Berbagai Cara Mengatasi Gusi Gatal, di Rumah dan di Dokter

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Gusi gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi, mulut kering, hingga perubahan hormon selama wanita hamil atau menopause. Anda bisa mengatasi gusi gatal Anda dengan beberapa cara di bawah ini, sebelum masalah menyebar jadi lebih serius.

Cara mengatasi gusi gatal di rumah pakai cara alami

1. Menjaga kebersihan gigi

Menyikat dan membersihkan gigi dua kali sehari sangat penting bagi kesehatan mulut yang baik. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi yang dirancang untuk mencegah pembentukan plak. Jika Anda memiliki masalah dengan infeksi atau peradangan pada gusi, membersihkan gigi dengan obat kumur antiseptik bebas alkohol juga bisa dilakukan.

2. Es batu

Kompres perlahan es batu untuk mendinginkan gusi dan menghentikan gatalnya. Anda juga bisa mengulum sebongkah es batu, dan biarkan meleleh dalam mulut sampai rasa gatal hilang. Sebagai bonus, es batu bisa membantu menghidrasi Anda.

3. Minum suplemen vitamin C

Vitamin C memiliki komponen antibiotik alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi. Asupan harian Vitamin C 1000 miligram dipercaya dapat membantu mencegah radang gusi.

4. Kumur air garam

Larutkan 1 sendok teh garam dalam 250 ml air hangat suam kuku. Kumur dan kulum air garam dengan lembut di sekitar mulut Anda, dan buang air kumuran. Air asin bisa meredakan gatal dan iritasi pada gusi.

5. Pasta baking soda

Larutkan baking soda dengan air dalam mangkuk untuk membuat pasta lembut, lalu oleskan ke gusi Anda. Baking soda dapat mengatasi segala jenis infeksi bakteri yang menyebabkan gusi Anda mengiritasi.

6. Sikat gigi dengan kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Kurkumin dapat secara efektif mengurangi plak, nyeri, pembengkakan dan rasa gatal pada gusi. Plus, gosok gigi pakai kunyit bisa mengurangi aktivitas bakteri untuk mencegah infeksi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menemukan bahwa sifat anti-plak, antiperadangan, dan anti-mikroba dari kunyit untuk mencegah radang gusi sebanding dengan obat kumur chlorexidine.

Buatlah pasta dari 1 sdt bubuk kunyit dan sejumput air, colek pasta tersebut dengan sikat gigi bulu lembut dan sikat gigi Anda dengan pasta kunyit. Lakukan ini dua kali sehari

7. Oles gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang sangat efektif melawan radang gusi penyebab gusi gatal. Hal itu bisa mencegah penumpukan bakteri penyebab plak yang mengarah ke radang gusi. Plus, lidah buaya bisa meringankan rasa sakit dan menenangkan gigi dan gusi yang meradang.

Colek gel lidah buaya, langsung dari tanaman segarnya maupun gel organik yang tersedia di botolan, kemudian oleskan di gusi. Biarkan satu menit, jangan langsung berkumur atau minum air. Jika dirasa terlalu pahit, larutkan gel dengan sejumput air dan tekan-tekan perlahan langsung pada gusi gatal Anda untuk solusi kilat.

8. Perubahan gaya hidup

Merokok dapat mengganggu kesehatan gusi Anda. Dengan Anda berhenti merokok, Anda bisa membuat gusi gatal berhenti. Termasuk berhenti dari rokok elektrik dan vaping. Menghindari makanan yang mengganggu gusi Anda juga bisa membantu, seperti makanan pedas, asam, tepung, atau makanan manis adalah penyebab paling umum dari iritasi gusi.

Tapi jika keluhan gusi gatal terus berlanjut tanpa ada tanda-tanda membaik, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi untuk mencari tahu penyebab dan pengobatannya yang tepat. Pasalnya, gusi gatal bisa menandakan masalah gusi dan infeksi gigi yang lebih serius.

Mengatasi gusi gatal di dokter dengan prosedur medis dan obat-obatan

Dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan salah satu, atau mungkin lebih, cara di bawah ini untuk mengatasi gusi gatal:

  • Antihistamin resep: Jika gusi gatal adalah hasil alergi, antihistamin dapat menghentikan gejalanya.
  • Pelindung gigi: Cegah kerusakan lebih lanjut pada gigi Anda dengan mengenakan pelindung saat Anda bermain atau olahraga kontak dan saat Anda tidur.
  • Scaling plak: Alat listrik ini dapat membantu dokter gigi Anda menghilangkan penumpukan plak dari atas dan di bawah garis gusi Anda. karena dengan menyikat gigi saja tidak mungkin dapat menghilangkan penumpukan plak.
  • Root canal treatment: Dokter gigi Anda mungkin menggunakan prosedur ini untuk menghilangkan penumpukan plak yang parah karena gusi yang turun. Hal Ini akan memberi gigi dan gusi menjadi segar sehingga bisa menempel kembali ke jaringan sehat.
  • Lasering: Prosedur ini menghilangkan plak dan karang gigi dan mungkin merupakan perawatan yang efektif selain scaling plak dan root canal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Kadang, ibu tidak memperhatikan kapan harus mengganti popok dan cenderung membiarkan bayinya memakai popok terlalu lama. Ini akibatnya pada bayi Anda.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ada banyak penyebab kulit kepala gatal, tapi banyak juga bahan-bahan alami dan sederhana yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
anatomi gigi manusia

Gambar Anatomi Gigi, Jenis-Jenis Gigi, dan Fungsi Setiap Bagiannya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
mempersiapka gejala menopause

Memasuki Usia 40-an? Begini Cara Bersiap-siap Menghadapi Menopause

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10 September 2020 . Waktu baca 3 menit
efek samping salep obat kortikosteroid

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Dipublikasikan tanggal: 28 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit