Khasiat Masker Kefir untuk Kulit Sehat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Jika Anda salah satu pengikut trend kecantikan masa kini, pasti Anda tidak asing lagi dengan masker kefir yang banyak mulai banyak diminati. Berbagai salon kecantikan sampai akun penjualan di media sosial berlomba-lomba menjual produk masker kefir yang digadang memiliki sejuta khasiat baik untuk kulit wajah. Bagi Anda yang penasaran, mari simak manfaat dan penjelasan singkat tentangkhasiat masker kefir untuk kulit sehat dibawah ini.

Apa itu kefir?

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi yang awalnya berasal dari daerah kaukasus (seperti Iran, Armenia dan Turki). Wujud awal kefir adalah berbentuk butiran, yang merupakan pembiakan simbiosis ragi dan bakteri. Kefir mengandung bakteri baik dan zat yang bermanfaat seperti lactobacillus lactis yang bagus untuk pencernaan, vitamin B, vitamin K, asam folat, kalium, magnesium, fosfor.

Khasiat masker kefir untuk kulit

Berawal dari kandungan kefir yang telah dijelaskan di atas, pastinya akan berdampak bagi tubuh khusunya kulit. Masker yang terbuat dari kefir  berwarna putih susu hampir menyerupai yoghurt dan bertekstur sedikit kental. Jika dioleskan ke wajah rasanya dingin dan sejuk pada kulit Anda.

Pemakaian awal masker kefir pada wajah akan menimbulkan rasa perih sesaat. Hal itu terjadi karena bakteri baik pada kandungan kefir sedang beradaptasi dan bekerja menghilangkan kotoran pada kulit dalam dan kulit luar. Berikut kandungan dan khasiat masker kefir yang baik untuk kulit wajah:

  • Masker yang mengandung kefir pada wajah Anda akan membantu memulihkan dan mengatur keseimbangan asam basa pada  sel-sel kulit wajah (karena adanya lactobacillus dalam kandungan kefir). Lactobacillus juga bisa dengan sempurna membersihkan kulit dari zat berbahaya dan debu pada kulit, sehingga menambah kesegaran dan elastisitas kulit.
  • Kefir mengandung asam alpha hidroksi (AHA) yang menyeimbangkan tingkat PH pada kulit, dan dapat membantu untuk mengurangi keriput dan memperlambat proses penuaan.
  • Asam amino yang terdapat di masker kefir juga berguna sebagai antioksidan yang baik untuk kulit.
  • Menggunakan masker yang mengandung kefir untuk peeling wajah dapat membuat sel kulit mati pada wajah terangkat sehingga memumunculkan kulit baru yang lebih halus dan sehat.
  • Bakteri probiotik pada kefir  dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar UV yang merusak yang dapat menyebabkan penuaan dini kulit dan keriput.
  • Kandungan kolagen yang ada pada kefir menghasilkan protein yang berguna bagi lapisan dermal kulit. Membuat efek kulit menjadi halus dan elastis sehingga memang bagus untuk mencegah keriput.
  • Jika kulit Anda suka memerah dan mudah terbakar sinar matahari, kandungan probiotik  pada masker kefir dapat mencegah gejala rosacea tersebut.
  • Jika kefir diminum, khasiatnya dapat membuat kuat sistem imun tubuh Anda. Nah, dalam masker kefir, peradangan pada kulit wajah seperti kemerahan dan jerawat akan dibasmi oleh zat probiotik kefir yang memiliki sifat anti-mikroba dan dapat membunuh beberapa mikroba buruk yang mungkin gejala peradangan kulit muncul kembali.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 mins read

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 mins read

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 mins read