Kunyit yang selama ini menjadi bahan utama jamu tradisional untuk mengobati diare ternyata juga bisa disiasati untuk memelihara kesehatan gigi. Katanya, gosok gigi pakai kunyit bisa menyembuhkan ngilu karena gigi sensitif setelah makan atau minum sesuatu yang terlalu dingin. Penasaran apa lagi manfaat kunyit untuk kesehatan gigi? Simak dalam artikel ini.

Beragam manfaat kunyit untuk kesehatan gigi

Manfaat kunyit untuk kehidupan sehari-hari sangat banyak, tidak terkecuali untuk kesehatan gigi. Selama ribuan tahun, kunyit dijadikan sebagai pewarna alami makanan, penyedap rasa, dan ramuan obat herbal.

Komponen utama yang terkandung dalam kunyit adalah curcumin. Komponen ini memiliki sifat antibiotik, antiseptik, dan anti-inflamasi yang bisa meringankan radang gusi dan sakit gigi. Selain itu, komponen ini juga mampu mengurangi ngilu akibat gigi sensitifBahkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan bahwa kunyit bisa menjadi obat kumur tradisional untuk mengobati radang gusi.

Tidak hanya itu, kandungan curcumin dalam kunyit telah ditemukan memiliki sifat anti-kanker yang dihubungkan sebagai salah satu cara pengobatan dan pencegahan kanker mulut. Baru-baru ini, para periset mengungkapkan bahwa partikel nano yang kaya dengan ekstrak kunyit sebenarnya bisa membunuh sel kanker mulut yang terbukti tahan terhadap pengobatan kemoterapi.

Cara menggunakan kunyit untuk perawatan gigi

Kunyit untuk pasta gigi? Hmmm.. secara logika memang nampaknya sulit untuk diterima. Pasalnya, noda kunyit yang terkena kulit saja sulit untuk dihapus, apalagi kalau kena gigi? Eits tenang, ternyata efek warna kuning dari kunyit tidak akan menempel pada gigi, malah sebaliknya akan membantu gigi Anda tampak putih.

Anda bisa menggunakan baking soda dan minyak kelapa sebagai campuran untuk membuat pasta gigi dari kunyit. Kunyit dan baking soda sama-sama memiliki kemampuan mengikir layaknya amplas yang bisa membantu memutihkan gigi dan mengatasi infeksi gusi. Sedangkan minyak kelapa berfungsi untuk membunuh bakteri dan plak yang bersarang pada gigi. Karena itu, resep ini bisa menjadi jawaban atas masalah gigi kuning Anda. Begini cara membuat pasta gigi kunyit.

Bahan:

  • 4 sdm bubuk kunyit
  • 2 sdm minyak kelapa
  • 2 sdt baking soda

Cara membuat:

  • Siapkan sebuah wadah kecil, lalu campurkan semua bahan dan hingga merata dan menjadi pasta
  • Simpan di suhu yang dingin agar mendapatkan tekstur pasta yang solid
  • Lalu, gosokkan pasta ini pada gigi selama 2 menit
  • Bilas menggunakan air bersih hingga warna kuningnya menghilang
  • Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak seminggu sekali untuk hasil yang maksimal

Hal yang terbaik dari penggunaan minyak kelapa dan kunyit sebagai pasta gigi adalah kedua bahan ini mudah terjangkau karena ada di dalam dapur dan tidak memiliki efek samping layaknya pemutih gigi lainnya. Pasalnya, terkadang memutihkan gigi dapat menyebabkan gigi rapuh, sakit dan menipisnya gusi karena bahan kimia yang terdapat dalam pemutih tersebut.

Selain dijadikan pasta gigi, Anda juga bisa menggulung pasta dengan kain kasa dan menyelipkannya ke mulut Anda. Caranya, campurkan bubuk kunyit dengan air atau minyak kelapa sampai tercampur semua. Lalu gulung pasta dengan kain kasa dan tempelkan setiap malam ke daerah yang mengalami masalah.

Tapi, jangan sembarangan gosok gigi pakai kunyit

Kunyit memang sudah lama dianggap sebagai obat herbal yang aman, tidak beracun, dan sangat efektif untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun meskipun kunyit merupakan obat herbal alami, penggunaan kunyit dalam dosis besar bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Anak-anak, wanita hamil dan menyusui, wanita yang menjalani kemoterapi untuk kanker payudara, orang dengan masalah jantung kongestif dan orang yang menderita gastritis, batu empedu, diabetes dan gangguan pembekuan darah sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca