Setelah Patah Tulang Kaki, Berapa Lama Bisa Sembuh dan Jalan Lagi?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Cedera patah tulang kaki bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan sampai Anda pulih sepenuhnya. Waktu penyembuhan dan kapan Anda bisa kembali jalan setelah patah tulang kaki bergantung pada berbagai faktor. Misalnya lokasi patah tulang, bentuk patahan, dan kerusakan apa saja yang dialami. Untuk mempelajari lebih lanjut kapan Anda boleh mulai kembali beraktivitas dan jalan setelah patah tulang kaki, simak ulasan di bawah ini.

Berapa lama bisa sembuh setelah kaki patah?

Anda dinyatakan sembuh bila tulang yang patah sudah menyambung kembali atau garis-garis patah telah hilang. Penyembuhan total setelah patah tulang di alat gerak bawah (panggul, paha, tulang kering, atau pergelangan kaki) sangat bergantung pada usia Anda. Anak dan remaja dalam masa pertumbuhan cenderung sembuh lebih cepat, yaitu dalam waktu sekitar empat bulan setelah operasi. Sedangkan orang dewasa biasanya sembuh lebih lama, kira-kira dalam waktu enam bulan sesudah operasi.

Faktor lain yang memengaruhi lama penyembuhan adalah lokasi patah tulang. Biasanya patah tulang paha (femur) membutuhkan waktu paling lama untuk menyambung kembali. Selain itu, jenis patah tulang juga memengaruhi lamanya proses penyembuhan. Patah tulang terbuka biasanya mengakibatkan infeksi sehingga Anda perlu menunggu lebih lama. Sementara patah tulang tertutup (tulang bergeser atau retak) mungkin sembuh dalam waktu empat bulan.

Berapa lama bisa jalan setelah patah tulang kaki?

Untuk mendapatkan kepastian berapa lama sampai Anda bisa berjalan dan beraktivitas lagi pascaoperasi patah tulang, tanyakan langsung pada dokter spesialis bedah tulang (ortopedi) Anda. Namun, secara umum Anda bisa jalan dengan bantuan tongkat penyangga (kruk) kira-kira dua minggu pascaoperasi. Dokter atau fisioterapis biasanya akan membantu melatih Anda jalan dengan tongkat penyangga.

Ingat, saat ini Anda belum boleh menapakkan kaki yang sakit. Saat berjalan, angkat sedikit kaki Anda. Anda mungkin sudah tidak begitu merasakan nyeri atau bengkak, tetapi bukan berarti Anda sudah bisa membebani kaki sedemikian rupa dengan berjalan atau menapak.  

Jika Anda dipasangi gips atau pen, di bulan ketiga atau keempat mungkin sudah bisa dilepas. Akan tetapi, hindari dulu aktivitas berat misalnya jalan dan berdiri terlalu lama, mengemudi, naik motor, atau berolahraga. Dokter juga biasanya sudah membolehkan Anda untuk berjalan hanya dengan satu tongkat penyangga.

Di bulan keempat atau kelima Anda sudah boleh berjalan pelan-pelan tanpa penyangga. Namun ingatlah untuk tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan. Pasalnya, tulang yang sudah sembuh kondisinya masih rapuh. Beberapa orang bahkan membutuhkan waktu hingga setahun sampai sembuh total dan bisa berjalan seperti biasa. Sementara ada juga yang tulangnya tidak bisa kembali sekuat semula meskipun sudah bertahun-tahun. Maka, Anda harus rajin cek ke dokter untuk melihat dan mencegah adanya komplikasi.

Tips mempercepat proses penyembuhan setelah patah kaki

Agar bisa cepat jalan setelah patah tulang kaki, pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang. Perbanyak asupan vitamin D, vitamin K, kalsium, dan protein untuk membantu penyambungan tulang dan saraf. Makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi tersebut antara lain yogurt, susu, ikan, bayam, dan kangkung.

Anda juga sebaiknya menghindari minuman berkafein seperti kopi, soda, dan minuman energi. Pasalnya, kafein bisa mengganggu penyerapan kalsium dan mineral yang dibutuhkan tulang. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol juga akan mempercepat proses penyembuhan tulang kaki Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 19, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca