home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

7 Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

Tersenyum katanya bisa membuat Anda dan orang lain berbahagia. Tetapi, apa yang terjadi jika senyum yang seharusnya membahagiakan tersebut bisa membuat Anda malu akibat karang gigi yang menumpuk? Berikut adalah cara mencegah karang gigi dengan mudah.

Dari mana asalnya karang gigi?

Jika Anda menyikat gigi dengan tidak bersih atau tidak teratur, maka bukan tidak mungkin gigi Anda dipenuhi dengan karang. Karang gigi sebenarnya berasal dari sisa-sisa makanan yang menumpuk dan bakteri yang mengendap dan membuat gigi Anda keropos.

Biasanya karang gigi terbentuk di atas atau garis gusi Anda. Oleh karena itu, memang agak susah untuk menghilangkan karang gigi hanya dengan menggosok gigi saja. Karang yang semakin menumpuk di gigi, akan memengaruhi kesehatan gusi juga. Gusi akan meradang dan iritasi. Bentuk yang paling sering dialami oleh seseorang yang memiliki karang gigi terlalu banyak adalah gingivitis. Jika keadaannya lebih buruk lagi, maka karang gigi dapat menyebabkan periodontitis.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh akan melawan bakteri yang menyebabkan karang pada gigi Anda. Namun pasukan yang melawan bakteri ini juga membuat gigi menjadi terkikis dan rusak. Sehingga, gigi Anda tetap dalam bahaya. Dan apakah cukup jika hanya mengandalkan sistem kekebalan tubuh? Bagaimana cara mencegah karang gigi dengan mudah?

Cara mencegah karang gigi dengan mudah dan cepat

Ini adalah cara mencegah karang gigi yang paling mudah dan terbaik yang bisa Anda lakukan:

  1. Menyikat gigi teratur sebanyak dua kali sehari selama 2 menit. Jika Anda hanya menyikat gigi selama 30 detik saja atau satu menit, tidak akan membuat karang hilang dari gigi Anda. gunakan sikat yang lembut dan cukup kecil agar bisa masuk ke sela-sela gigi. Pastikan ketika menyikat gigi, Anda menjangkau semua bagian gigi.
  2. Jika susah, beralihlah ke sikat gigi elektrik. Beberapa penelitian menunjukkan bila penggunaan sikat gigi elektrik ini lebih efektif menghilangkan karang dan plak di gigi.
  3. Menggunakan pasta gigi yang tepat. Pilihlah pasta gigi yang bisa menghilangkan karang gigi dan disertai dengan kandungan flourida yang tinggi. Kandungan flourida yang banyak di dalam pasta gigi akan membantu melindungi gigi Anda dari kerusakan dan mencegah untuk tidak keropos.
  4. Menggunakan benang gigi (dental floss). Meskipun Anda telah rutin menyikat gigi, tetap saja ada bagian gigi yang tidak terjangkau dengan sikat. Anda bisa mengandalkan benang gigi untuk membersihkan sela-sela atau bagian gigi yang tidak terjangkau sebelumnya.
  5. Memakai obat kumur dengan teratur. Pastikan obat kumur mengandung antiseptik, sehingga dapat membantu mematikan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut. Obat kumur juga dapat membuat karang gigi lebih mudah untuk dibersihkan.
  6. Perhatikan diet Anda. Alasan mengapa gigi Anda dipenuhi dengan karang adalah pola dan pemilihan makanan tidak baik selama ini. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan manis, maka semakin banyak bakteri yang ada di dalam mulut Anda. apalagi jika Anda tidak langsung membersihkan gigi setelahnya. Makanan yang mengandung gula tinggi adalah makanan yang paling diinginkan oleh bakteri. karena itu, sebaiknya Anda menghindari makan makanan manis dan perbanyak minum air putih setelah makan.
  7. Jangan merokok. bahan kimia yang ada di dalam rokok bisa membuat gigi Anda dipenuhi karang. Oleh sebab itu lebih baik Anda menghindari kebiasaan merokok.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Worldental.Org. (2013). Calculus or Tooth Tartar Removal Procedure – Worldental.Org. [online] Available at: http://worldental.org/oral-hygiene/calculus-or-tooth-tartar-removal-procedure/  [Accessed 19 Apr. 2017].

WebMD. (2017). What is Tartar? 6 Tips to Control Tartar Buildup. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/oral-health/guide/tartar-dental-calculus-overview#1  [Accessed 19 Apr. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M pada 30/04/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x