Jika Anda sedang berpikiran untuk merapikan gigi yang berantakan, ada dua cara yang bisa Anda pilih. Merapikan gigi dengan behel (kawat gigi) atau invisalign. Dibanding invisalign, behel pastinya lebih populer. Namun, masih bingung apa beda fungsi dan manfaatnya? Sebelum ke dokter gigi untuk konsultasi, baca dulu informasinya di bawah ini.

Merapikan gigi pakai behel atau invisalign, ya?

Behel terdiri dari bracket logam yang direkatkan ke gigi dan diikat oleh kawat dan karet gelang kecil. Sementara invisalign terbuat dari plastik bening bebas BPA yang dibentuk menyerupai barisan gigi.

Meski tujuannya sama, behel dan invisalign memiliki perbedaan. Jadi, sebelum Anda memilih perawatan gigi yang tepat, perhatikan dulu perbedaannya berikut ini:

1. Cara pemasangan

Pada kawat gigi, bracket yang diberi lem akan ditempelkan pada gigi yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kemudian, kawat gigi akan ditempelkan pada gigi Anda. Proses pemasangan menggunakan laser supaya lem menjadi keras dan kawat gigi tidak mudah lepas.

Proses ini umumnya tidak memakan waktu lama, sekitar 30 menit. Namun jika kondisi gigi Anda cukup parah, waktu pemasangan bisa lebih lama. Beda dengan kawat gigi, pemasangan invisalign jauh lebih mudah. Permukaannya yang berongga membentuk deretan gigi sehingga cukup Anda pasangkan di gigi.

2. Tampilan alat

Setelah behel dipasang, gigi Anda terlihat seperti dipagari oleh kawat dengan beragam pilihan warna. Sementara invisalign yang warnanya bening, hampir tidak terlihat. Kecuali, jika invisalign mulai menguning karena sudah lama digunakan.

invisalign adalah cara merapikan gigi

3. Cara perawatan

Membersihkan behel gigi tidak bisa Anda lakukan sendiri. Anda perlu bantuan dokter dan dilakukan secara rutin setiap bulan. Perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggosok gigi dan membersihkan sela-sela makanan yang menyangkut.

Tidak seperti behel, perawatan invisalign terbilang lebih mudah karena bisa dilepas dengan mudah. Anda bisa menggosok invisalign dengan sikat, sabun, dan air.

4. Efek yang ditimbulkan

Awalnya, pemasangan behel menimbulkan rasa tidak nyaman pada mulut, seperti sedikit nyeri atau perasaan ada yang mengganjal di mulut. Bila perawatannya tidak benar, gigi bisa berubah warna karena cara membersihkan giginya lebih sulit.

Selain itu, Anda akan kesulitan untuk makan makanan yang lengket dan keras. Sementara, menggunakan invisalign mungkin membuat Anda sulit untuk menggerakkan gigi dan berbicara.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca