Makanan dan Minuman yang Dapat Mengotori Gigi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Gigi kotor dapat terjadi jika Anda merokok atau makan makanan tertentu, dan hal ini lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. Tetapi, begitu Anda mengetahui apa saja makanan yang perlu dihindari, Anda akan dapat mempertahankan gigi putih Anda. Sally Cram, DDS., mengatakan bahwa enamel gigi berubah ketika Anda semakin tua. Hal itu seperti sepotong tembikar yang mendapatkan garis-garis halus dari waktu ke waktu, sehingga noda dapat masuk melalui retakan-retakan dan celah-celah kecil. Anda perlu berhati-hati dengan tiga senyawa berikut ini:

  • Chromogens: Senyawa dengan pigmen kuat yang melekat pada enamel.
  • Tanin: Senyawa berbasis tanaman yang memudahkan noda menempel gigi.
  • Asam: Ini membuat enamel gigi menjadi lembut dan kasar, sehingga lebih mudah untuk noda memasukinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai makanan yang dapat mengotori gigi, mari kita lihat selengkapnya di bawah ini.

Makanan dan minuman yang membuat gigi kotor

1. Kopi hitam

Mungkin akan sulit dilakukan jika Anda harus menjalani hari-hari tanpa secangkir kopi. Mengapa kita harus menghindari kopi hitam? “Lapisan luar gigi sangat berpori,” menurut dokter kosmetik gigi Debra Glassman, dari New York. Itu berarti bahwa makanan dan cairan akan diserap dan tinggal di sana. Tapi Anda dapat mengakalinya dengan mencampurkan susu untuk meringankannya. Sebagai bonus, Anda akan mendapatkan kalsium dan vitamin D dari susu, yang keduanya dapat membuat gigi kuat.

2. Teh

Anda mungkin berpikir bahwa teh merupakan pilihan yang lebih baik daripada kopi, tetapi karena tanin yang dikandung di dalamnya, ia juga dapat membuat gigi rusak. Kabar baiknya adalah bahwa beberapa jenis teh ada yang lebih baik dibandingkan yang lainnya. Hindari teh yang berwarna gelap, seperti English Breakfast dan Earl Grey. Sebaliknya, pilihlah teh hijau, teh putih, dan teh herbal. Karena warnanya lebih ringan, teh jenis ini tidak akan banyak menodai gigi Anda.

3. Anggur merah

Minuman ini mungkin baik bagi jantung Anda, tetapi anggur merah buruk untuk gigi Anda. Jika Anda pernah melihat di cermin dan tersenyum setelah menghirup segelas anggur, Anda akan melihat efeknya. Sebaliknya, penelitian telah menunjukkan bahwa anggur mengurangi peradangan, yang dapat membantu Anda mengurangi atau mencegah penyakit gusi. Anda selalu dapat memilih anggur putih untuk minuman Anda, kalau Anda khawatir dengan kilau gigi Anda, saran Dr. Glassman.

4. Cola

Soda gelap sangat berbahaya untuk gigi karena warna dari pewarna mereka. Suhu soda juga dapat menjadi faktor untuk gigi kotor, seperti suhu yang terlalu dingin  atau sangat panas menyebabkan gigi berkontraksi, yang membuat mereka lebih berpori dan lebih mudah untuk terkena noda. Selain itu, fosfat dan asam sitrat dalam soda dapat mengikis enamel gigi, dan pemanis dalam soda dapat menyulut kerusakan gigi. Jika Anda tidak dapat berhenti dalam meminum soda, gunakanlah sedotan untuk meminimalisir kontak minuman dengan gigi Anda.

5. Es lilin

Selain dapat membuat noda pada bibir dan lidah, es lilin juga dapat membuat gigi kotor. Pilih es lemon sebagai gantinya. Makanan manis lainnya yang bahkan lebih baik untuk gigi Anda adalah permen karet tanpa gula. Bahkan, Dr. Glassman menyarankan seluruh pasiennya untuk mengunyah permen karet setelah makan untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bakteri yang dapat mempercepat pewarnaan.

6. Kecap

Meskipun kecap bukanlah minuman yang memiliki warna gelap, namun cairan gelap yang digunakan untuk menambahkan rasa dapat membuat gigi kotor. Hukumnya sama dengan baju atau karpet yang dapat ternodai oleh kecap, oleh karena itu gigi juga pasti akan kotor. Gunakanlah sedikit kecap pada makanan Anda. Kecap juga memiliki banyak sodium, sehingga jika Anda ingin menjaga gigi agar tetap putih adalah dengan mengambil saus daripada kecap.

7. Kari

Ini adalah makanan asal India yang terkenal dapat membuat gigi Anda kuning. Warna pada kari begitu intens, sehingga secara otomatis Anda dapat mengetahui bahwa itu akan membuat gigi Anda kotor. Pencegahan dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan lain selain kari. Cara lainnya adalah dengan menyikat gigi Anda setelah menikmati piring Anda yang berisi kari ayam, atau setidaknya Anda dapat berkumur dengan air.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca