5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah merasa mulut Anda terasa pahit tapi Anda sedang tidak sakit? Beberapa orang di dunia ini memang ada yang memiliki sensitivitas rasa pahit yang lebih besar dibandingkan orang lain. Penyebabnya adalah karena mereka bisa merasakan senyawa pahit yang disebut phenylthiocarbamide atau PTC. Akibatnya mereka sangat sensitif terhadap rasa pahit. Orang yang dilahirkan dengan kondisi demikian perbandingannya adalah 1 berbanding 10.000, apakah Anda termasuk?

Sebelum Anda sendiri yakin, cari tahu dulu penyebab rasa pahit di mulut Anda. Jika sudah tahu penyebab mulut pahit, Anda bisa mencari solusinya.

1. Kondisi gigi

Apakah Anda tipe orang yang selalu menjaga kebersihan gigi Anda? Jika tidak, mungkin ini penyebabnya. Seseorang yang tidak teratur menggosok gigi berarti telah menumpuk bakteri dan kuman di dalam mulutnya. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa rongga mulut merupakan suatu inkubator yang steril, hangat, dan lembab yang mengandung substansi nutrisi yang baik bagi pertumbuhan mikroba.

Tentu bukan hanya mikroba baik namun juga mikroorganisme yang dapat menyebabkan bau mulut. Bayangkan jika Anda tidak teratur menggosok gigi, maka bakteri dan kuman bisa berkumpul di mulut Anda dan hal inilah yang menyebabkan mulut Anda terasa pahit. Terlebih lagi jika gigi Anda berlubang.

2. Asam lambung

Mulut terasa pahit juga erat kaitannya dengan mual-mual dan muntah-muntah (refluks). Kondisi ini terjadi biasanya karena dipicu oleh asam lambung yang naik atau biasa juga disebut dengan gastro eshophageal refluks disease (GERD). Penyebab utama penyakit refluks asam lambung ini adalah konsumsi makanan berlebih, konsumsi makanan pedas, konsumsi makanan diwaktu yang tidak tepat serta faktor stres. Asam lambung juga biasanya disertai dengan mulut yang berbau tidak sedap.

3. Hormon

Hal ini biasanya terjadi pada seorang wanita terutama ketika dalam kondisi hamil. Peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen yang tidak seimbang adalah penyebab perubahan rasa mulut yang berubah menjadi pahit. Hal ini juga biasanya terjadi pada wanita yang sedang mengalami siklus haid.

Pada wanita hamil, morning sickness kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Morning sickness merupakan kondisi di mana tubuh wanita masih menyesuaikan dengan perubahan yang ada di dalam tubuhnya. Biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah sebagai gejala morning sickness. Sisa muntah ini yang akan berkumpul di dalam mulut dan mengumpulkan bakteri yang menyebabkan mulut terasa pahit, diperburuk dengan dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.

4. Kekurangan kadar vitamin

Vitamin sangat diperlukan untuk tubuh, selain untuk menjaga kesehatan, vitamin juga dibutuhkan oleh semua organ dan struktur tubuh untuk menjalani fungsinya masing-masing. Kurangnya asupan vitamin B-12 dan Zinc akan menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap dan menyebabkan rasanya berubah menjadi pahit.

5. Obat

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, kemungkinan besar ini adalah penyebab mulut Anda terasa sangat pahit. Beberapa obat tertentu pada awalnya menyebabkan mulut terasa kering hal ini berpengaruh pada rasa yang Anda rasakan di dalam mulut. Biasanya rasa pahit lebih dominan terasa karena efek dari obat-obat tertentu yang Anda minum.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Sebentar marah, sebentar bahagia. Wanita mana yang tidak familiar dengan gejala PMS yang satu ini. Simak cara mengatasi mood swing saat menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Kesehatan Wanita, Menstruasi 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Meski bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak, garam sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apa saja manfaat garam bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi, Hidup Sehat 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Mengubah Jam Tidur Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan

Apa yang terjadi pada tubuh saat jam tidur kita mundur 3 jam, atau waktu tidur berkurang 2 jam, atau jika kita mendadak menambahkan tidur siang 2 jam?

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

8 Tanda Anda Sebentar Lagi Mau Haid

Tidak semua perempuan mengalami nyeri haid dan gejala PMS setiap bulan. Maka, kenali tanda-tanda menstruasi Anda sebentar lagi mau datang.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Wanita, Menstruasi 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ganglion

Kista Ganglion

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
telapak kaki datar flat feet

Flat Foot (Telapak Kaki Datar)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
fakta sarapan bubur ayam

5 Fakta Menarik Seputar Sarapan Bubur Ayam

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
kloning manusia

Kloning Manusia, Benarkah Bisa Dilakukan? Simak 5 Fakta Unik Seputar Kloning

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 6 menit