7 Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Berubah Jadi Kuning

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Warna lidah yang normal adalah merah muda dengan sedikit lapisan putih terang di atasnya. Bila warna lidah kuning, ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal — mulai dari yang bersifat sementara dan tidak berbahaya, hingga yang lebih gawat dan membutuhkan pengobatan medis. Di bawah ini adalah sejumlah alasan kenapa warna lidah bisa menguning, yang mungkin tidak pernah Anda sadari.

Apa saja penyebab warna lidah kuning?

1. Kebersihan gigi yang buruk

Penyebab paling umum dari lidah kuning adalah penumpukan sel kulit mati dan bakteri di sela-sela bintil lidah (papila). Ini bukanlah suatu tanda penyakit serius, melainkan lebih disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk. Anda bisa mencoba menyikat lidah lembut dengan alat penggosok lidah, berkumur, dan perbanyak minum air untuk menghilangkan lapisan kuning tersebut.

2. Merokok

Bahan kimia dalam asap tembakau rokok bisa membuat lidah Anda berubah warna kuning.

3. Obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi

Menggunakan obat kumur yang mengandung peroksida, witch hazel, atau menthol bisa mengubah warna lidah Anda.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa antibiotik dapat menyebabkan lidah kuning akibat ketidakseimbangan mikroba, yang menyebabkan bakteri atau ragi berkembang biak dalam mulut. Bila ini terjadi, ragi atau bakteri bisa menumpuk di lidah dan menyebabkan lidah menguning. Pepto-Bismol dan obat-obatan yang mengandung bismut lainnya juga dapat mengubah warna lidah Anda yang berkisar dari kuning hingga hitam.

Obat-obatan tertentu seperti obat untuk sindrom Sjogren dan diabetes, serta terapi radiasi dan kemoterapi dapat membuat mulut kering. Mulut kering adalah salah satu faktor risiko dari lidah kuning.

5. Sindrom lidah hitam berbulu

Lidah berbulu hitam adalah gangguan mulut sementara dan tidak menimbulkan rasa sakit. Kondisi yang tidak berbahaya ini terjadi saat bintil lidah (papila) yang melapisi ujung dan kedua sisi lidah Anda tumbuh membesar. Ukuran papilla yang lebih panjang dari biasanya dapat dengan mudah menjebak sel-sel kulit mati dan bakteri mulut, yang kemudian jadi ikut bercampur dengan residu tembakau, sisa makanan, atau zat lainnya. Meski namanya lidah hitam, lidah Anda bisa berubah warna kuning atau lainnya dulu sebelum berubah menjadi hitam.

6. Lidah geografis

Lidah geografis adalah suatu kondisi kelainan struktur lidah yang membuat permukaan lidah tidak tertutupi merata oleh papila. Akibatnya, permukaan lidah tampak seperti area “kebotakan” merah yang acak dan tidak teratur. Biasanya ada garis putih bergelombang di samping tambalan merah tersebut, tapi juga bisa kuning. Kadangkala, kondisi ini menyebabkan rasa sakit.

7. Sakit kuning

Sakit kuning (jaundice) adalah suatu kondisi di mana warna kulit dan bagian putih mata Anda berubah menguning. Sakit kuning disebabkan oleh kerusakan hati sehingga tidak bisa mengolah zat sisa bilirubin dengan benar. Bilirubin adalah pigmen kuning yang diproduksi saat sel darah merah rusak. Ketika bilirubin menumpuk di dalam darah, kulit, putih mata, dan lidah Anda bisa menjadi kuning.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Mati Rasa pada Kaki dan Tangan

Mati rasa sering terasa pada jari, tangan, kaki, lengan, maupun telapak kaki Anda. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab mati rasa?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Bila dalam satu hari rasa ingin buang angin datang terlalu sering, lama-lama Anda tentu kewalahan. Apa saja makanan pemicu sering kentut?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mengigau Saat Tidur Bisa Jadi Tanda Penyakit Demensia

Apakah Anda sering mengigau saat tidur? Atau memperagakan mimpi Anda ketika tidur? Hati-hati, bisa saja itu pertanda Anda mengalami gangguan otak ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 20/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
apa itu power nap

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab sulit mengingat

6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit