Berbagai Gejala Kanker Mulut yang Sama Sekali Tidak Boleh Diabaikan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/04/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Kanker adalah pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang tadinya sehat berubah menjadi sel kanker. Dimulai dari sel, maka kanker bisa terjadi di bagian tubuh manapun termasuk di mulut. Dapat mencakup seluruh area di dalam mulut, apa saja penyebab serta gejala atau ciri-ciri dari kanker mulut yang perlu Anda ketahui? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa penyebab kanker mulut?

Kanker mulut mencakup seluruh daerah mulut, mulai dari bibir, lidah, pipi, dasar mulut, gusi, langit-langit mulut, sinus (rongga hidung yang tersambung ke mulut), dan tenggorokan.

Penyebab kanker mulut sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor risiko serta gejala tertentu dapat memicu perkembangan sel kanker yang mengganas di area mulut.

Dikutip dari Mayo Clinic, kanker mulut terbentuk ketika sel-sel DNA yang ada di bibir atau di dalam mulut mengalami perubahan atau mutasi. Mutasi ini lah yang memberi tahu sel untuk terus tumbuh dan juga membelah idsaat sel yang sehat akan mati.

Faktor-faktor lainnya adalah kebersihan oral (mulut dan gigi) yang buruk, penyakit gusi kronis, gigi berlubang yang tidak terobati, kebiasaan merokok dan minum minuman kerasinfeksi virus HPV, paparan sinar matahari berlebih, hingga genetik.

Studi terdahulu menemukan bahwa perokok berisiko hingga 1.6 kali lebih tinggi untuk terkena kanker mulut. Sementara itu, risiko kanker mulut pada orang-orang yang tidak menjaga kebersihan mulut-giginya dengan baik meningkat hingga 2.34 kali lipat daripada orang yang menjaga kebersihan mulutnya.

Seberapa tinggi angka harapan hidup dari pasien kanker mulut?

Kanker mulut dan tenggorokan menduduki peringkat ke-enam sebagai kanker yang paling banyak menyerang secara global. Angka harapan hidup pasien kanker mulut dapat dikatakan cukup tinggi, yaitu 81% pada 1 tahun pertama, 56% pada 5 tahun pertama, dan 41% pada tahun ke-10.

Namun umumnya kanker mulut terdeteksi saat sudah stadium lanjut. Pasalnya, gejala atau ciri-ciri kanker mulut pada tahap awal tidak terlalu gamblang, sehingga sering diabaikan.

Bahkan, kanker mulut seringkali ditemukan oleh dokter gigi saat melakukan kontrol gigi rutin. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui gejala atau tanda awal dari kanker mulut.

Gejala dan ciri kanker mulut secara umum

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, kanker mulut dapat muncul dimana sakja termasuk bagian dalam pipi dan juga gusi. Bahkan, di tahap awal seringkali Anda tidak bisa menemukan  gejala atau ciri-ciri kanker mulut.

Berikut ini ciri-ciri atau tanda kanker mulut yang dapat ditemukan dokter dan perlu Anda waspadai:

  • Pembengkakan atau adanya benjolan. Tidak hanya gusi, Anda mungkin akan mengalami bengkak atau benjolan di pipi, rahang, bahkan leher. Dalam beberapa kasus ada kemungkinan terjadinya mati rasa atau sakit yang sulit dijelaskan.
  • Muncul bercak berwarna putih, merah, ataupun berbintik-bintik yang bertekstur seperti beludru di dalam mulut. Bercak-bercak putih ini disebut sebagai leukoplakia, merupakan ciri kanker mulut yang paling umum.
  • Luka persisten pada daerah wajah, leher, atau mulut yang mudah berdarah dan tidak sembuh dalam waktu dua minggu. Gejala kanker mulut ini pun juga bisa disertai dengan lecet.
  • Adanya perasaan nyeri atau mengganjal pada daerah belakang tenggorokan yang berlangsung lama. Rasa nyeri ini pun terus-menerus atau sulit ditemui sumber sakitnya.
  • Kesulitan untuk menggerakkan mulut. Ciri-ciri kanker mulut ini ditandai ketika Anda merasa kesulitan untuk mengunyah, berbicara, menggerakkan rahang, sampai menggerakkan lidah. Anda juga bisa merasakan ada sesuatu yang asing di dalam tenggorokan.
  • Perubahan di area gigi serta rahan misalnya menjadi tidak sejajar tanpa sebab. Hal lain yang bisa terjadi ketika gigi terasa tidak nyaman, terasa lebih longgar, dan terasa sakit.
  • Perdarahan bibir, gusi, pipi dalam, atau lidah tanpa sebab
  • Mati rasa/baal tanpa sebab, kehilangan atau penurunan kemampuan mengecap.
  • Penurunan berat badan secara drastis.

Gejala dari kanker mulut yang jarang terjadi

Selain gejala atau ciri-ciri yang umum, ada pula gejala yang menyerupai dari kondisi penyakit lain namun ada kemungkinan merupakan kanker mulut. Berikut gejala yang bisa Anda rasakan, seperti:

  • Nyeri atau sakit pada area telinga yang menjalar ke bagian rahang dan juga pipi.
  • Area telinga yang terasa menjadi lebih penuh ditambah adanya suara berdenging. Suara ini bisa terjadi terus menerus.
  • Nyeri pada otot wajah atau otot untuk mengunyah.
  • Wajah terasa terbakar, kesemutan, atau terasa tajam.

Gejala kanker mulut berdasarkan tahapan

Tidak hanya gejala-gejala yang sudah dijelaskan di atas, ada gejala atau tanda lain dari kanker mulut yang bisa dilihat dari tahapan penyakit. Namun, kondisi ini biasanya hanya bisa dilihat oleh dokter yang biasa memeriksa kesehatan area mulut Anda.

Berikut beberapa gejala atau ciri-ciri dari kanker mulut berdasarkan tahapan, diantaranya:

Kanker tahap awal

Kondisi secara medis disebut sebagai prekanker, yaitu ketika sel-sel abnormal berhubungan dengan peningkatan risiko berkembang menjadi kanker. Ada dua kondisi yang perlu Anda perhatikan, seperti:

  • Gejala atau ciri-ciri dari kanker mulut yang bisa terjadi adalah adanya bercak putih di mulut. Hal yang membedakan apabila terjadi kondisi ini, bercak tersebut tidak akan bisa dihilangkan walaupun sudah berusaha digosok.
  • Oral lichen planus. Tanda atau gejala kanker berikut ini ketika adanya garis putih dengan batas kemerahan. Bercak merah yang meningkat disebut sebagai eritroplakia. Ada pula kemungkinan disertai dengan ulserasi, yaitu jaringan yang tidak normal dan berbentuk seperti kawah atau mukosa mulut.

Kebanyakan dari lesi atau jaringan abnormal merupakan gejala dari terjadinya tahap kanker yang dikenal sebagai displasia, termasuk kanker mulut.

Walaupun belum tentu seseorang akan mengalaminya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai perubahan yang terjadi pada area mulut. Apalagi, gejala atau ciri-ciri kanker mulut di tahap awal ada kemungkinan lebih mudah untuk diobati.

Apabila Anda tidak memiliki gejala atau ciri-ciri kanker mulut di atas, tetap disarankan untuk melakukan pencegahan dengan melakukan pemeriksaan mandiri setidaknya sebulan sekali.

Ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan cahaya dan cermin serta meraba sendiri seluruh bagian mulut. Namun jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan rutin di dokter gigi.

American Cancer Society merekomendasikan pemeriksaan skrining kanker mulut setiap 3 tahun untuk orang berusia di atas 20 tahun dan setiap tahunnya untuk orang-orang yang berusia di atas 40 tahun.

Hal yang perlu diperhatikan lagi, apabila Anda menemukan gejala di atas, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri kepada dokter ataupun dokter gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Poliuria membuat Anda sering buang air kecil sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Ini cara mudah mengatasi sering buang air kecil akibat poliuria.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Prostatitis

Prostatitis adalah penyakit pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada daerah prostat. Apa gejalanya? Bagaimana mengatasi kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
pencegahan cara mencegah kanker ovarium

Hal-hal yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Kanker Ovarium

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
makanan buah dan sayur yang baik dan bagus untuk pasien kanker ovarium

Aturan dan Jenis Makanan yang Disarankan untuk Pasien Kanker Ovarium

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 5 menit