Bisakah Flu Perut Dicegah dengan Vaksin Influenza?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 09/07/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Vaksin flu dinilai cukup efektif dalam mencegah penyebaran virus influenza serta mengurangi tingkat keparahannya. Meski demikian, vaksin flu ternyata tidak dapat mencegah penyakit flu perut yang menyerang sistem pencernaan.

Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

Mengapa vaksin flu tidak bisa mencegah flu perut?

Influenza atau flu adalah penyakit yang berbeda dengan pilek biasa (common cold). Penyakit flu memiliki gejala yang sangat mirip dengan pilek, tetapi keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda.

Pilek biasa akan menyebabkan hidung mampet dan meler tanpa adanya komplikasi serius. Sebaliknya, penyakit flu dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti pneumonia, peradangan pada jantung, hingga kegagalan organ yang berakibat fatal.

Pemberian vaksin flu bertujuan agar tubuh membentuk antibodi guna menangkal infeksi virus influenza. Melansir laman Centers for Disease Control and Prevention, pemberian vaksin flu sebaiknya dilakukan setiap 1 tahun sekali.

Vaksin flu dapat melindungi Anda dari penyakit flu akibat virus influenza A dan influenza B, tetapi vaksin ini tidak bisa mencegah flu perut. Meski sama-sama disebut ‘flu’, flu perut adalah penyakit yang sama sekali berbeda dengan influenza.

Apa itu flu perut?

obat muntaber

Flu perut adalah istilah lain dari penyakit yang disebut gastroenteritis, atau lebih umum disebut sebagai muntaber. Walaupun disebut ‘flu’, penyakit flu perut sebenarnya tidak disebabkan oleh infeksi virus influenza.

Penyakit flu perut dapat disebabkan oleh berbagai macam virus, di antaranya rotavirus dan norovirus. Anda dapat tertular penyakit ini melalui makanan dan air yang terkontaminasi atau kontak langsung dengan penderita.

Vaksin flu tidak dapat mencegah flu perut karena virus penyebab, organ tubuh yang terserang, dan gejalanya pun berbeda. Influenza menyerang sistem pernapasan dan ditandai dengan demam, batuk, nyeri otot, serta hidung mampet.

Sedangkan, penyakit flu perut menunjukkan gejala berupa:

  • Nyeri dan kram perut
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Demam ringan
  • Otot linu atau sakit kepala

Orang dewasa dengan kondisi tubuh yang sehat biasanya dapat pulih dengan cepat. Namun, penyakit ini dapat berbahaya bagi anak-anak, lansia, serta orang-orang dengan fungsi kekebalan tubuh yang menurun.

Cara mencegah penyakit flu perut

gejala keracunan makanan dan flu perut

Anda tidak dapat mencegah penyakit flu perut menggunakan vaksin flu karena keduanya merupakan hal yang amat berbeda. Meski begitu, influenza maupun penyakit flu perut sama-sama bisa dicegah dengan menjaga kebersihan.

Langkah paling mudah adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Bersihkan pula setiap bagian rumah yang paling sering tersentuh untuk membasmi virus penyebab penyakit.

Pastikan semua makanan dan minuman tersimpan dalam wadah bersih dan tertutup agar terlindung dari kontaminasi virus. Hindari berbagi alat makan, gelas, handuk, maupun barang pribadi lainnya dengan orang lain.

Guna mencegah mencegah flu perut pada bayi dan anak-anak, Anda dapat memberikan vaksin rotavirus melalui program imunisasi. Vaksin ini diberikan pada saat bayi berusia 2, 4, dan 6 bulan.

Influenza dan penyakit flu perut merupakan dua penyakit yang berbeda. Vaksin yang digunakan untuk mencegahnya juga berlainan. Namun, kebersihan diri yang terjaga adalah salah satu kunci mencegah keduanya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Infeksi Coronavirus dan Paramyxovirus, Apa Bedanya?

Paramyxovirus dan coronavirus penyebab COVID-19 adalah dua jenis virus yang sama-sama menyerang sistem pernapasan manusia. Lalu, apa bedanya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 25/02/2020 . 5 menit baca

Berhati-hatilah, Kelima Jenis Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Anda Bepergian

Saat berpergian Anda lebih rentan terkena penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. Inilah kelima serangan penyakit saat liburan yang perlu dihindari.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Hidup Sehat, Fakta Unik 16/02/2020 . 5 menit baca

Orang Bergolongan Darah B Lebih Tahan Terhadap Flu Perut

Studi terbaru menunjukkan bahwa golongan darah tertentu lebih kuat menghadapi virus penyebab flu perut. Apa golongan darah tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 19/01/2020 . 4 menit baca

5 Hal yang Harus Diketahui Orangtua Tentang Sakit Perut pada Anak

Saat anak sakit perut, banyak orangtua menganggap sepele. Padahal, tak seperti pada orang dewasa, sakit perut si kecil bisa berarti banyak hal.

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 11/12/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

Batuk ke arah siku etika batuk

Etika Batuk yang Benar untuk Mencegah Penularan Penyakit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 7 menit baca

Pilihan Obat yang Ampuh untuk Meredakan Gejala Muntaber

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020 . 6 menit baca
flu ke dokter saat tak kunjung sembuh

Kapan Sakit Flu Harus Periksa ke Dokter?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . 4 menit baca
vaksin flu covid-19

Efektivitas Vaksin Flu dalam Melawan COVID-19, Apakah Bisa Digunakan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 14/03/2020 . 5 menit baca