4 Tips Ampuh Menghentikan Gusi Berdarah Setelah Cabut Gigi

    4 Tips Ampuh Menghentikan Gusi Berdarah Setelah Cabut Gigi

    Cabut gigi merupakan salah satu perawatan gigi medis yang umum dilakukan ketika seseorang mengalami beberapa masalah pada giginya. Setelah gigi dicabut, perdarahan bisa terjadi. Darah juga mungkin keluar bersama air liur. Efek samping cabut gigi ini umumnya aman dan tidak menyebabkan komplikasi. Bagaimana cara menghentikan perdarahan setelah cabut gigi? Simak lebih lanjut pada ulasan berikut ini!

    Beragam cara menghentikan perdarahan setelah cabut gigi

    gigi bungsu harus dicabut

    Ekstraksi gigi atau lebih familiar disebut dengan cabut gigi adalah tindakan bedah minor untuk mengeluarkan gigi dari soketnya.

    Menurut Gentle Care Dentistry, cabut gigi menjadi pilihan perawatan trauma pada gigi akibat kecelakaan. Trauma, seperti pukulan atau benturan pada gigi bisa menyebabkan kerusakan. Gigi yang rusak ini perlu dicabut agar tidak menimbulkan infeksi.

    Selain trauma, perawatan ini juga direkomendasikan pada orang yang mengalami penyakit gusi atau impaksi gigi, yakni pertumbuhan satu gigi yang mendorong gigi lainnya sehingga membuat jarak gigi terlalu padat dan menimbulkan rasa nyeri.

    Setelah cabut gigi dilakukan, perdarahan biasanya terjadi dalam 3-20 menit. Jangan khawatir, ini adalah kondisi yang wajar dan bisa Anda atasi. Lebih jelasnya, berikut panduan yang bisa Anda ikuti untuk menghentikan perdarahan setelah gigi dicabut.

    1. Gigit kapas

    Gigit pelan kapas atau gulungan kain kasa pada lokasi gigi yang dicabut. Hal ini membantu menghentikan perdarahan dan mencegah darah tertelan bersamaan dengan air liur. Jangan mengunyah atau menekan kapas terlalu keras agar darah yang keluar tidak semakin deras.

    2. “Kompres” pakai kantong teh

    Selain menggunakan kapas, Anda bisa menghentikan perdarahan setelah cabut gigi dengan kantong teh (disarankan teh hijau atau teh hitam). Selipkan kantong teh bekas seduhan (dinginkan terlebih dulu) di antara lokasi gigi yang dicabut dan gigit pelan selama 30 menit. Teh mengandung zat tannic acid yang mampu menghambat perdarahan.

    3. Jaga posisi kepala lebih tinggi dari jantung

    Jaga posisi kepala tetap lebih tinggi dari jantung saat duduk atau tidur. Hal ini berguna untuk menghentikan perdarahan setelah prosedur cabut gigi. Anda bisa menggunakan bantal yang lebih tinggi smeentara waktu agar posisi kepala lebih tinggi.

    4. Hindari beraktivitas terlalu berat

    Perbanyak istirahat dan makan makanan lunak, seperti sup hangat, puding lembut, atau yogurt dingin. Sebisa mungkin melakukan hal-hal di bawah ini setelah cabut gigi.

    • Berhenti merokok atau jangan meludah selama 48 jam setelah prosedur karena merokok akan memperlambat penyembuhan jaringan gusi.
    • Tidak minum atau makan makanan panas selama 24 jam karena bisa panas menghambat pembekuan darah.
    • Hindari menggunakan sedotan atau mengunyah selama 24 jam.
    • Jangan memainkan soket gigi yang telah dicabut dengan lidah atau menyedot air liur bagian soket pencabutan.

    Masa penyembuhan setelah cabut gigi biasanya memakan waktu 1 sampai 2 minggu. Jaringan gusi itu sendiri butuh waktu sekitar 3-4 minggu untuk menutup lukanya. Sementara untuk penyembuhan tulang gigi yang habis dicabut bisa menghabiskan waktu sekitar 6-8 bulan, tergantung dari ketelatenan Anda merawat kebersihan gigi.

    Bagaimana cara mengurangi rasa sakit sehabis cabut gigi?

    ankilosis gigi

    Perdarahan setelah cabut gigi kadang disertai dengan rasa sakit atau nyeri. Kondisi ini adalah hal yang normal dan sebenarnya tidak perlu Anda cemaskan yang disebut dengan dry socket.

    Socket atau soket merupakan lubang pada tempat gigi yang dicabut. Nah, setelah gigi dicabut, nantinya akan ada darah yang menggumpal di bagian soket gigi.

    Penggumpalan darah ini berfungsi untuk melindungi tulang dan saraf gigi dari bahan-bahan asing, seperti makanan dan minuman yang Anda makan. Soket ini lama kelamaan akan membentuk jaringan pada gusi sampai merapat sempurna.

    Jadi tidak jarang ketika soket belum mengering lalu terpapar udara bisa menyebabkan saraf dan tulang di bagian tersebut terasa nyeri dan ngilu. Untuk mengurangi rasa sakit selama masa pemulihan pasca cabut gigi tersebut, Anda bisa ini bisa menggunakan beberapa obat-obatan pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

    Akan tetapi, jangan pakai aspirin untuk meredakan nyeri saat mengalami pendarahan setelah cabut gigi. Aspirin bekerja mengencerkan darah, sehingga akan bertolak belakang dengan langkah-langkah menghentikan pendarahan yang Anda lakukan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Kumbargere Nagraj, S., Prashanti, E., Aggarwal, H., Lingappa, A., Muthu, M. S., Kiran Kumar Krishanappa, S., & Hassan, H. (2018). Interventions for treating post-extraction bleedingThe Cochrane database of systematic reviews3(3), CD011930. https://doi.org/10.1002/14651858.CD011930.pub3

    Dentalhealthorg. What to do following an extraction. Retrieved November 30, 2021, from https://www.dentalhealth.org/what-to-do-following-an-extraction

    Tooth Extraction. Johnson Dental Associates. Retrieved November 30, 2021, from  https://www.mouthhealthy.org/~/media/ADA/Publications/Files/ADA_PatientSmart_Extraction.pdf?la=en

    Extraction: | oral surgery. (2021, June 19). Retrieved November 30, 2021, from https://www.uthscsa.edu/patient-care/dental/services/extraction-abscess-tooth-decay

    5 reasons why you may need a tooth extraction. (2019, September 23). Retrieved November 30, 2021, from https://www.gentlecaredentistry.org/blog/5-reasons-why-you-may-need-a-tooth-extraction/

    Moran, I. J., Richardson, L., Heliotis, M., & Bewick, A. (2017).A bleeding socket after tooth extraction. BMJ. doi:10.1136/bmj.j1217

     

     

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Dec 09, 2021
    Ditinjau secara medis oleh drg. Farah Nadiya