4 Pilihan Bahan Alami untuk Mengobati Infeksi Gusi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/07/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang yang menyokong gigi atau periodontitis, biasanya bisa menyebar pada bagian tulang gigi lainnya. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh peradangan gusi (gingivitis) yang tidak terobati sampai tuntas. Selain itu, jika Anda malas menggosok gigi, hal ini bisa membuat plak menumpuk dan bakteri berkembang menjadi infeksi tersendiri, yakni infeksi gusi. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mengobati infeksi dan mematikan bakteri di sekitarnya. Namun, ada beberapa obat infeksi gusi alami yang bisa membantu menyembuhkan gusi Anda. Apa saja itu?

Obat infeksi gusi yang bisa didapat dari bahan-bahan alami

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan tanaman daun teh yang kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Namun, penelitian dari Jepang yang dipublikasikan dari Journal of Periodontology menemukan bahwa teh hijau bisa menjadi obat infeksi gusi alami.

Teh hijau didapuk bisa memperbaiki kerusakan gigi, memperbaiki kantong gusi, dan mengurangi perdarahan pada gusi. Pada penelitian tersebut, diungkapkan bahwa semakin banyak minum atau mengonsumsi teh hijau murni bisa semakin membantu masalah pada gusi Anda.

2. Minyak kelapa dan garam himalaya

Untuk mengurangi peradangan pada gusi, Anda disarankan untuk berkumur atau melumurkan gusi yang sakit dengan campuran minyak kelapa dan garam himalaya (himalayan salt) yang warnanya pink. Pijat dan kumur-kumur selama 3-5 menit, lalu kumur dengan air tawar.

Minyak kelapa dan garam himalaya sama-sama punya kandungan antimikroba dan antiradang yang baik untuk meringankan rasa sakit dan gejala infeksi yang sudah parah.

3. Lidah buaya

Para peneliti dari India telah mempelajari kegunaan dan manfaat lidah buaya untuk kesehatan gigi dan mulut. Dalam penelitian tersebut, peserta diuji menggunakan pasta gigi, obat kumur, krim, jus, ataupun suplemen yang terbua dari lidah buaya. Hasil temuan menunjukkan bahwa menerapkan gel lidah buaya pada gigi, gusi dan kantung gusi yang meradang bisa bermanfaat baik pada kondisi gusi yang meradang. Anda bisa mencoba menggunakan 100 miligram gel lidah buaya per hari dan ditempelkan pada gusi untuk mempercepat penyembuhan infeksi.

4. Bahan-bahan lain yang bisa membantu menyembuhkan infeksi gusi

Hidrogen peroksida adalah salah satu obat antiseptik ringan yang dijual di toko obat. Antiseptik ini juga bisa membantu membunuh bakteri bila digunakan sebagai obat kumur atau sebagai gel oles. Pemakaian obat ini hanya untuk pemakaian luar, yang mana tidak boleh sampai tertelan.

Kumur air garam juga bisa menjadi salah satu alternatif obat infeksi gusi yang cukup mudah didapat dan dilakukan. Air garam yang hangat bisa mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab gusi jadi sakit. Namun jangan digunakan terlalu sering, karena bisa merusak gigi.

Baking soda dan air bisa menjadi salah kombinasi bahan yang digunakan untuk membantu meringankan gejala sakit gusi. Keduanya bisa menetralkan asam yang bisa menyebabkan penyakit gusi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 mins read

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 mins read

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 mins read