7 Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tersenyum katanya bisa membuat Anda dan orang lain berbahagia. Tetapi, apa yang terjadi jika senyum yang seharusnya membahagiakan tersebut bisa membuat Anda malu akibat karang gigi yang menumpuk? Berikut adalah cara mencegah karang gigi dengan mudah.

Dari mana asalnya karang gigi?

Jika Anda menyikat gigi dengan tidak bersih atau tidak teratur, maka bukan tidak mungkin gigi Anda dipenuhi dengan karang. Karang gigi sebenarnya berasal dari sisa-sisa makanan yang menumpuk dan bakteri yang mengendap dan membuat gigi Anda keropos.

Biasanya karang gigi terbentuk di atas atau garis gusi Anda. Oleh karena itu, memang agak susah untuk menghilangkan karang gigi hanya dengan menggosok gigi saja. Karang yang semakin menumpuk di gigi, akan memengaruhi kesehatan gusi juga. Gusi akan meradang dan iritasi. Bentuk yang paling sering dialami oleh seseorang yang memiliki karang gigi terlalu banyak adalah gingivitis. Jika keadaannya lebih buruk lagi, maka karang gigi dapat menyebabkan periodontitis.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh akan melawan bakteri yang menyebabkan karang pada gigi Anda. Namun pasukan yang melawan bakteri ini juga membuat gigi menjadi terkikis dan rusak. Sehingga, gigi Anda tetap dalam bahaya. Dan apakah cukup jika hanya mengandalkan sistem kekebalan tubuh? Bagaimana cara mencegah karang gigi dengan mudah?

Cara mencegah karang gigi dengan mudah dan cepat

Ini adalah cara mencegah karang gigi yang paling mudah dan terbaik yang bisa Anda lakukan:

  1. Menyikat gigi teratur sebanyak dua kali sehari selama 2 menit. Jika Anda hanya menyikat gigi selama 30 detik saja atau satu menit, tidak akan membuat karang hilang dari gigi Anda. gunakan sikat yang lembut dan cukup kecil agar bisa masuk ke sela-sela gigi. Pastikan ketika menyikat gigi, Anda menjangkau semua bagian gigi.
  2. Jika susah, beralihlah ke sikat gigi elektrik. Beberapa penelitian menunjukkan bila penggunaan sikat gigi elektrik ini lebih efektif menghilangkan karang dan plak di gigi.
  3. Menggunakan pasta gigi yang tepat. Pilihlah pasta gigi yang bisa menghilangkan karang gigi dan disertai dengan kandungan flourida yang tinggi. Kandungan flourida yang banyak di dalam pasta gigi akan membantu melindungi gigi Anda dari kerusakan dan mencegah untuk tidak keropos.
  4. Menggunakan benang gigi (dental floss). Meskipun Anda telah rutin menyikat gigi, tetap saja ada bagian gigi yang tidak terjangkau dengan sikat. Anda bisa mengandalkan benang gigi untuk membersihkan sela-sela atau bagian gigi yang tidak terjangkau sebelumnya.
  5. Memakai obat kumur dengan teratur. Pastikan obat kumur mengandung antiseptik, sehingga dapat membantu mematikan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut. Obat kumur juga dapat membuat karang gigi lebih mudah untuk dibersihkan.
  6. Perhatikan diet Anda. Alasan mengapa gigi Anda dipenuhi dengan karang adalah pola dan pemilihan makanan tidak baik selama ini. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan manis, maka semakin banyak bakteri yang ada di dalam mulut Anda. apalagi jika Anda tidak langsung membersihkan gigi setelahnya. Makanan yang mengandung gula tinggi adalah makanan yang paling diinginkan oleh bakteri. karena itu, sebaiknya Anda menghindari makan makanan manis dan perbanyak minum air putih setelah makan.
  7. Jangan merokok. bahan kimia yang ada di dalam rokok bisa membuat gigi Anda dipenuhi karang. Oleh sebab itu lebih baik Anda menghindari kebiasaan merokok.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Dalam beberapa kasus, tremor bisa sembuh tapi bisa juga tidak. Tremor jenis apa yang bisa disembuhkan dan seperti apa pengobatannya? Cek di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

7 Masalah Pada Kaki yang Umum Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Penyakit kaki merupakan masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh lansia. Selain nyeri telapak kaki karena asam urat, ini dia penyebab lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Lansia, Perawatan Lansia 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Fakta Tentang Hati (Liver) Manusia yang Ternyata Menakjubkan

Sebagai organ vital manusia, hati (liver) berperan penting dalam menjaga kesehatan. Cari tahu fakta tentang hati manusia berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Anda tidak bisa berhenti makan junk food? Tenang, ada siasat khusus untuk menghindari godaan makan makanan tak sehat. Intip caranya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
menelan sperma

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
gigi kelinci gigi tonggos

Penyebab Gigi Tonggos dan Pilihan Cara Memperbaikinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
radiasi wi-fi

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit