


Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How does the tongue work? (2016). Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG). Retrieved 7 January 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0072591/

Anatomy of the Tongue. (n.d.). Osmosis. Retrieved 7 January 2022, from https://www.osmosis.org/learn/Anatomy_of_the_tongue

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Jan 24
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa